July 2021

Concorde vs TU-144, Persaingan Barat dan Timur

[et_pb_section admin_label=”section”] [et_pb_row admin_label=”row”] [et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text admin_label=”Text”] Supersonic Aircraft Concorde vs TU-144. Dimana Concorde mulai dikembangkan oleh Inggris dan Prancis di akhir dekade 1960-an. Namun seolah nggak mau kalah dengan Blok Barat, Uni Soviet lantas membuat tiruannya (Tupolev TU-144). Bahkan pemimpin Blok Timur itu langsung menerbangkan prototype-nya jauh 3 bulan sebelum rivalnya di Barat. Sayang …

Concorde vs TU-144, Persaingan Barat dan Timur Read More »

Garuda Indonesia: Antara KLM dan Indonesia Airways

Sejarah Garuda Indonesia hingga kini masih jadi bahan perdebatan. Terutama tentang armada pertama maupun penerbangan perdananya. Dua hal yang terkait dengannya tak pernah lepas dari KLM dan Indonesia Airways. Banyak yang menyebut dulu namanya Indonesia Airways. Padahal kalo mau ditarik sejarah aslinya Garuda justru berasal dari KLM Inter Insulair Bedrijf (KLM IIB).

Transportasi Udara di Indonesia, Gini Nih Harusnya

Transportasi Udara di Indonesia boleh dibilang lagi dalam kondisi kurang baik. Pandemi Covid-19 cukup memukul sektor ini juga transportasi lain pada umumnya. Kondisi benar-benar lagi nggak baik. Nah mumpung minat lagi nggak terlalu besar udah waktunya ada semacam pembenahan supaya bisa lebih baik lagi dan tertata. Salah satunya koridor Internasional. Nggak usah lah terlalu banyak, …

Transportasi Udara di Indonesia, Gini Nih Harusnya Read More »

Maskapai Tertua di Dunia, Yuk Kenalan sama KLM

Maskapai Tertua di dunia ini telah eksis sejak tahun 1919 dan berusia seabad lebih. Koninklijke Luchtvaart Maatschappij alias KLM, yang artinya Royal Dutch Airlines. Oh ternyata dari Kerajaan Belanda toh dan awal didirikan sebagai penghubung antara negara-negara koloninya. Salah satunya tentu saja Indonesia (Hindia Belanda). Malah bisa dibilang Garuda nggak akan ada tanpa KLM.

Malaysia Airlines MH17, Dirudal di Ukraina

Tanggal 17 Juli 2014 pesawat Boeing 777 milik maskapai Malaysia Airlines flight MH17 ditembak jatuh ketika memasuki wilayah udara Ukraina. DImana waktu itu tengah terjadi konflik antara tentara Ukraina dengan pasukan pemberontak. Pesawat rute Amsterdam-Kuala Lumur itu jadi korban salah sasaran rudal BUK punya pemberontak. Tahun 2014 boleh dibilang merupakan tahun kelam bagi maskapai penerbangan …

Malaysia Airlines MH17, Dirudal di Ukraina Read More »