Bagian Gunung Guntur Garut Disebut Menyeramkan

Bagian Gunung Guntur Garut Disebut Menyeramkan?

Bagian Gunung Guntur Garut bisa disaksikan dari atas Kamojang Hills Bridge. Disebut-sebut menjadi hunian banyak harimau dan sering terdengar suara auman keras. Sehingga memunculkan kesan menyeramkan. Intinya kalo udah berurusan dengan alam kita harus menjaga sikap. Salah satunya nggak boleh sompral.

Bener di satu sisi Indonesia terlalu indah untuk kita diam di rumah. Walaupun ungkapan ini sedikit nggak akan berlaku di masa Pandemi Covid-19 yang menuntut kita untuk lebih banyak di rumah demi meminimalisir risiko penyebaran virus tersebut. Keindahan Indonesia bisa dilihat dari keindahan alamnya baik berupa lautan dan pegunungan.

Tentu hal ini berlaku di Tanah Priangan yang jadi bagian tak terpisahkan dari Indonesia. Hampir 90% tanah priangan itu berupa pegunungan. Dimana banyak menyuguhkan pemandangan indah. Tak hanya itu beberapa bahkan udah jadi kawasan wisata alam. Ada juga yang belum namun udah sering jadi lokasi pendakian dan didatangi oleh para pecinta alam.

Namun nggak jarang kawasan pegunungan nan indah tersebut ada yang sama sekali belum dijamah oleh manusia apalagi jadi tempat wisata. Karena itulah tempat-tempat itu banyak dihuni oleh binatang buas liar. Sebut aja harimau, macan, singa, hingga ular. Bahkan kawanan kera (monyet) juga banyak menghuni tempat-tempat yang masih nature tersebut.

Bagian Gunung Guntur Garut yang Belum Didatangi Manusia

Seperti kita tau, Gunung Guntur di Kabupaten Garut adalah salah satu gunung yang sering jadi lokasi pendakian. Biasanya untuk wisata pendakian gunung udah ada berbagai petunjuk dan arahan dari pihak pengelola sebelum kita muncak ke gunung tersebut. Misalnya jalur-jalur pendakian udah ditentukan pihak pengelola dan wajib ditaati oleh para pendaki. Tujuannya untuk keselamatan.

Karena nggak semua area di gunung tersebut bisa didatangi manusia. Masih ada sebagian yang benar-benar nature dan belum dijamah. Lokasi itulah yang sejatinya harus dihindari untuk didatangi oleh pendaki. Walaupun kadang ada aja yang bandel nyari-nyari jalan tikus sehingga masuk area tersebut. Biasanya yang nyari shortcut itu pada saat pihak pengelola menutup kawasan pendakian dalam rangka pemulihan ekosistem atau alasan lain. Namun di sisi lain para pendaki seperti nggak bisa menahan diri.

Balik lagi ke Gunung Guntur di Garut, hal yang sama tentunya berlaku di sini. Meski udah jadi salah satu lokasi pendakian favorit di Kabupaten Garut, sebagai pengunjung dan pecinta alam kita harus menaati apa yang udah ditetapkan oleh pengelola. Termasuk jalur-jalur pendakian dan lokasi untuk camp. Jadi nggak boleh coba-coba nyari jalan sendiri atau tempat sendiri buat nge-camp.

 Bagian Gunung Guntur Garut yang Disebut Dihuni Banyak Harimau

Di tempat wisata alam terutama gunung aspek keselamatan jelas memegang peranan penting. Kembali dengan selamat harus jadi tujuan utama dari berwisata atau mendaki gunung. Jadi puncak dan semisalnya itu hanyalah bonus.

Gunung Guntur jelas punya bagian yang nggak atau belum pernah didatangi manusia. Kalo memang disebut-sebut jadi hunian banyak harimau dan sering terdengar suara auman dari arah sana boleh jadi memang benar adanya. Lokasi itu pastinya udah jadi habitat alami bagi harimau tersebut. Karenanya kita harus menjaga habitat itu dengan tidak mendatanginya.

Makanya lagi-lagi penting untuk mengikuti peraturan yang ada dan telah ditetapkan pihak pengelola. Itu semua untuk keselamatan kita bersama. Jangan sampe sok nekat nggak mau taat aturan. Salah-salah bisa nyasar dan masuk ke lokasi yang dihuni banyak harimau itu.

Selain taat aturan kita juga harus menjaga sikap setiap kali mendatangi objek wisata alam, salah satunya gunung. Jangan sekali-kali bertingkah semaunya atau sompral. Nggak jarang gunung itu dihuni oleh makhluk tak kasat mata. Di antara sikap yang harus kita jaga ialah tutur kata. Udah itu jangan sekali-kali memutar musik terlalu keras. Karena hal itu bisa dianggap perilaku sompral dan tak beradab.


Kontributor Foto:

  • Muhammad Gunawan

1 thought on “Bagian Gunung Guntur Garut Disebut Menyeramkan?”

  1. Pingback: Kamojang Hill Bridge Bandung - Manglayang ID

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: