Privacy Policy Pemanfaatan Konten

Privacy Policy (Kebijakan Penggunaan Situs dan Konten)

Privacy Policy, berikut adalah kebijakan yang berkaitan dengan Manglayang ID berikut segala konten yang ada di situs ini:

Manglayang ID, adalah usaha mikro di bidang jasa pariwisata yang saat ini juga tengah merambah bidang retail online dan virtual product. Sebuah brand dan entitas bisnis. Kedua usaha tersebut dijalankan secara mandiri dan berdikari, baik langsung maupun melalui semacam anak usaha. Untuk virtual product saat ini tengah dijalankan oleh salah satu anak usaha yakni Manglayang Trainz Content (MTC). Adapun jasa pariwisata sejak awal berdiri di tahun 2014 bermitra dengan MMBC Tour and Travel, memiliki kurang lebih 150.000 keagenan dan kemitraan di seluruh Indonesia. MMBC juga sudah memiliki keagenan di Singapore, Malaysia dan Hong Kong.

Situs dan Konten, ini adalah halaman situs resmi Manglayang ID (sebelumnya Manglayang Tour). Inilah ujung tombak utama Manglayang ID sebagai sebuah perusahaan. Tidak ada situs lain selain dari situs ini yang merepresentasikan Manglayang ID. Tentang konten yang disajikan di sini mayoritas berkaitan dengan core bisnis perusahaan, yakni bidang pariwisata (tour and travel). Terdiri dari konten yang sifatnya sekedar artikel untuk sharing dan memberi informasi maupun konten-konten komersial. Konten Komersial bisa berupa memasarkan suatu produk tertentu. Bisa juga artikel atau informasi dengan label Premium Content. Dimana siapapun yang hendak mengakses konten tersebut diharuskan untuk berlangganan dan membayar sejumlah uang untuk biaya langganan (pay for subscribe). Baik bulanan, tiga bulanan, semesteran, atau tahunan.

Konten Terintegrasi Social Media, Manglayang ID juga memiliki akun social media yakni Instagram dan YouTube. Konten yang disajikan di sana masih berhubungan dengan yang dibahas di situs. Jadi semua yang ada di social media itu hakikatnya adalah satu kesatuan dan terintegrasi dengan situs Manglayang ID. Bedanya di social media hanya dibahas sekilas. Sedangkan di situs pembahasannya lebih detail. Bahkan bila konten itu memiliki premium content yang berbayar, di premium content jauh lebih detail lagi dari situs.

Premium Content. Terkait dengan premium content atau konten berbayar Manglayang ID. Menggunakan 2 cara yakni: Berlangganan dan Sekali Bayar. Untuk yang berlangganan dengan cara membayar biaya langganan (membership) mulai bulanan, tiga bulan, enam bulan (semester) dan tahunan. Konten tetap disajikan di situs namun menggunakan halaman khusus dimana untuk akses halaman itu harus langganan terlebih dahulu. Adapun yang sekali bayar itu premium content yang dibuat dalam format buku. Nantinya buku bisa dibeli lewat dua cara yakni e-book dan buku cetak (print by order).

Selain berkaitan dengan situs dan konten, Privacy Policy juga mencakup Manglayang Group. Unit usaha atau entitas non-bisnis yang berada dibawah naungan Manglayang ID. Dimana Manglayang Group terdiri dari: Manglayang ID, Manglayang Trainz Content (MTC), Manglayang Football Club (MFC) dan Manglayang Foundation, Solo Traveling ID.

  • Manglayang ID. Telah dibahas panjang lebar di atas. Core business-nya di bidang Pariwisata (Tour and Travel). Kini melebarkan sayap ke bidang usaha retail online dan virtual product. Terhitung mulai Februari 2021 konten Solo Traveling ID digabungkan ke Manglayang ID sebagai katagori Backpacker and Trip Report.
  • Manglayang Coffee. Unit usaha kedai kopi dan kuliner milik Manglayang ID. Dimana pelanggan bisa membeli kopi dan makanan ringan secara online dengan berbagai pilihan kurir. Namun untuk kopi, minuman, dan makanan basah saat ini baru sebatas melayani pelanggan dari Bandung Raya dan wajib menggunakan Grab Expreess untuk menghindari produk dalam keadaan rusak (basi) ketika tiba di tempat pelanggan.
  • Manglayang Printing. Unit usaha digital printing yang menerima jasa cetak seperti kalender dan stiker (chromo dan Vinyl).
  • Manglayang Shop. Unit retail Manglayang ID digunakan sebagai tempat pemusatan segala aktivitas transaksi Manglayang ID Group seperti transaksi Manglayang Coffee, Manglayang Printing, Manglayang Tour and Travel (khusus admission, tour package, sebagian tiket dan voucher hotel yang tak tercover Sistem Reservasi Online MMBC), dan Manglayang Trainz Content. Sebagai retail, Manglayang Shop juga menjual produk kelontongan dan fashion.
  • Manglayang Trainz Content. Unit usaha virtual product yang menjual add-ons untuk Trainz Simulator versi Android maupun Komputer dan produk-produk virtual lainnya.

Pemanfaatan Konten Manglayang ID Group. Sebenarnya intisari dari Privacy Policy adalah pemanfaatan konten yang ada di situs Manglayang ID Group. Dipersilakan untuk menjadikannya semacam referensi tapi dengan catatan harus disertakan sumber. Misalnya Manglayang Group. Namun khusus untuk konten yang digunakan di unit bisnis (konten pemasaran) tidak boleh digunakan.

%d bloggers like this: