alun alun tegal di sinilah pusat kota

Alun Alun Tegal : Dari Kesultanan Mataram ke Pusat Kota Bahari

Bila diperhatikan model Alun Alun Tegal seperti lazimnya Kesultanan Mataram. Kini merupakan Pusat Kota Bahari dengan taman dan wahana lain yang bisa diakses. Tanpa dipungut biaya tapi ada waktu kunjungan.

Pendahuluan

Satu lagi objek wisata gratis dekat stasiun Tegal yang bisa kamu akses. Setelah Taman Poci Tegal dan Alun Alun Timur beserta Taman Pancasila dan Monumen Lokomotifnya, kini giliran yang berada tepat ditengah-tengah Kota Tegal. Sebuah tempat yang memiliki sejarah cukup panjang. Manakah objek wisata gratis yang dimaksud?

Alun Alun Tegal dan Kesultanan Mataram

Terletak nggak jauh dari Stasiun Tegal, posisinya ada di sebelah barat. Siapa sangka tempat ini sebetulnya telah eksis sejak lama. Tepatnya sejak masa Kesultanan Mataram. Dilihat dari modelnya yang hampir serupa dengan Alun Alun Utara dan Alun Alun Kidul di Yogyakarta. Juga Alun Alun Kutoarjo.

Kemiripan terlihat pada sisi barat terdapat Masjid Agung Tegal. Sama juga seperti yang ada di Yogyakarta dan Purworejo. Di dekatnya juga ada jejeran gedung pemerintahan yang terletak di sisi utara. Seolah mengingatkan kita pada keberadaan Kediaman Resmi Bupati Purworejo di Kutoarjo.

Kemiripan lainnya dengan Yogyakarta yang punya Utara dan Kidul adalah keberadaan Alun Alun Timur yang mencakup Taman Pancasila, ex-Gedung Birao, dan Stasiun Tegal. Berupa lapangan aspal luas yang biasa digunakan untuk hajatan besar dan konser musik.

Sehingga bisa dibilang Kota Bahari punya dua alun alun seperti Yogyakarta sebagai bekas ibukota Kesultanan Mataram. Style yang sama juga terjadi di Kota Surakarta. Tepat di sekitar Kraton Surakarta Hadiningrat.

Alun Alun Tegal : Di Sinilah Pusat Kota Bahari

Saat ini alun alun nampak telah dimodernisasi. Meski begitu nggak akan pernah kehilangan ruhnya sebagai titik berkumpulnya warga Tegal dan sekitar ataupun wisatawan yang singgah di situ. Begitupun sebagai pusat kota. Karena sejak awal disinilah Pusat Kota Bahari.

Posisinya nggak jauh dari Stasiun Kereta Api. Membuat mereka yang berkunjung semakin mudah untuk mengakses tempat ini. Karena itu bisa dijadikan opsi salah satu objek wisata yang dekat dengan pintu masuk Kota Tegal via jalur kereta api.

Di tempat ini tersedia taman yang cukup luas. Fasilitas tempat duduk untuk sekedar santai. Juga ada beberapa wahana permainan yang bisa diakses gratis. Meski tentu saja beda dengan yang ada di taman hiburan.

Gratis Tapi Perhatikan Waktu Kunjungan

Untuk mengakses semua fasilitas yang ada di sini, termasuk wahana bermain untuk anak, kamu nggak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Namun perlu diperhatikan, meski gratis ada waktu kunjungan. Tempat ini akan ditutup jam 5 sore untuk keperluan pemeliharaan.  

Kesimpulan

Alun Alun Tegal masuk dalam objek wisata gratis dekat Stasiun Tegal. Sebagaimana Taman Poci dan Alun Alun Timur. Memiliki gaya Kesultanan Mataram yang mirip dengan Yogyakarta dan Surakarta (Utara-Selatan), serta Alun Alun Kutoarjo Purworejo. Dimana terdapat Masjid Agung di sisi barat nya.

Ini adalah Pusat Kota Bahari. Meskipun gratis untuk bisa menikmati fasilitas yang ada termasuk wahana bermain anak, ada jam kunjungan di sini. Tempat ini akan ditutup di jam 5 sore untuk keperluan pemeliharaan.

Galeri Foto


Comments

One response to “Alun Alun Tegal : Dari Kesultanan Mataram ke Pusat Kota Bahari”

  1. […] dua kuliner yang dijajakan di depan Alun Alun Tegal. Pertama adalah Kupat Glabed. Seperti namanya kupat itu berarti ketupat. Makanan yang biasanya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *