alun alun timur gedung birao dan taman pancasila

Alun Alun Timur Tegal : Konser, Gedung Birao, Taman Pancasila

Sekarang tiba gilirannya Alun Alun Timur yang berada percis di depan Stasiun Kereta Api. Lapangan beraspal luas biasa dipake hajatan seperti konser. Di sini juga terdapat Gedung Birao dan Taman Pancasila. Gratis tanpa dibatasi waktu.

Pendahuluan

Setelah pembahasan tentang Taman Poci Tegal, kini giliran objek wisata dekat Stasiun Tegal yang justru terletak percis di depannya. Bahkan stasiun itu pun masih merupakan bagian daripadanya. Tempat ini biasa dipake buat hajatan besar dan konser. Terdapat ex Gedung Birao dan Taman Pancasila

Alun Alun Timur Tegal, Sebuah Lapangan Beraspal

Objek wisata dekat stasiun ini namanya Alun Alun Timur Tegal. Berupa sebuah hamparan lapangan beraspal yang begitu luas. Uniknya lagi antara lapangan dan jalan raya untuk kendaraan seperti nggak ada pembatas permanen.

Walaupun demikian setiap kendaraan yang melintas di kawasan ini selalu berada di sisi paling utara maupun selatan tergantung arahnya. Nggak ada yang sampai melintas di tengah. Makanya kadang di tengah itu orang bisa dengan leluasa berdiri.

Boleh jadi kondisi demikian karena bagian tengah itu sejatinya adalah lapangan. Hanya saja tanpa ada batas permanen. Kalopun ada pembatas biasanya semi permanen. Jadi kendaraan hanya melintas di lajur utara arah stasiun dan selatan bagi yang hendak mengarah ke Pusat Kota

Alun Alun Timur Tegal : Upacara, Hajatan, hingga Konser

Lapangan beraspal tersebut biasanya digunakan untuk upacara, hajatan berskala besar, hingga konser musik. Sebagai contoh acara konser dangdut di salah satu stasiun televisi swasta live dari sini. Bahkan keesokan harinya tempat ini kembali digunakan untuk upacara peringatan Hari Santri.

Alun Alun Timur Tegal : Gedung Birao dan Taman Pancasila

Di tempat ini berdiri sebuah gedung tua yang kondisinya nyaris terbengkalai. Walaupun mungkin nggak dibiarkan mangkrak sama sekali. Gedung Birao dibangun pada tahun 1913 sebagai kantor pusat operator kereta api swasta bernama SCSM (Semarang Cheribond Stroomtram Maatschappij) yang pernah eksis di era Kolonial Belanda.

Sayangnya walaupun telah ditetapkan sebagai asset PT. KAI, gedung ini ternyata belum dibuka untuk masyarakat umum. Padahal kalo aja demikian bisa jadi destinasi wisata unggulan layaknya Lawang Sewu yang ada di Semarang.

Tempat lainnya yang ada di Alun Alun Timur Tegal adalah Taman Pancasila. Berada di tengah antara Stasiun Tegal dan lapangan aspal itu tadi. Sebuah taman dimana terdapat Monumen Lokomotif D301 yang udah nggak lagi dinas.

Taman ini dibuka untuk umum dan gratis. Apalagi tersedia wifi dan tempat duduk. Namun masih dibatasi waktu kunjungan. Bahkan di hari Minggu taman ini tutup. Boleh jadi kebijakan ini diambil dalam rangka pemeliharaan dan menjaga keasrian Taman Pancasila.

Kesimpulan

Alun Alun Timur Tegal adalah salah satu objek wisata dekat stasiun Tegal yang bisa dikunjungi secara gratis tanpa ada batasan waktu. Berupa lapangan aspal luas yang biasa dipakai untuk kegiatan upacara, hajatan besar, hingga konser musik. Di sini juga terdapat Gedung Birao yang telah ada sejak 1913 dan Taman Pancasila dengan Monumen Lokomotif nya.

Galeri Foto


Comments

One response to “Alun Alun Timur Tegal : Konser, Gedung Birao, Taman Pancasila”

  1. […] sekitar Taman Pancasila dan Stasiun Tegal juga ramai ketika malam hari tiba. Bahkan terkadang ada semacam pesta rakyat di […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *