Corporate Management Manglayang ID

Corporate Management (Konten dan Transaksi)

Corporate Management Manglayang ID. Segala kebijakan dan aturan terkait dengan pemanfaatan konten maupun transaksi di Manglayang ID.

Pemanfaatan konten Manglayang ID baik dalam bentuk artikel biasa, foto, hingga video. Konten yang ada di situs web dan media sosial pada dasarnya saling terintegrasi satu sama lain. Jadi masih berkaitan. Hanya saja yang membedakan ialah cakupan pembahasannya. Di social media seperti Instagram atau YouTube hanya dibahas secara global. Adapun untuk detailnya dalam bentuk artikel di Situs web. Lebih jelas tentang bagaimana cara pemanfaatan konten yang ada di Manglayang ID bisa dilihat di Privacy Policy.

Konten Manglayang ID masih terkait dengan unit bisnis yang ada dan dikelola di sini. Terutama core business di bidang Pariwisata, dimana mayoritas konten dalam bentuk artikel, foto, dan video temanya tentang Pariwisata. Meski demikian untuk unit lainnya seperti kuliner tetap ada dan aturan pemanfaatannya pun tetap sama. Kecuali untuk konten di Manglayang Coffee, Manglayang Shop, Manglayang Printing dan MTC. Dimana aturan untuk penggunaan konten dibatasi hanya di internal Manglayang ID.

Corporate Management Manglayang ID (2)

Corporate Management: Transaksi Manglayang ID

Aktivitas lainnya yang ada di Manglayang ID selain bikin konten terutama pariwisata ialah Transaksi. Manglayang ID saat ini bukan sekedar Tour and Travel. Tapi juga punya unit bisnis di bidang kuliner (Manglayang Coffee), retail atau konbini (Manglayang Shop), digital printing (Manglayang Printing), dan Virtual Product (Manglayang Trainz Content). Pastinya di tiap unit bisnis ada proses transaksi penjualan barang dan jasa. Nah semuanya itu jelas harus diatur supaya nggak tumpang tindih.

Terhitung mulai 22 April 2021, semua aktivitas transaksi dilakukan di masing-masing business unit. Jadi Manglayang Shop sudah tidak lagi melayani transaksi yang berasal dari business unit lainnya. Hanya fokus untuk melayani transaksi Official Merchandise (kaos, pernak pernik, buku yang masih berhubungan dengan kegiatan pariwisata dan transportasi), maupun transaksi jasa seperti pembayaran paket wisata atau pemesanan tiket masuk tempat wisata dan semisalnya.

Dengan kata lain situs utama Manglayang ID lebih fokus di bidang jasa pariwisata. Adapun lainnya itu ada di masing-masing business unit secara punya business model yang berbeda-beda juga. Tak hanya itu, untuk produk-produk tertentu bahkan sudah dimasukkan ke branch Marketplace, misalnya Busana Muslim di Tokopedia.


Syarat dan Ketentuan (Term and Condition)

Syarat dan ketentuan terkait dengan proses transaksi di unit bisnis Manglayang ID. Misalnya untuk pemesanan produk dan lainnya. Termasuk masalah diskon, promo dan semisalnya.


Kebijakan Refund dan Permasalahan Transaksi (Transaction Problem and Refund Policy)

Dalam setiap proses transaksi kadang ada aja masalah. Kaya misalnya lagi transaksi tiba-tiba internet down sehingga uang nggak masuk. Bisa juga udah deal, barang dikirim, tapi begitu nyampe ada kerusakan. Biasanya sih kaya gini berujung pada refund. Nah tentang permasalahan tersebut termasuk proses refund yang kadang jadi ending untuk menyelesaikan masalah semuanya diatur di sini


The Corporate Culture

Selain permasalahan konten dan transaksi, Corporate Management turut mengatur seputar kebiasaan yang ada di Manglayang ID. Jadi semacam Corporate Culture gitu. Apa aja yang diatur berkaitan dengan Corporate Culture atau kebiasaan tersebut?

Jam Operasional. Manglayang ID secara umum beroperasi dari jam 09.00 s.d. 17.00 di hari Senin hingga Kamis. Di sela-sela jam tersebut pastinya ada waktu istirahat. Terutama 2 waktu sholat, Dhuhur dan Ashar. Untuk istirahat siang yakni jam 12.00 s.d. 13.00 itu udah sekalian Sholat Dhuhur. Sedangkan break sholat Ashar di jam 15.15 – 15.45 WIB. Nah di waktu-waktu tersebut apabila ada pesan masuk misalnya via WhatsApp (WA) akan dijawab setelah waktu istirahat (termasuk break Ashar yang 30 menit itu). Jadi misalkan kamu kirim chat pas kebetulan waktu Dhuhur dan Ashar pastinya akan slow respond. Terus gimana kalo ada chat masuk sebelum jam 09.00 atau sesudah 17.00? Itu jelas akan dijawab di jam operasional. Nah berarti respond-nya akan sangat lama. Ini juga berlaku untuk chat yang masuk tengah malam. Namun aturan ini bisa saja berubah apabila ada tambahan jam di saat tertentu. BIasanya sampai dengan jam 21.00 WIB. Khusus di hari Jum’at, aktivitas dimulai jam 13.30 WIB dan berakhir jam 17.30 WIB. Adapun sabtu dan minggu Libur. Kecuali ada tambahan, dan biasanya itu di unit bisnis. Chat yang masuk di hari libur akan dijawab keesokan harinya saat beroperasi lagi. Misalnya chat minggu dijawabnya Senin jam 09.00 WIB.

%d bloggers like this: