Term and Condition (Syarat dan Ketentuan)

Syarat dan Ketentuan (Terkait Produk dan Jasa)

Syarat dan Ketentuan berkaitan dengan produk dan jasa yang ditawarkan Group Manglayang ID:


Manglayang Coffee

Syarat dan Ketentuan Transaksi Manglayang Coffee, Unit bisnis kedai kopi dan kuliner Manglayang ID. Transaksi pembelian kopi (biji atau bubuk), kopi kemasan (cold brew latte), dan makanan ringan seluruhnya di Manglayang Shop (e-commerce) dengan sistem pembayaran yang tersedia di sana. Khusus untuk produk kopi kemasan dan coffee brew pengirimannya wajib menggunakan instant courier seperti Grab Express dan (untuk sementara) hanya melayani pelanggan di wilayah Bandung Raya.

Kerusakan produk seperti makanan atau minuman basi (tak tahan lama) apabila menggunakan jasa pengiriman reguler bukan merupakan tanggung jawab Manglayang ID dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan. Maka dengan itu uang tidak bisa dikembalikan atau produk tidak bisa diganti (Not Refundable and Not Switchable)

Adapun untuk produk makanan atau kopi dengan expired date lebih dari 1 tahun pengirimannya bisa menggunakan kurir reguler.

  • Untuk kerusakan yang terjadi bila kondisi produk sudah cacat sejak dikirim dari Manglayang ID akan dilakukan penggantian sepenuhnya dengan ongkos kirim gratis.
  • Untuk kerusakan atau kehilangan yang terjadi pada saat pengiriman bisa melakukan klaim atas kerusakan tersebut kepada jasa pengiriman (kurir) yang dipilih pada saat transaksi di Manglayang Shop. Penggantian biaya atas kerusakan atau kehilangan tersebut tergantung kebijakan masing-masing jasa kurir.
  • Untuk kehilangan atau kerusakan yang terjadi ketika barang sudah dikonsumsi atau tidak ada laporan atau keluhan dari sisi pelanggan selama kurun waktu 1 x 24 jam, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab pelanggan sepenuhnya.

Manglayang Printing

  • Konsumen menghubungi Constumer Service kami dengan melampirkan design yang diinginkan, bila belum memiliki design, pelanggan akan dibantu dalam mendesign sesuai tingkat kesulitan. Design dilampirkan setelah menyelesaikan proses transaksi di Manglayang Shop.
  • Harga ditentukan dari berapa banyak lembar yang ingin dibuat
  • Pembayaran dilakukan sesuai kesepakatan yang diambil
  • Estimasi pembuatan tergantung pada jumlah pesanan yang kami kerjakan
  • Pembelian stiker dengan total dibawah Rp.150.000 Belum termasuk biaya ongkos kirim
  • Khusus pelanggan asal Bandung mendapat Free Ongkir untuk pembelian di atas 50 lembar, yakni lembar kertas cetak stiker ukuran A3
  • Pelanggan bisa mengajukan refund sebanyak 75% bila hasil cetakan kurang memuaskan

Manglayang Shop

Unit usaha retail Manglayang ID disebut juga Manglayang Shop. Menjual pernak-pernik yang masih ada kaitannya dengan kegiatan pariwisata dan transportasi. Contoh pakaian (fashion), aksesoris, dan kuliner (makanan dan minuman). Selain itu Manglayang Shop juga menjadi Transaction Center dari semua aktivitas transaksi yang ada di unit bisnis Manglayang ID. Berikut Syarat dan Ketentuan Toko Manglayang ID:

  • Seluruh proses pembelanjaan dilakukan secara online melalui halaman website e-commerce Manglayang Shop
  • Produk Pre-Order membutuhkan proses kurang lebih 5 s.d. 12 hari, meliputi proses pemesanan, produksi hingga pengiriman.
  • Produk Ready Stock pengiriman selambat-lambatnya H+2 selama tidak ada kendala teknis maupun force majeur.
  • Transaksi pembayaran via Bank Transfer, Virtual Account, E-Wallet (Dana, Gopay, LinkAja, OVO, Shopee Pay) dan Mobile Banking (BCA Mobile, Jenius Pay, OCTO by CIMB Niaga, dll yang mendukung QR Code QRIS), jaringan minimarket (Indomaret dan Alfamart), Debit/Credit Card.
  • Untuk transaksi pembayaran via Bank Transfer baru akan diproses untuk pengiriman setelah konfirmasi pembayaran diterima melalui WhatsApp Center (Contact Center).
  • Transaksi Pembayaran menggunakan QRIS, baik e-wallet atau mobile banking, akan langsung diproses untuk pengiriman setelah pembayaran diterima dan jumlah sesuai dengan invoice.

Penukaran Barang Rusak atau Tidak Sesuai

  • Retail melayani penukaran barang dalam kondisi rusak secara fisik, seperti makanan kadaluarsa, pakaian robek, dll atau produk tidak sesuai dengan yang tertera di gambar.
  • Pengiriman barang kembali ke retail ongkosnya ditanggung oleh pembeli. Sementara pengiriman dari retail Gratis.
  • Segala kerusakan yang ditimbulkan oleh pembeli setelah pembeli menerima barang dalam kondisi baik diluar tanggung jawab retail. Dengan kata lain menjadi tanggung jawab pembeli sepenuhnya.
  • Khusus pembelian makanan dan minuman tak tahan lama seperti kue basah dan cold brew coffee, jika memilih pengiriman reguler dan produk mengalami kerusakan setelah tiba di tempat pelanggan (contoh: basi, berjamur dan semisalnya), menjadi tanggung jawab pelanggan sepenuhnya. Manglayang Shop maupun unit bisnis terkait tidak bertanggung jawab atas kerusakan tersebut. Karenanya wajib bagi pelanggan untuk memilih opsi kurir instant, dan untuk saat ini hanya melayani pelanggan di wilayah Bandung Raya yang tercover oleh layanan kurir instant tersebut.

Manglayang Tour and Travel

Sebagai usaha yang bergerak di bidang pariwisata (Tour and Travel), disinilah core business Manglayang ID. Aktivitas nya tentu takkan jauh-jauh dari jasa pariwisata seperti Admission Ticket, Tour Package, dan Online Ticketing (Booking Tiket dan Hotel Online). Transaksi di sini dibagi 3 yakni via Manglayang Shop, Booking Tiket dan Hotel via WhatsApp Center 085156931286, dan Sistem Reservasi Online MMBC (SRO 24). Transaksi via Manglayang Shop dikhususkan untuk Admission Ticket dan Holiday Package, termasuk Umroh.

Syarat dan Ketentuan Transaksi via Manglayang Shop (Admission Ticket dan Tour Package)

  • Seluruh transaksi dilakukan di Manglayang Shop melalui katagori Tour and Travel Services >> Admission Ticket dan Tour and Travel Services >> Holiday Package. Pembayarannya menggunakan metode yang tersedia.
  • Ketika transaksi sudah selesai, kode booking akan dikirimkan via E-Mail dan/atau media chat seperti Line, WhatsApp dan Telegram. Kecuali untuk tiket fisik akan dikirim ke pelanggan via jasa kurir dengan ongkos kirim ditanggung oleh pelanggan.
  • Khusus untuk transaksi umroh, paket perlengkapan ibadah akan dikirim via kurir setelah menyetorkan uang muka (DP).
  • Penjadwalan Ulang (Reschedule) dan Refund hanya bisa dilakukan selama transaksi yang telah dilakukan oleh pelanggan via Manglayang Shop belum diproses lebih lanjut. Kecuali untuk Holiday Package yang murni diselenggarakan oleh Manglayang Tour and Travel tanpa melibatkan pihak ketiga.

Booking Tiket dan Hotel via WhatsApp Center 085156931286

  • Pelanggan dapat melakukan booking tiket dan hotel via WhatsApp Center 085156931286 khusus di Jam Operasional.
  • Booking tiket pesawat berlaku untuk semua airline, termasuk Garuda Indonesia. Harga yang berlaku adalah harga resmi dari maskapai penerbangan. Tersedia opsi subclass dan pemesanan tiket rombongan (minimal 20 pax)
  • Booking tiket kereta api untuk semua rute kereta api jarak jauh dibawah operator PT. Kereta Api Indonesia. Tersedia opsi untuk pemilihan kursi dan pemesanan tiket rombongan (minimal 20 pax).
  • Booking hotel berlaku untuk semua hotel domestik, harga mengikuti ketentuan yang berlaku. Termasuk hotel atau penginapan yang sudah bekerjasama dengan Manglayang ID.
  • Transaksi Pembayaran Booking Tiket dan Hotel via WhatsApp Center 085156931286: Bank Transfer, E-Wallet (Dana, Gopay, LinkAja, OVO, Shopee Pay) dan Mobile Banking yang support scan QR Code (QRIS), Debit/Credit Card, Indomaret dan Alfamart Group.

Booking Tiket dan Hotel via Sistem Reservasi Online MMBC (SRO 24)

  • Proses pemesanan dari awal sampai akhir mengikuti alur yang ada di Sistem Reservasi Online (SRO 24) milik MMBC Tour and Travel.
  • Booking Hotel dan Pesan Tiket bisa dilakukan secara real time online 24 jam, termasuk transaksi pembayarannya.
  • Harga (Rate) Tiket Pesawat yang keluar di Sistem Reservasi Online (SRO 24) adalah harga tiket terendah (batas bawah) yang tersedia pada saat diakses. Harga ini sifatnya tentatif dan bisa saja berubah ketika melakukan proses booking. Mengikuti ketersediaan kuota seat yang ada. Harga tersebut adalah resmi dari maskapai.
  • Khusus pemesanan tiket pesawat Garuda Indonesia disarankan menggunakan WhatsApp Center 085156931286
  • Harga (Rate) Hotel juga mengacu pada tanggal booking. Dimana booking untuk low season dan peak season (liburan) akan terjadi perbedaan harga.
  • Harga (Rate) Tiket Kereta Api adalah harga resmi dari operator (PT. Kereta Api Indonesia). Untuk kereta ekonomi PSO tarif berlaku flat. Sedangkan kereta komersial (eksekutif, bisnis, premium, ekonomi non-PSO) tersedia tarif batas atas dan batas bawah. Harganya akan berbeda antara low season dan high season.
  • Untuk pemesanan tiket kereta api via SRO 24 tidak bisa memilih tempat duduk sendiri. Seat akan terpilih secara otomatis setelah selesai melakukan pembayaran. Karenanya bagi yang merencanakan bepergian sekeluarga atau rombongan, disarankan untuk melakukan pemesanan tiket via WhatsApp Center 085156931286.
  • Transaksi Pembayaran di Sistem Reservasi Online (SRO 24): Bank Transfer, Virtual Account Mandiri, Virtual Account Permata Bank, Credit Card, dan Pembayaran via Alfamart Group (Alfamart, Alfa Express, Alfamidi, Lawson, Dan Dan). Semuanya Real Time Online 24 jam

Reschedulle dan Refud Transaksi Booking Hotel dan Tiket (WhatsApp dan SIstem Reservasi Online)

  • Proses reschedule dan refund mengikuti ketentuan yang ada pada masing-masing operator: kereta api (PT. KAI), pesawat (masing-masing maskapai punya ketentuan yang berbeda-beda), dan hotel (sama setiap hotel juga punya ketentuan sendiri-sendiri tentang hal ini).
  • Manglayang ID hanya mengawal sampai dengan proses akhir, yakni mulai dari pelanggan booking tiket, memilih seat (khusus WhatsApp Center), hingga transaksi pembayaran dan issued kode booking. Setelah keluar kode booking, pelanggan sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab operator masing-masing. Dimana bila ada perubahan di sisi pelanggan terutama dalam hal reschedule dan refund itu sudah antara pelanggan dan operator. Jadi Manglayang ID sebagai agen hanya mengawal sampai keluar kode booking.

Syarat dan Ketentuan Terkait Bepergian di Era New Normal dan Pandemi Covid-19

Bepergian di Masa Pandemi Covid-19. Terkait dengan pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung, untuk naik kereta api dan pesawat membutuhkan surat keterangan sehat (Rapid Test, PCR/Swab, Surat Keterangan Bebas Influenza). Manglayang ID hanya memfasilitasi untuk proses booking tiket saja. Adapun untuk Rapid Test, PCR/Swab Test, atau Surat Keterangan bebas Influenza dari Puskesmas/Rumah Sakit yang belum memiliki fasilitas Rapid/Swab, pengurusan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan. Mengenai hasil atau keputusan boleh/tidaknya menggunakan kereta api atau pesawat itu juga kembali ke masing-masing pelanggan. Termasuk jika dinyatakan tidak bisa berangkat oleh operator.

Adapun untuk penggunaan fasilitas test Covid-19 jenis GeNose C19 tergantung dari ketersediaan alat tersebut di Bandara maupun stasiun keberangkatan. Sama seperti test lainnya, pemilihan test GeNose C19 juga menjadi tanggung jawab pelanggan sepenuhnya, termasuk biaya test-nya.



Premium Content (Syarat dan Ketentuan)

  • Premium content hanya bisa diakses apabila telah terdaftar sebagai pelanggan dan mengambil paket berlangganan yang terdiri dari bulanan, tiga bulan, semester dan tahunan. Dimana pelanggan memiliki username dan password.
  • Premium content dalam bentuk e-book PDF juga akan ada password untuk membukanya. Setelah selesai melakukan transaksi pembayaran, pelanggan akan mendapatkan password untuk bisa membuka dan membaca e-book tersebut. Selain itu juga mendapat semacam sertifikat kepemilikan Premium Content berbentuk e-book.
  • Premium content berbentuk buku cetak (print book) prosesnya hampir sama dengan Pre Order pada Retail. Jadi setelah proses transaksi pembayaran selesai akan melalui proses cetak sebelum dikirimkan ke pelanggan.
  • Transaksi pembayaran via Bank Transfer, Virtual Account, E-Wallet (Dana, Gopay, LinkAja, OVO, Shopee Pay) dan Mobile Banking (BCA Mobile, Jenius Pay, OCTO by CIMB Niaga, dll yang mendukung QR Code QRIS), jaringan minimarket (Indomaret dan Alfamart), Debit/Credit Card.
  • Untuk transaksi pembayaran via Bank Transfer baru akan diproses untuk pengiriman setelah konfirmasi pembayaran diterima melalui WhatsApp Center (Contact Center).
  • Transaksi Pembayaran menggunakan QRIS, baik e-wallet atau mobile banking, akan langsung diproses untuk pengiriman setelah pembayaran diterima dan jumlah sesuai dengan invoice.
%d bloggers like this: