Damri Tegalluar Bandung adalah transportasi lanjutan dari Stasiun Tegalluar ke Kota Bandung. Dengan tarif Rp 15.000,00 dan waktu tempuh hingga 1 jam 30 menit sampai ke tujuan akhir. Lebih cocok dan cover masyarakat yang tinggal di Selatan dan Timur Kota Bandung.
Pendahuluan
Keberadaan Stasiun Tegalluar yang boleh dibilang “terpencil” dan cukup jauh sejak awal menimbulkan kontroversi. Terutama berkaitan dengan operasional Kereta Cepat Whoosh. Letak stasiun sangat jauh dari Pusat Kota Bandung. Sehingga timbul pertanyaan seperti apa transportasi lanjutannya.
Daerah sekitar Stasiun Tegalluar itu sendiri udah terkenal sebagai zona merah nya transportasi online. Walaupun belakangan hal tersebut mulai terkikis secara perlahan.
Sejak Kereta Cepat Whoosh mulai resmi beroperasi tanggal 1 Oktober 2023, akses dari dan menuju Stasiun Tegalluar ternyata telah siap. Berbeda dengan Padalarang yang menggunakan kereta feeder, moda transportasi lanjutan dari Tegalluar gunakan armada bus.
Damri Bandung Sebagai Transportasi Lanjutan
Untungnya Damri Bandung telah mempersiapkan diri sebagai moda transportasi lanjutan dari Stasiun Tegalluar. Dua rute telah dipersiapkan yakni Tegalluar-Jatinangor dan Tegalluar-Bandung. Untuk rute kedua berakhir di Pool Kebon Kawung yang berada tepat di depan Stasiun Bandung.
Damri Tegalluar Bandung : Summarecon, Gedebage, ByPass, dan Kiaracondong
Turun dari Kereta Cepat Whoosh nomor G1131 di Stasiun Tegalluar langsung bergegas ke luar stasiun untuk mencari moda transportasi lanjutan. Ditengah kondisi stasiun yang masih sepi dan belum ada aktivitas niaga di dalamnya.
Mengetahui ada bus yang tujuan akhir Pool Kebon Kawung tanpa pikir panjang langsung aja naik. Tentu dengan terlebih dulu memastikan busnya yang mana dan berapa ongkosnya. Ternyata Damri Tegalluar Bandung tarifnya Rp 15.000,00. Itu full trip sampai Pool Kebon Kawung.
Check Point Dekat Stadion GBLA
Singkat cerita bus berangkat dari Stasiun Tegalluar. Pertama-tama menuju checkpoint yang terletak di dekat Stadion GBLA. Keberadaan checkpoint Damri memang udah sejak dulu. Sejak eranya Damri Bandung sebagai bus kota. Untuk mengecek berapa jumlah penumpang yang menaiki bus tersebut
Penumpang Turun di Masjid Al Jabbar
Jika bus lewat Stadion GBLA maka otomatis juga lewat depan Masjid Al Jabbar. Nah ketika bus telah sampai di masjid kebanggaan warga Jawa Barat itu kebetulan ada dua penumpang turun. Setelah menurunkan penumpang lantas bus diberangkatkan kembali.
Kawasan Summarecon Sebagian Masih Pembangunan
Selanjutnya bus Damri Tegalluar Bandung memasuki kawasan Summarecon. Sebuah perumahan elite di daerah Gedebage Bandung. Nampak sebagian masih dalam pembangunan. Terutama akses dari Masjid Al Jabbar. Terlihat masih ada truk dan eskavator di sana.
Kepadatan di Gedebage
Lanjut memasuki daerah Gedebage yang banyak pergudangan. Di situ lalulintas lumayan padat. Meski masih bergerak. Terutama menjelang pintu perlintasan kereta api di dekat Stasiun Gedebage. Nggak jauh dari situ bus pun mulai memasuki bypass Sukarno Hatta.
Tertahan di Traffic Light Kiaracondong
Ternyata Damri Tegalluar Bandung itu melewati Jalan Sukarno Hatta. Dimana banyak terdapat perumahan seperti Metro Margahayu. Karena itu moda transportasi lanjutan ini sangat direkomendasikan bagi penumpang Kereta Cepat Whoosh yang memang tujuannya ke daerah Margahayu dan sekitarnya.
Sayang perjalanan mulai mengalami hambatan menjelang Traffic Light Kiaracondong. Memang sih ini udah terkenal banget traffic light paling ngeselin. Bahkan dapat gelar sebagai lampu merah paling lama di dunia. Jadilah banyak yang menghindarinya.
Lepas dari situ bus belok dan masuk Kiaracondong lalu berbelok lagi melewati Trans Studio Bandung. Nah disini jelas bahwa bus ini juga cocok buat yang domisili di daerah Kiaracondong, Batununggal, Arcamanik, Antapani, hingga Buahbatu.
Lewat Depan Alun Alun Kota Bandung
Bus terus melewati Jalan Asia Afrika hingga masuk Alun Alun Kota Bandung. Oh iya sebelumnya pernah diberitakan bahwa ada bus Damri rute Stasiun Tegalluar – Alun Alun Bandung PP. Boleh jadi memang bus yang lagi dinaikin ini. Tapi bisa jadi juga ada yang lain. Mengingat rute bus ini tujuan akhir Pool Kebon Kawung.
Tiba di Pool Damri Kebon Kawung, Waktu Tempuh Hampir 1 Jam 30 Menit
Dari Alun Alun Kota Bandung bus belok Jalan Banceuy hingga mencapai tujuan akhir yakni Pool Damri Kebon Kawung. Terletak percis di depan Stasiun Bandung. Jika ditotal dari awal, perjalanan ini memakan waktu hampir 1 jam 30 menit.
Padahal kalo mau ke Stasiun Bandung sih lebih enak turun di Padalarang dan lanjut Feeder KCIC. Itu waktu tempuhnya hanya 19 menit! Udah gitu gratis pula. Kecuali kalo memang tujuannya daerah Selatan dan Timur enaknya ke Tegalluar dan lanjut Damri Tegalluar Bandung.
Daerah selatan dan timur yang meliputi: Margahayu, Batununggal, Buah Batu, Kiaracondong, Arcamanik, dan Antapani. Itu memang lebih enak naik Damri ini dari Tegalluar.
Damri Tegalluar Bandung : Kurang Rekomendasi untuk Kota Bandung dan Cimahi
Waktu tempuh yang bisa mencapai 1 jam 30 menit membuatnya kurang rekomendasi. Khususnya buat yang tinggal dan bertujuan ke wilayah Barat dan Tengah Kota Bandung. Juga warga Kota Cimahi. Lebih enak naik Feeder sih, cepat dan gratis. Kalo bus ini udah mah lama bayar lagi Rp 15.000,00.
Damri Tegalluar Bandung : Tetap Jadi Solusi
Walaupun demikian, sebagai transportasi lanjutan Damri Tegalluar Bandung tetap jadi solusi. Siapapun yang naik bus ini juga nggak harus ke Tegalluar. Bisa aja cuma mau ke Summarecon atau Masjid Al Jabbar. Meskipun juga masih ada alternatif lain seperti Commuter Line Bandung Raya.
Leave a Reply