Transportasi Umum – Konten Artikel

1 2 3 4 5

Traveling jalan kaki memang punya kesan tersendiri, cuma pertanyaannya mampukah kita menempuh perjalanan dari Bandung ke Surabaya misalnya hanya dengan jalan kaki? Jangankan sejauh itu, dicoba ke sesama wilayah aglomerasi di Cimahi atau Padalarang aja dijamin ngos-ngosan kalo maksa jalan kaki. Memang jalan kaki bisa menghemat biaya transportasi. Tapi nggak semua destinasi bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Maka dari itu dibutuhkan sarana untuk mempermudah dan mempercepat pergerakan. Minimalnya mempersingkat waktu tempuh dari Bandung ke Surabaya itu. Pembangunan jalan posweg Daendles dulu tujuannya untuk itu. Dibangun mulai dari Anyer hingga ke Panarukan di Jawa Timur. Hasilnya sarana tersebut bisa menunjang perekonomian Hindia Belanda. Selain mempersingkat mobilitas juga.

Transportasi Umum – Penunjang Kegiatan Traveling

Sekalipun travelingnya backpacker atau irit biaya, tetap aja kamu butuh yang namanya sarana transportasi umum. Mau murah seperti bus bumel atau kereta ekonomi bukan masalah. Intinya untuk mempersingkat mobilitas. Kalo mau lebih cepat tentu harus ngeluarin biaya lebih tinggi juga dong.

Ambil contoh dari Jakarta ke Bandung kalo mau hemat bisa naik kereta ekonomi speerti Serayu. Mau lebih ekstrem lagi dan waktu tempuhnya lebih lama ada KA Elok Cibatuan (sebelumnya naik KRL Commuter Line ke Cikarang dan Walahar Ekspres ke Purwakarta dulu). Bus bumel pun ada, biasanya kalo sekelas bumel itu ambil jalur non-tol seperti jalur Puncak atau jalan raya Purwakarta.

Mau yang jauhan lagi kaya ke Jogja? bisa, ada KA Kahuripan yang tarifnya cuma Rp 92.000 (termasuk biaya administrasi pemesanan). Makanya jangan heran kereta itu selalu penuh kalo akhir pekan. Walaupun bukan musim liburan apalagi musim mudik lebaran. Mau yang lebih murah dari itu? Ada KA Kutojaya Selatan dimana kamu transit lebih dulu di Kutoarjo sebelum lanjut naik KA Prameks sampe ke Jogja.

Nah itu baru satu contoh kasus dibutuhkannya alat mobilitas bernama transportasi umum. Dan baru antar kota yang masih dalam satu pulau. Gimana kalo udah nyeberang pulau? Apa tetap kekeuh mau jalan kaki? Berarti nanti harus berenang dong nyeberang lautan?

Indonesia adalah negara kepulauan. Kebutuhan moda transportasi jelas banget di sini. Terlebih yang bisa mobile antar pulau yakni kapal laut dan pesawat. Makanya walaupun kamu pilih Backpacker dan mengemat biaya sampai dalam banget, tetap kamu butuh sarana angkutan umum semurah apapun tarifnya.

%d bloggers like this: