Bus Bandung Baleendah TMP Koridor 3

Bus Bandung Baleendah TMP Koridor 3

Mencoba Bus Bandung Baleendah yakni Trans Metro Pasundan Koridor 3. Merupakan pembaruan dan penyempurnaan dari layanan BRT di Kota Bandung. Alternatif transportasi umum modern layak dari kota ke pinggiran.

Urusan transportasi umum layak khususnya jalan raya memang jadi barang langka di Bandung Raya. Terlebih pasca Bus Damri berhenti beroperasi beberapa waktu lalu. Memang masih ada Trans Metro Bandung (TMB). Sayangnya selain keterbatasan cakupan juga masih jauh dari layak.

Angin segar pun muncul begitu pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan Trans Metro Pasundan (TMP) dengan sistem Buy The Service (BTS)/Teman Bus. Harapan warga akan adanya transportasi umum layak pun mulai terjawab.

Bus Bandung Baleendah Langsung ke Jantung Kota

Di antaranya ialah Bus Bandung Baleendah. Mengambil rute BEC-Baleendah. Jika dilihat dari rutenya boleh dibilang langsung masuk jantung kota. Lho bukannya alun-alun ya?

Dulu memang iya, alun-alun merupakan pusat sekaligus jantung kota. Namun sekarang pusat keramaian dalam bentuk perniagaan udah geser sedikit ke utara yakni poros Braga-Merdeka-Dago. Dimana Mall BEC yang terletak di Jalan Purnawarman adalah bagian dari poros itu.

Karenanya untuk urusan transportasi umum terutama bus, Alun Alun paling Cuma jadi salah satu titik transit aja. Seperti untuk rute BEC-Baleendah ini.

Mencoba Langsung Trans Metro Pasundan (TMP) Koridor 3

Bus Bandung Baleendah yang mengambil rute BEC-Baleendah ini adalah Koridor 3 dari layanan Trans Metro Pasundan (TMP). Adapun bus yang digunakan ialah jenis medium. Meskipun demikian soal kenyamanan nyaris nggak ada bandingannya. Terlebih sama angkot yang jauh banget dari kata layak.

Perjalanan kali ini mengambil rute BEC-Baleendah PP. Tentunya dimulai dari BEC Purnawarman. Dimana bus berhenti di depan Mall BEC meski agak kurang menentu juga. Kadang di depan Gramedia atau Merdeka Factory Outlet sisi Jalan Purnawarman yang menghadap BEC.

Beda sama bus reguler apalagi angkot, nggak butuh waktu lama bagi TMP K3 ini untuk jalan lagi. Nah ini keuntungan buat kamu yang nggak nyaman dengan ngetem lama-lama. Pagi itu penumpang naik dari BEC nggak begitu banyak. Bus pun cenderung kosong.

Pemberhentian pertamanya ialah Museum Kota Bandung di Jalan Aceh dan Santa Angela Jalan Terusan Merdeka. Untuk nama kedua, ini adalah halte transit TMP K4 rute Dago-Leuwipanjang. Selepas itu nggak ada lagi pemberhentian. Bus melaju melewati jalan Lembong, belok Lengkong terus ke Asia Afrika.

Nah bus baru berhenti lagi di Halte Alun Alun. Di sini juga titik transit dengan TMP K2 rute Alun Alun – Kota Baru Parahyangan (via Cimahi). Nggak hanya itu, transfer layanan Trans Metro Bandung dan Damri juga di sini.

Untuk Trans Metro Bandung (TMB)-nya rute Cicaheum – Cibeureum (Koridor 2). Adapun untuk Damri ada 2 rute yakni Kalapa-Cibiru dan Alun Alun-Kota Baru Parahyangan via Tol (bus perumahan). Kebetulan nggak ada penumpang naik dari situ jadinya bus lanjut lagi.

