Alun Alun Kidul Jogja yang Sedikit Terlupakan

Alun Alun Kidul Jogja yang Sedikit Terlupakan

Alun Alun Kidul Jogja masih berada di Kompleks Keraton Yogyakarta. Malah masih berada satu garis lurus dengan Istana Keraton, Alun Alun Utara, hingga Tugu Pal Putih dalam wujud Sumbu Imaginer. Namun sayangnya masih kalah pamor dan agak sedikit terlupakan. Padahal dekat situ pernah dipake syuting film.

Wilayah Keraton Yogyakarta ternyata cukup luas. Seperti udah pernah dibahas area ini ditandai bangunan semacam benteng. Kalo dari luar keliatan berarti di balik itulah Kompleks Keraton yang mencakup satu kecamatan bernama Keraton. Untuk masuk kawasan itu juga melewati semacam gapura. Kaya kalo dari Malioboro juga ada semacam gapura di situ nggak jauh dari Alun Alun Utara.

Di area ini terdapat beberapa tempat wisata. Yang terkenal dan banyak dikunjungi tentu saja Istana Keraton dan Taman Sari. Namun sebetulnya wilayah keraton nggak sebatas dua tempat itu aja. Masih ada museum kereta keraton yang bisa dikunjungi dan posisinya percis di seberang istana keraton. Juga alun-alun Utara di depannya. Sebuah lapang luas yang bisa dipake masyarakat. Disamping untuk urusan keraton juga tentunya.

Namun sayangnya ada satu bagian dari sini yang agak sedikit terlupakan. Lantaran pamornya nggak sebesar bagian lain terutama yang ada di sisi utara dekat Malioboro atau Taman Sari. Tempat ini posisinya ada di bagian selatan. Meski masih masuk bagian dari Kompleks Keraton.

Alun Alun Kidul Jogja: Jauh dari Malioboro tapi Bisa Diakses dari Plengkung Gading

Alun Alun Kidul Dekat Plengkung Gading

Tempat yang dimaksud ialah Alun Alun Kidul. Dalam bahasa Jawa Kidul artinya Selatan. Makanya sering dinamakan juga alun alun selatan. Masih berada di kompleks Keraton Yogyakarta dan berada dalam garis sumbu imaginer sejajar mulai dari Parangkusumo, Alun Alun Kidul, Istana Keraton, Alun Alun Utara, Tugu Pal Putih hingga Gunung Merapi.

Harus diakui akses menuju ke sana terutama dari sisi utara termasuk Malioboro bisa dibilang jauh. Walaupun bisa ditempuh dengan cara jalan kaki. Sejatinya kawasan alun alun utara dan selatan itu jalannya nyambung. Untuk bisa ke sini lebih enak ke Taman Sari dulu, dan setelah beres dari sana barulah jalan ke Alun Alun kidul. Itu jalur pertama kali dari sisi utara, lewat Taman Sari dulu, barulah ketemu Alun Alun Kidul.

Nggak Terlalu Istimewa Kecuali Masih Satu Sumbu Imaginer

Adakah jalur lain tanpa melewati Taman Sari? Jawaban ada, tinggal cek Google Maps aja. Tapi ambil start dari Alun Alun Utara, terus jalannya agak ke timur, bukan ke barat karena itu bakal melewati Taman Sari. Jalur kedua ini memang lebih banyak melewati kawasan pemukiman penduduk. Meski masih berada di Kecamatan Keraton tentunya.

Kabar baik buat yang naik kendaraan. Alun Alun Kidul Jogja bisa diakses langsung dari Plengkung Gading. Dari Jalan MT. Haryono. Di situ juga ada Pasar Gading. Nah biasanya bus juga ada yang parkir di situ. Nah kalo dari Plengkung Gading malah enak banget. Begitu melewati gerbang tersebut kita udah langsung ketemu sama Alun-Alun Kidul.

Ada satu hal yang membedakan, biasanya alun-alun yang menggambarkan falsafah Jawa mesti ada Masjid di sisi barat. Hanya saja itu nggak ada di Alun Alun Kidul Jogja. Jadi di sini cuma berupa lapangan luas. Memang nggak ada yang terlalu istimewa di sini. Letaknya juga jauh dari sisi utara, sehingga nggak heran sedikit kalah pamor dan agak terlupakan. Satu hal yang istimewa itu tadi, masih dalam satu sumbu imaginer.

Keistimewaan lainnya justru malah di Plengkung Gading itu sebagai gerbang masuk terdekat. Lokasi ini pernah dipake Syuting Film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) di tahun 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: