Benteng Vredeburg Malioboro Yogyakarta

Benteng Vredeburg Malioboro Yogyakarta. Inilah objek wisata sejarah di jantungnya Jogja. Posisinya sangat strategis bahkan nggak jauh dari Kraton. Bisa jadi pertimbangan buat wisata murah selepas Pandemi Covid-19 berakhir kelak.

[INFOGRAFIS] Benteng Vredeburg Malioboro Yogyakarta

Salah satu peninggalan sejarah di Kota Jogja. Benteng peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda yang kini jadi salah satu objek wisata edukasi tentang sejarah Indonesia. Lokasinya sangat strategis, berada di kawasan wisata Malioboro, percis di depan KM0, Istana Gedung Agung, dan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tempat yang nggak boleh dilewatin kalo pas lagi ada di Malioboro.

Tapi harus diingat, benteng ini bukanya siang hari dan tutup sekitar jam 15.00 atau 16.00 WIB. Nggak jauh-jauh dari Kraton. Ini karena kebiasanya datang ke Malioboro untuk wisata kuliner lesehan di malam hari. Jadi aja nggak bisa datang ke sini. Kecuali hanya menikmati bagian depannya aja. Terlepas adanya issue dan gosip angker tempat wisata ini di malam hari.

Benteng Vredeburg Malioboro Yogyakarta dan Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Meski dulunya identik sama penjajah, namun kini Benteng Vredeburg justru jadi salah satu sarana untuk kita belajar sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, terutama seputar Perang Kemerdekaan pasca Proklamasi 17 Agustus 1945. Seperti kita tau, setelah kita memproklamasikan kemerdekaan, pihak Belanda sama sekali nggak mau menerima.

Dengan membonceng Sekutu, mereka datang dengan maksud ingin menghidupkan kembali penjajahan. Bahkan gegara ini pula ibukota sampe harus dipindahkan dari Jakarta ke Jogja pada awal 1946. Sehingga Jogja dijuluki sebagai ibukota negara di masa revolusi. Percobaan itu terus berlanjut lewat Agresi Militer Belanda 1 dan 2, meski sebelumnya udah ada perjanjian damai. Namun mereka nyatanya cuma menunda nafsu untuk menyerang secara total.

Kurang lebih begitulah yang ada di museum sejarah Benteng Vredeburg Jogja. Bahkan ada salah satu diorama yang menampilkan bagaimana para pejuang Republik menyerang basis Belanda. Tentang Serangan Umum 1 Maret 1949 juga ada di sini. Sampe pengakuan kedaulatan dari Kerajaan Belanda. Lantas kembalinya Pemerintahan pusat ke Jakarta di awal 1950.

Mau ke Sana? Gampang Kok

Museum Sejarah Benteng Vredeburg Malioboro Yogyakarta letaknya sangat strategis. Berada di kawasan wisata Malioboro. Percis di depan Istana Gedung Agung. Dekat KM0 Yogyakarta dan hanya berjarak 2 km dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Karenanya mau kesini gampang banget kok. Recomended buat City Tour di Kawasan Malioboro.

Dari Stasiun Tugu mau jalan kaki bisa, tinggal belok kanan. Jaraknya sekitar 3-4 km dari Stasiun. Untuk Trans Jogja naik yang lewat Malioboro. Turun di halte Malioboro 2. Itu halte yang terdekat. Semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir dan kita bisa mengunjungi museum sejarah tersebut untuk belajar sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.