Bandung ke Jogja Pesawat Tarik Tapi Lebih Cepat Sampe

Bandung ke Jogja Pesawat, Biar Tarik Tapi Cepat

Bandung ke Jogja Pesawat ternyata masih bisa lho. Terutama buat kamu yang punya budget lebih dan ingin cepat sampai di tujuan. Pesawatnyas sih jenis propeller ATR-72. Kabar baiknya nih masih dilayani di bandara lama, Adi Sucipto (JOG), Maguwoharjo, Kabupaten Sleman.


[INFOGRAFIS] Bandung ke Jogja Pesawat

Bandara Husein Sastranegara (BDO) kembali menggeliat setelah penerbangan jet domestik kembali take off dan landing di sana. Kini wargi Bandung nggak perlu jauh-jauh lagi ke Jakarta atau Kertajati hanya untuk sekedar traveling naik pesawat. Sejumlah rute domestik kini udah dilayani lagi pesawat jenis Boeing 737-800 dan Airbus A320 Neo dan sejenisnya.

Kebanyakan penerbangan jet itu destinasinya ke luar Jawa. Sebut aja Medan, Denpasar, Balikpapan, hingga Makassar. Sementara itu rute domestik yang sebelumnya dilayani pesawat ATR-72 masih tetap berlanjut sampe sekarang. Baik sebatas di Pulau Jawa dan sebagian luar Jawa seperti Palembang dan Bangka.

Di antara rute yang tetap menggunakan pesawat propeller itu ialah Bandung-Jogja. Seperti kita tau Jogja sekarang udah punya Bandara baru. Lokasinya di Kabupaten Kulonprogo. Bandara tersebut bernama Yogyakarta International Airport (YIA). Bahkan bukan cuma melayani warga Jogja aja lho. Purworejo, Kebumen, hingga Cilacap masuk jangkauan bandara ini.

Sementara itu bandara lama di Jogja masih tetap beroperasi sebatas melayani penerbangan menggunakan ATR-72. Kondisinya sama kaya di Husein Sastranegara (BDO) tahun 2019 lalu. Ketika pesawat jet dipaksa pindah ke Kertajati dan ternyata nggak efektif sama sekali. Sebaliknya wargi Bandung lebih memilih naik dari Jakarta yang lebih mudah dijangkau daripada Kertajati.

Bandung ke Jogja Pesawat, Tarik Tapi Lebih Cepat Nyampe

Sekarang situasinya beda, meski masih ditengah Pandemi Covid-19 penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (BDO) rame lagi setelah jet domestik dibalikin. Tercatat 3 maskapai yakni Citilink, Garuda Indonesia dan Lion Group kini wara wiri menghiasi langit Kota Kembang. Begitupula dengan ATR-72 nya Citilink dan Wings Air masih tetap terbang di atas Paris Van Java.

Nah untuk penerbangan dari Bandung ke Jogja dan sebaliknya InSyaaAlloh masih tersedia. Cuma karena destinasinya ke Bandara Adi Sucipto (JOG) di Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Jogjakarta, otomatis pakenya pesawat propeller ATR-72 tadi. Dilayani 2 maskapai yakni Citilink dan WingsAir. Sebenarnya masih ada satu lagi Transnusa. Cuma maskapai perintis itu lagi tutup sementara gegara dihantam Coronavirus.

Sayangnya untuk bisa menikmati Bandung ke Jogja pesawat kamu harus siapin ongkos lebih. Pasalnya harga tiketnya itu lho, Tarik! Wajar sih harganya tarik karena pesawat yang dipake kan propeller ATR-72. Kapasitasnya jauh dibawah Boeing 737 atau Airbus 320 dan sejatinya termasuk jenis pesawat yang semestinya dipake untuk rute perintis.

Meski harganya tarik satu hal yang pasti kamu bisa lebih cepat sampai di tujuan, Waktu tempuh penerbangan ini kurang dari 2 jam. Ya sekitar 1 jam s.d. 1 jam 45 menitan. Bandingin sama transportasi darat yang waktu tempuhnya sampe 8 jam. Jadi buat kamu yang pengen cepat apalagi dikejar-kejar waktu, Bandung Jogja naik Pesawat bisa jadi pilihan.

Kabar baik lainnya, penerbangan ini masih dilayani di Bandara Adi Sucipto (JOG) yang memang saat ini dikhususkan untuk penerbangan domestik dan perintis dengan pesawat ATR-72. Tentunya nggak sedikit dari kamu udah sangat familiar dengan bandara ini. Apalagi bandara lama terintegrasi moda transportasi umum lain seperti KA Prameks yang sebentar lagi diganti KRL Jogja.

Pengen traveling Bandung ke Jogja pesawat, pengen cepat sampe di sana, atau pengen sekedar jajal ATR-72 gegara penasaran? Cek jadwal dan tarifnya di sini >> Booking Tiket dan Hotel.

Leave a Comment

Your email address will not be published.