Otista dan Mohammad Toha

Bus Bandung Baleendah ini belok kiri ke Jalan Otista menuju Tegalega. Kemudian masuk Jalan Lingkar Selatan dan belok ke Jalan Mohammad Toha. Uniknya di Otistanya sendiri cuma ada dua titik pemberhentian yakni Toko Mas ABC dan Simpang Ijan. Kalopun ada satu lagi udah di Tegalega, Lapangan Tegalega.

Begitupula di Mohammad Toha hanya ada PT. INTI dan Madurasa Tengah. Bahkan di sini bus terjebak macet di Pasar Kembar Mas. Harap maklum karena disitulah titik perempatan dengan Jalan ByPass. Udah sehari-harinya langganan macet.

Oh iya, Halte PT.INTI ini sejatinya merupakan titik transit dan transfer terbanyak yakni dengan TMP K4 (Dago-Leuwipanjang), TMP K5 (Dipatiukur-Jatinangor), Trans Metro Bandung (TMB) rute Antapani-Leuwipanjang, hingga Buratas rute Leuwipanjang-Majalaya.

Belok ByPass Sukarno Hatta

Balik lagi ke trip Bus Bandung Baleendah, selanjutnya belok kiri via Jalan ByPass Sukarno Hatta. Salah satu jalan utama dan vital di Kota Bandung. Sebetulnya jalan ini dulu dibangun untuk menghubungkan langsung titik barat (Cibeureum) dan timur (Cibiru) supaya nggak perlu lagi melewati pusat kota.

Ya, sebelum ada Tol, jalan ini merupakan akses penting bagi traveler dari Jakarta yang hendak langsung ke Jatinangor dan Sumedang. Tanpa harus lewat Pusat Kota Bandung.

Di ByPass Sukarno Hatta, Bus TMP K3 berhenti di 4 titik yakni PLN UP3 Bandung B, PT. LEN Industri, LPKIA B, dan Bangunan Mart. Pemberhentian selanjutnya ialah Halte Buah Batu tepat di perempatan Buah Batu. Nah di sini lagi-lagi kena macet. Memang udah langganan juga sih.

Buah Batu dan Bojongsoang

Nah Jalan Terusan Buah Batu inilah akses utama menuju Baleendah. Pemberhentiannya bahkan lebih banyak. Mulai dari Swadarma BNI, Pasar Kordon B, Bluebird B, Puskesmas Kujangsari B, dan Permata Buah Batu.

Kemudian bus memasuki Bojongsoang Area dimana terdapat pemberhentian antaralain Podomoro, Ahass, Griya Bandung Asri, dan Alfamart SPBU Bojongsoang dekat Jembatan Sungai Citarum.

Telusur Jalur KA Non-Aktif

Ada yang unik dari mulai Pasar Kordon hingga Simpang Kersen Bojongsoang. Tanpa kita sadari ini sebetulnya berada percis sebelahan dengan Jalur KA Bandung-Ciwidey. Dimana jalur KA-nya telah tertimbun deretan ruko hingga area parkir Transmart Buah Batu.

Simpang Kersen itu sendiri awalnya merupakan JPL. Relnya memotong jalan raya lantas menuju kawasan Dayeuhkolot. Dimana terdapat percabangan menuju Majalaya dan Ciwidey. Oke kita nggak akan membahas ini karena pembahasan tentang Kereta Api ada di halaman situs Mugen ID.

Baleendah Area

Selepas jembatan Sungai Citarum, kita telah memasuki Baleendah Area. Itu artinya udah nggak jauh lagi dari titik akhir perjalanan Bus Bandung Baleendah. Di sini terdapat pemberhentian Masjid Jami Baitul Huda dan Apotek K24. Setelahnya bus akan memutar dulu menjelang terminus.

Di jalur memutar itu bus singgah di Kejari Bale Bandung dan RS Al Ihsan. Mutarnya agak lumayan sih. Tapi enaknya jalanan nggak macet malah sepi. Nah paling mantap sih ini, dalam kondisi tinggal sendirian, bus masih sudi mengantar.

Coba bandingin sama angkot, kalo kamu tinggal sendirian doang langsung dikepoin sama mamangnya. Ditanya mau turun dimana. Kalo masih jauh alamat dah diturunin di tengah jalan.

Terminus PLN UP3 Majalaya (PLN Baleendah)

Akhirnya Bus Bandung Baleendah TMP K3 tiba di tujuan akhirnya yakni PLN Baleendah. Aslinya sih PLN UP3 Majalaya. Karena posisinya di Baleendah maka jadilah lebih dikenal PLN Baleendah.

Kembali ke BEC Purnawarman

Setelah beristirahat selama beberapa menit, lanjut lagi naik Bus Bandung Baleendah. Namun kali ini tentu saja kembali ke BEC Purnawarman. Rutenya nggak banyak berubah sih. Cuma ada tambahan beberapa halte dan pemberhentian yang sedikit beda.

Sebut aja Matahari Land dan Bubur Ayam H.Amid di Baleendah Area. Untuk Bojongsoang Area yakni Borma Bojongsoang, SDN Lengkong, Telkom University dan Puskesmas Bojongsoang. Buah Batu Area tambah Japnas. Juga PT.Medal Sekarwangi di ByPass Sukarno Hatta.

Memasuki Jalan Mohammad Toha, pemberhentiannya beda banget sama di awal. Di sini ada Halte Mohammad Toha dan Sekolah Ganesha. Namun enaknya kedua halte itu bisa transit TMP K5 arah Dipatiukur. Di perempatan PT.INTI, bus lurus dan ada 2 pemberhentian lagi: Taman Tegalega dan Sekolah Mohammad Toha.

Karena ambil jalan lurus berarti bus akan lewat bekas terminal bus jaman dulu yakni Kebon Kalapa. Saat ini telah berubah jadi ITC Kebon Kalapa. Setelahnya bus belok ke Jalan Dewi Sartika menuju Alun Alun Bandung lagi. Ada hal unik, Halte ITC Kebon Kelapa justru posisinya malah di BCA Dewi Sartika.

Nah bus lagi-lagi singgah di Alun Alun Kota Bandung. Kemudian belok ke Banceuy dimana ada pemberhentian Banceuy. Lanjut ke BEC lewat Jalan Suniaraja ke Stasiun Timur, Viaduct, Kebon Jukut, dan Kebon Kawung. Berhenti di Stasiun Bandung.

Lanjut lagi Pasirkaliki berhenti di SMAN 6 Bandung, Jalan Pajajaran (SDN Pajajaran) dan Terusan Cihampelas dimana ada STHB. Dan perjalanan berakhir di Mall BEC Purnawarman.

Tips Naik Bus Bandung Baleendah (TMP K3)

Saat ini Bus Bandung Baleendah, Trans Metro Pasundan Koridor 3, masih gratis. Kamu cukup membawa kartu e-money. Bisa juga menunjukkan QR Code dari Aplikasi Teman Bus. Tapi paling aman sih e-money aja.

Sedikit tips terutama bagi kamu yang akan naik dari Halte Alun Alun Kota Bandung. Bus ini berhenti di sini namun bisa sedikit mengecoh, kenapa? Baik arah Baleendah maupun BEC itu singgah di sini.

Tapi untuk membedakannya sih sebenarnya nggak sulit. Bus yang datang dari Jalan Asia Afrika itu jurusan Baleendah. Adapun yang belok dari Palestine Walk/Pendopo Walikota itu jurusan BEC.

Penting lagi bagi kamu untuk punya Aplikasi Teman Bus. Terutama masalah titik-titik pemberhentian. Sebab nggak semuanya ada plang Bus Stop. Terutama di sisi Kota Bandung.

Galeri Foto

Leave a Comment

Your email address will not be published.