Air Terjun Pelangi Curug Cimahi Bandung

Air Terjun Pelangi Curug Cimahi Bandung

Air Terjun Pelangi atau lebih dikenal dengan Curug Cimahi adalah wisata alam di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Uniknya, untuk sampai ke sana kita mesti menuruni sekitar 800-an anak tangga. Disambut oleh kawanan monyet. Dan kebalikannya kalo udah selesai dari sana malah kita harus menaiki tangga itu lagi. Tentunya jauh lebih berat daripada pas turun.

[INFOGRAFIS] Air Terjun Pelangi Curug Cimahi Bandung

Bukti bahwa Indonesia terlalu indah untukmu diam di rumah salah satunya adalah air terjun di Kecamatan Cisarua ini. Pesonanya membuat siapapun tergoda untuk berkunjung ke sini. Menikmati pemandangan atau langsung merasakan sensasi mandi di air terjun tersebut. Meski di sisi lain daerah tersebut rawan longsor di musim hujan. Tapi itu nggak mengurangi minat wisatawan lokal untuk berkunjung ke sana.

Posisinya strategis, berada di jalur alternatif menuju Lembang yakni Jalan Kolonel Masturi yang bisa diakses dari Padalarang dan Cimahi. Objek wisata alam ini jadi favorit warga Bandung Raya maupun diluar itu untuk refreshing. Apalagi jarang-jarang ada wisata air terjun yang posisinya di pinggir jalan. Biasanya wisata alam kaya gini posisinya cenderung terpencil dan aksesnya agak susah.

Air Terjun Pelangi dan 800-an Anak Tangga

Wisata Alam ini disebut Air Terjun Pelangi. Meskipun lebih dikenal sebagai Curug Cimahi. Bisa jadi itu lantaran anggapan banyak orang bahwa posisinya masih berada di Cimahi. Padahal Kecamatan Cisarua itu udah masuk Kabupaten Bandung Barat. Betul kalo jalan aksesnya tembus ke Cimahi. BIasa dipake buat menembus kemacetan menuju Lembang dan sekitar, meski kadang jalan ini tetap aja suka macet di weekend dan hari libur.

Curug Cimahi juga sering disebut ada di Lembang. ini juga kurang tepat. Mengingat antara Cisarua dan Lembang sejatinya masih sekitar 45 menit perjalanan dalam kondisi normal tanpa kemacetan. Ya, Lembang masih jauh dari sini. Karenanya agak salah kaprah kalo menyebut air terjun ini berada di Lembang.

Terlepas dari banyaknya asumsi yang kurang tepat tentang lokasi percisnya, tetap aja wisata alam yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan lokal. Karena itu tadi letaknya yang sangat strategis. Tepat berada di pinggir jalan. Memasuki kawasan wisata alam Curug Cimahi, kamu cuma dipungut biaya retribusi Rp 20.000,00.

Kedatangan Kita Akan Disambut Kawanan Monyet

Begitu masuk nggak akan langsung ketemu sama Air Terjun-nya. Kamu mesti menuruni sekitar 800-an anak tangga. Waduh berat juga ya medanya? Memang iya, makanya kamu perlu ada persediaan air minum dan perbekalan yang cukup. Pada saat menuruni anak tangga itu, air terjunnya udah bisa diliat dari kejauhan dan kamu bisa mengambil foto. Disepanjang anak tangga tersebut, ada beberapa tempat buat istirahat kalo kamu capek, ya ibarat Pos kalo lagi naik gunung.

Cuma, kamu mesti sedikit waspada. Curug Cimahi sejatinya merupakan kawasan hutan. Di perjalanan menuruni anak tangga kamu akan disambut kawanan monyet. Tapi nggak usah takut, asal nggak diganggu mereka akan baik-baik aja. Keberadaan mereka di sana karena memang itulah habitatnya.

Ada sedikit tips, supaya kamu nggak diganggu kawanan monyet, bekal makanan sebisa mungkin jangan dikeluarin. Sekalinya dikeluarin di area mereka akan langsung diambil. Kalo memang capek dan butuh istirahat beberapa menit di salah satu pos peristirahatan cukup keluarin air minum aja.

Terbayar Pemandangan Indah dan Bisa Langsung Nyebur

Air Terjun Pelangi Sejatinya Merupakan Aliran Sungai

Perjalanan berat menuruni 800 lebih anak tangga dan disambut kawanan monyet akan terbayar lunas pada saat kamu udah sampe di dasar. Nah disitulah pemandangan Air Terjun Pelangi bisa kamu nikmati. Nggak hanya itu kamu bisa langsung nyebur dan berenang di sana. Meski pihak pengelola memberi batasan area aman untuk aktivitas tersebut.

Mandi langsung dibawah air terjun dilarang oleh pihak pengelola. Area itu udah masuk area nggak aman. Lebih dalam juga daripada zona aman yang memang diperuntukkan buat para pengunjung. Di bawah air terjun nggak aman karena bisa jadi kedalamannya udah lebih dari 1 meter. Juga air terjun Pelangi itu sendiri sejatinya merupakan bagian dari aliran sungai.

Begitu selesai berenang di Curug Cimahi, lagi-lagi kamu harus menaiki 800-an anak tangga tadi dengan sambutan kawanan monyet di sepanjang jalan tersebut. Malah naik lebih berat daripada turun. Karena itu saat kamu naik untuk keluar dari Curug Cimahi, misalkan capek, kamu bisa manfaatin pos-pos istirahat tadi. Jangan lupa bawa bekal minum air mineral 1 liter. Itu bisa kamu beli di warung bawah sebelum naik ke atas.

Curug Cimahi agak unik. Masuk ke sana turunin 800-an anak tangga sedangkan keluarnya malah harus menaiki anak tangga tersebut. Dah berasa naik gunung. Mau berkunjung ke Air Terjun Pelangi Curug Cimahi Bandung? Sangat disarankan saat musim kemarau. Lagi musim hujan nggak begitu direkomendasikan. Secara area tersebut termasuk rawan longsor. Jadi lebih aman di musim kemarau, seperti di Liburan Sekolah bulan Juli.

  • Nama Objek Wisata: Air Terjun Pelangi (Curug Cimahi)
  • Alamat: Jalan Kolonel Masturi, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat
  • Harga Tiket Masuk (HTM) = Rp 20.000,00 / pax (November 2020)
  • How To Get There? Disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online. Untuk angkutan umum memang ada angkot jurusan Parongpong tapi jadwalnya agak kurang menentu. Jadi angkutan umum masih sangat minim.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: