Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji yang Tertutup Kabut

Danau Kawaguchiko dan Fujisan yang Tertutup Kabut

Danau Kawaguchiko dan Fujisan (Gunung Fuji) ibarat dua sejoli yang tak terpisahkan. Disinilah tempat terbaik untuk menyaksikan panorama sebuah gunung yang begitu diagungkan masyarakat sekaligus jadi landmark Jepang. Sayang ada kalanya gunung tak terlihat karena tertutup kabut (cloudy). Menginap di dekatnya bisa jadi jalan terbaik.

Gunung Fuji atau dalam bahasa Jepang disebut Fujisan adalah gunung tertinggi di Jepang. Terletak di 2 prefecture yakni Yamanashi Prefecture dan Shizuoka Prefecture, sebelah barat Tokyo. Termasuk gunung berapi aktif di negeri matahari terbit. Pesona Fujisan membuatnya jadi destinasi wisata favorit dan paling diincar oleh para pendaki gunung. Terlebih jalur pendakiannya yang tak begitu sulit.

Namun ada kalanya kita hanya sekedar ingin menyaksikan keindahan sang icon. Terdapat banyak spot untuk itu. Malah kalo cuaca lagi bagus Gunung Fuji bisa terlihat dari Tokyo. Walaupun jaraknya cukup jauh. Disini tentu kita ingin lebih dekat dengannya.

Danau Kawaguchiko dan Gotemba

Dua spot ini jadi favorit turis mancanegara, termasuk backpacker dan solo traveler tentunya. Bicara tentang Gotemba pastinya nggak akan lepas dari yang namanya Gotemba Premium Outlet. Nah dari sini kita bisa melihat Gunung Fuji. Namun yang paling bagus dan instagramable tentu Danau Kawaguchiko di Yamanashi Prefecture.

Biasanya antara Kawaguchiko dan Gotemba bisa jadi satu paket. Dari Kawaguchiko kita bisa menuju Gotemba naik bus. Begitupun sebaliknya. Secara di Gotemba sendiri ada JR Lines sehingga memudahkan kamu yang udah pegang JR Pass dan sejenisnya.

Namun bila kamu memilih ke Kawaguchiko itu juga bagus. Walaupun harus berganti kereta di Otsuki Station. Jadi kamu berangkat naik kereta jurusan Kofu atau Matsumoto. Bisa dari Tokyo Central Station atau Shinjuku Station. Kereta yang melayani rute ini biasanya Azusa atau Kaiji Limited Express. JR Pass, JR East Pass dan Tokyo Wide Pass berlaku di sini. Tapi untuk Tokyo Wide Pass paling cuma bisa sampe Otsuki.

Nah di Otsuki Station setelah kamu turun dari kereta tadi langsung pindah ke Fujikyu Line. Untuk selanjutnya naik lagi kereta yang dioperasikan oleh Fujikyu Line, sebuah operator kereta swasta Jepang yang mengoperaskan rangkaian kereta di Yamanashi Prefecture, khususnya di sekitar Gunung Fuji. Pemegang JR Pass dan JR East Pass diharuskan beli tiket lagi. Sementara Tokyo Wide Pass masih dicover.

Di Fujikyu Line antara Otsuki dan Kawaguchiko, tersedia layanan lokal dan express. Untuk express tersedia Fujisan View Express. Bedanya di jumlah stasiun pemberhentian yang dilewatinya. Kalo Local berhenti di setiap stasiun sampai ke tujuan akhir di Kawaguchiko. Tentu tarifnya lebih murah dari Fujisan View Express. Oke untuk kereta ke Gunung Fuji nanti akan ada pembahasan tersendiri.

Danau Kawaguchiko dan Fujisan Ibarat Dua Sejoli

Tiba di Kawaguchiko Station kamu masih harus lanjut naik bus ke Danau Kawaguchiko. Biasanya naik bus warna merah. Bus ini bukan bus yang khusus melayani turis lho ya tapi bus umum. Jadi kamu bayar langsung ke supir-nya dan bisa jadi kamu nggak kebagian tempat duduk. Sehingga mau nggak mau harus berdiri. Tapi tenang aja, dari stasiun ke Danau Kawaguchiko cuma sekitar 20 menitan kok.

Begitu tiba di lokasi kamu bisa menikmati pemandangan Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji. Jika keduanya digabung ibaranya sejoli yang tak bisa dipisahkan. Di sinilah spot favorit untuk sekedar menyaksikan sebuah gunung terbesar di Jepang, gunung berapi yang masih aktif, dan dikeramatkan oleh orang Jepang. Dengan hamparan danau.

Tentunya menikmati keindahan gunung dan hamparan danau akan bikin tangan kita gatal untuk mengabadikan. Ya siapin aja kamera, mau DSLR atau kamera handphone boleh. Mana aja gimana enak di kamunya. Mau sekedar mengabadikan keindahan Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji. Misalkan kamu mau narsis di depannya pun nggak ada larangan. Bebas-bebas aja.

Ketika Kabut Menutupi Gunung Fuji

Sayangnya ada saat-saat tertentu dimana kita hanya bisa menyaksikan Danau Kawaguchiko saja tanpa bisa melihat Gunung Fuji. Itu akan terjadi manakala kabut tebal menutupi Gunung Fuji sang icon Negeri Matahari Terbit. Sebagaimana lazimnnya daerah pegunungan, kabut adalah fenomena alam yang sangat biasa terjadi. Tak terkecuali di kawasan Gunung Fuji.

Akan sangat disayangkan mungkin buat para turis yang sudah merencanakan untuk melihat keindahan dua sejoli ini. Hanya melihat Danau Kawaguchiko saja sama artinya dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Tanpa bisa menyaksikan Gunung Fuji gegara kabut tebal. Belum lagi yang pake jasa travel, biasanya pihak travel mematok perjanjian tak ada refund apabila Gunung Fuji tertutup kabut.

Lalu gimana caranya agar kita bisa menyaksikan keindahan Danau Kawaguchiko dan kemegahan Gunung Fuji? Nggak mungkin nggak ada solusinya. Cobalah untuk siapkan waktu paling nggak 1-2 malam menginap di area Kawaguchiko, Yamanashi Prefecture. Dengan cara itu peluang melihat dua sejoli jauh lebih besar.

Keindahan Gunung Fuji Harusnya Bisa Dinikmati dari Sini
Keindahan Gunung Fuji Seharusnya Bisa Dinikmati bahkan dari jarak yang lumayan jauh. Meski ke-spam pohon paling nggak pohon itu seolah menjadi bagian dari kemegahan dua sejoli Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji. Maka dari itu peluang terbaik untuk tetap bisa menyaksikan keindahan keduanya hanya dengan merencanakan untuk menginap 1-2 hari di sekitar Kawaguchiko.
Area Danau Kawaguchiko Bisa Ditempuh dengan Bus
Area Danau Kawaguchiko Bisa Dijangkau Dengan Bus. Di sini terdapat sentra kuliner yang menjajakan banyak makanan. Termasuk makanan halal yang bisa dimanfaatkan oleh Sobat yang beragama Islam. Sambil menikmati indahnya Gunung Fuji dari Kejauhan. Kalo lagi nggak tertutup kabut tebal.
Tempat untuk Menyetop Bus Umum ke Kawaguchiko Station
Tempat untuk mencegat Bus Umum yang siap mengantarkan kita kembali ke Kawaguchiko Station. Siapkan uang tunai untuk membayarnya langsung ke supir (pay to the driver)

Leave a Comment

Your email address will not be published.