Boso View Express Shiosai

Boso View Express Shiosai dari Tokyo ke Choshi

Boso View Express Shiosai, kereta Limited Express intercity melayani rute Tokyo Central Station ke Choshi di Boso Peninsula. Kota pelabuhan di Chiba Prefecture. Di sini bisa mengunjungi Choshi Fish Market Number 1 sebagai salah satu destinasi wisata.

Hmm banyak juga ya rute kereta api di Jepang? Padahal ini baru di Tokyo lho. Memang iya sih. Jalur yang dioperasikan JR East aja lumayan jelimet. Walaupun nggak sejelimet subway-nya Toei atau Tokyo Metro. Kabar baiknya sebagian kereta siap mengantarkan kamu menuju destinasi wisata terkenal di negeri sakura. Salah satunya adalah limited express yang telah beroperasi sejak 10 Maret 1975.

Limited Express ini wilayah operasinya masih di Kanto Area. Berangkat dari Tokyo Central Station dengan tujuan akhir Choshi, sebuah kota pelabuhan di Boso Peninsula, Chiba Prefecture. Daerah Boso Peninsula berada di pesisir timur Jepang. Berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik. Tokyo Bay di bagian selatan. Dua sungai yakni Edo dan Tone di Utara. Makanya di sini lebih banyak daerah pertanian, perkebunan dan nelayan.


Sekilas Tentang Chiba Prefecture

Sebelum bahas lebih lanjut tentang kereta limited express tadi, kita akan ulas sedikit Chiba Prefecture. Berhubung destinasi kereta ini masuk dalam wilayah Chiba Prefecture.

Buat kamu anak 90-an denger kata-kata Chiba pasti langsung ingat sama salah satu judul Anime, Sailor Moon. Cukup terkenal di zaman itu. Di anime itu ada salah satu karakter bernama Mamoru Chiba yang jadi suami-nya Usagi si Sailor Moon. Ternyata Chiba adalah nama prefecture di pesisir timur Jepang. Masuk dalam wilayah Kanto.

Chiba Prefecture banyak didominasi pantai, secara langsung menghadap ke Samudera Pasifik di sebelah timur dan selatan, serta Tokyo Bay di barat. Sejumlah objek wisata terkenal ada di sini. Termasuk Tokyo Disneyland. Bandara Internasional Narita (NRT) juga ada di sini. Selain itu Choshi Fish Market Number 1 di Boso Peninsula. Ini yang akan kita bahas di sini sekalian sama keretanya.

Nah misalkan kamu punya rencana ke Jepang apalagi kalo cuma pengen fokus di Tokyo dan sekitaran aja, nggak ada salahnya berkunjung ke Chiba Prefecture.


Boso View Express Shiosai

Penasaran sama limited express-nya, oke kita akan bahas di sini. Kereta yang akan mengantarkan kamu dari Tokyo ke Boso Peninsula ialah Shiosai Limited Express. Mulai beroperasi pada 10 Maret 1975 dibawah Japanese National Railway (JNR).

Menggunakan kereta jenis 183 Series yang banyak dipake untuk perjalanan jarak jauh di zamannya. Waktu itu jalur shinkansen baru ada Tokaido Shinkansen dari Tokyo ke Hakata. Makanya limited express terutama dengan fasilitas kereta tidur sangat diminati pada saat itu.

Sebetulnya Shiosai Limited Express punya pendahulu yakni Inobo yang menggunakan rangkaian kereta diesel. Kereta ini melayani rute Shinjuku – Choshi. Nah Shioshai ini melanjutkan Inobo terutama di bulan November 1982 ketika dapat tambahan armada 183 Series ex-Toki yang udah diambil alih Joetsu Shinkansen. Selain rute Shinjuku, Shiosai juga melayani perjalanan dari Tokyo Central Station.

10 Desember 2005, JR East sebagai penerus JNR mulai mengganti armada 183 Series dengan armada baru 255 Series. Nah kereta inilah yang kemudian dibrand dengan nama “Boso View Express“. Sesuai dengan dinasnya di kawasan Boso Peninsula, Chiba Prefecture. Karenanya Shioshai pun sah-sah aja dapat sebutan Boso View Express Shiosai. Sesuai dengan jenis kereta yang dipake.

14 Maret 2013 semua keberangkatan Shiosai Limited Express dipusatkan di Tokyo Central Station. Dengan demikian otomatis keberangkatan dari Shinjuku Station ditiadakan.

Nama Boso View Express juga jadi inspirasi pembuatan game simulator kereta api Open BVE. Game ini bisa didownload gratis karena masuk dalam katagori Freeware. Bisa berjalan multiplatform baik di Windows maupun Open Source seperti Linux.


Misteri 255 Series di Omiya Station, Saitama Prefecture

255 Series alias Boso View Express harusnya dinas di Boso Peninsula, Chiba Prefecture. Sesuai dengan branding-nya. Namun ada suatu momen dimana kereta ini main jauh hingga ke Omiya Station di Saitama Prefecture. Cukup misterius memang keberadaannya di sini. Apalagi jarang-jarang lho di Jepang itu rangkaian kereta diacak-acak macam di Indonesia.

Sempat terpikir apakah kereta ini dipake buat cadangan Narita Express (NEX). Mengingat NEX sendiri punya rute menuju Omiya Station di Saitama Prefecture. Entahlah yang jelas keberadaannya di Omiya adalah satu momen boleh jadi langka.

Misteri A 255 Series EMU di Omiya Station
Keberadaan 255 Series alias Boso View Express di Omiya Staton, Saitama Prefecture yang mengundang rasa penasaran dan misteri. Ngapain ya kereta ini main sampe ke Saitama? Udah jauh pula dari wilayah dinasnya di Boso Peninsula, Chiba Prefecture.

Siap Antar Kamu Menuju Choshi, Kota Nelayan dan Penghasil Kecap Asin (Soy Sauce)

Shiosai Limited Express melayani rute Tokyo-Choshi. Berangkat dari Tokyo Central Station via Sobu Line. Nah ngomong-ngomong soal Sobu Line, di stasiun terbesar itu jalurnya berada di bawah tanah (underground). Nyambung sama Yokosuka Line dari Shinagawa. Jalur ini juga digunakan Narita Express (NEX) jurusan Bandara Internasional Narita (NRT) yang juga berada di Prefecture Chiba.

Kereta ini siap mengantarkan kamu menuju Choshi, Kota Nelayan dan Penghasil Kecap Asin (Soy Sauce) di Boso Peninsula. Di antara tempat wisata terkenal di sana ialah Choshi Fish Market Number 1. Apalagi kalo pengen berburu ikan tuna, sardines, dan marlin. Choshi Fish Market Number 1 adalah tempat yang tepat kamu kunjungi.

Selain itu Choshi juga menawarkan sejumlah spot wisata yang menarik. Misalnya Choshi Port Tower. Di sini kamu bisa melihat pemandangan Sungai Tone dengan Choshi Onashi Bridge-nya. Kota ini juga terkenal sebagai penghasil kecap asin (soy sauce).

Dua pabrik kecap asin, Yamasha Soy Sauce Factory dan Higeta Soy Sauce Factory, ditambah Yamaju No Hishino Store. Yamasha Soy Sauce Factory adalah yang terbesar di Choshi. Pabrik ini udah ada sejak 1640. Saat ini kecap asin produksi pabrik ini telah dijual di semua supermarket yang ada di Jepang.

Higeta Soy Sauce Factory malah udah eksis sejak zaman Edo, Satu produknya, The Genbagura Soy Sauce hanya diproduksi setahun sekali. Masih mengikuti tradisi di zaman Edo. Pabrik ini juga punya museum yang menceritakan tentang sejarah berdirinya Higeta Soy Sauce Factory. Baik Yamasha maupun Higeta punya program tour keliling pabrik.

Yamaju No Hishino Store merupakan toko yang menjual kecap asin dan olahan kedelai lainnya. Toko ini telah berdiri sejak tahun 1700. Salah satu produknya yang terkenal adalah hishio, semacam saus kedelai. Di zaman dulu sering dipake buat menambah aroma ikan dan makanan lain.

Oke itulah gambaran singkat tentang Choshi, sebuah kota di Boso Peninsula penghasil kecap asin sekaligus kota nelayan. Tertarik berkunjung ke sini buat belanja oleh-oleh kecap asin Jepang? Boso View Express Shiosai siap mengantarkan kamu dari Tokyo Central Station via Sobu Main Line.



Tambahan Referensi:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: