Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko (Trip Report)

Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko (Trip Report)

Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko. Perjalanan lanjutan dari Tokyo menuju Danau Kawaguchiko untuk menyaksikan kemegahan Gunung Fuji dari dekat. Tak perlu beli tiket lagi untuk pemegang Tokyo Wide Pass. Tapi untuk yang udah punya JR Pass dan JR East Pass akan dikenakan biaya tambahan untuk naik kereta Fujikyu Railway.

Perjalanan dari Tokyo ke Kawaguchiko, Yamanashi Prefecture, untuk menyaksikan keindahan Danau Kawaguchiko dan kemegahan Gunung Fuji harus lebih dulu transit di Otsuki Station. Stasiun ini dioperasikan oleh East Japan Railway Company (JR East) dan Fujikyu Railway. Dibawah JR East jadi bagian dari Chuo Main Line yang menghubungkan Shinjuku hingga Matsumoto di Nagano Prefecture.

Sementara di bagian Fujikyu Railway stasiun ini merupakan permulaan dan terminus semua layanan baik Local dan Limited Express rute Otsuki-Mt.Fuji-Kawaguchiko pp. Jalurnya berupa single track. Karenanya jangan heran bila masih ada ritual susul silang di sini. Intinya begitu ganti dari kereta JR East ke Fujikyu tinggal pilih mau layanan lokal atau Limited Express. Tentu beda dari kenyamanan, tarif dan waktu tempuh.

Local dan Fujisan View Express

Layanan kereta yang tersedia di Fujikyu Railway ada Local dan Fujisan View Express. Sebetulnya masih ada lagi Fuji Excursion yang dioperasikan JR East dari Shinjuku langsung ke Kawaguchiko. Sebetulnya Fuji Excursion adalah bagian dari Kaiji Limited Express. Begitu tiba di Otsuki, rangkaiannya dipisah, Fuji Excursion lanjut ke Kawaguchiko sedangkan sisanya lanjut ke Kofu sebagai Kaiji Limited Express.

Beda antara Fujikyu Railway dan Fujisan View Express selain di jenis kereta juga di waktu tempuhnya. Sebagai Limited Express hanya berhenti di Mt. Fuji (Fujisan) Station dan Fujikyu Highland Station. Adapun Local udah pasti berhenti di setiap stasiun yang dilewatinya dengan waktu tempuh yang lebih lama. Tarif Fujisan View Express 1.540 Yen sementara Local 1.140 Yen. Lumayan beda 300 Yen tapi kalo mau cepat dan kenyamanan lebih bisa pilih Fujisan View Express.

Harga TIket Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko juga berlaku tarif sebaliknya
Harga tiket Local Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko yang juga berlaku di rute sebaliknya. Ini adalah harga tertanggal 13 November 2020. Untuk harga yang lebih update bisa dicek di sini https://e.fujikyu-railway.jp/fare/

Berangkat dari Otsuki Station

Untuk trip kita kali ini akan naik Local tujuan akhir Kawaguchiko Station. Keretanya mungkin udah nggak asing terutama buat kamu pengguna setia KRL Commuter Line di Jabodetabek dan Banten. Armadanya masih sama dengan mayoritas armada KRL yang ada. Kereta yang dikenal dengan JR 205 karena sebelumnya digunakan oleh JR Group. Nah versi Fujikyu Railway menggunakan nama 6000 series walaupun jenisnya sama.

Kereta Lokal Fujikyu Railway di Otsuki Station

Trip dimulai saat turun dari Kaiji Limited Express di Otsuki, masih areanya JR East bagian dari Chuo Main Line. Terus menuju pintu keluar dan masuk lagi di area Fujikyu Railway. Petugas akan menanyakan dulu JR Pass atau JR East Pass lantas mengarahkan untuk membeli tiket menuju Kawaguchiko. Pilihan jatuh pada Local yang murah dan telah tersedia pada saat itu. Walaupun kita tau perjalanan akan sedikit lebih lama. Berhenti di tiap stasiun.

Walaupun 6000 Series bekas pakai tapi nggak terlihat seperti barang bekas. Kita tetap mendapatkan kenyamanan saat menaikinya. Apalagi jumlah penumpang tak terlalu banyak. Jelas kontras dengan JR 205-nya Commuter Line sekarang yang nyaris selalu dijejali penumpang. Kereta Lokal di Fujikyu Railway hanya terdiri dari 4 kereta saja. Jalur yang akan dilewati pun semuanya single track.

Ada 16 stasiun yang akan dilewati dan disinggahi sepanjang perjalanan Local Fujikyu Railway ke tujuan akhir Kawaguchiko Station. Stasiun-stasiun tersebut antara lain:

  1. Kamiotsuki Station
  2. Tanokura Station
  3. Kasei Station
  4. Akasaka Station
  5. Tsurushi Station
  6. Yamuramachi Station
  7. Tsurubunkadaigaku-mae Station
  8. Tokaichiba Station
  9. Higashikatsura Station
  10. Mitsutoge Station
  11. Kotobuki Station
  12. Yoshiikeonsenmae Station
  13. Shimoyoshida Station (Chuerito Pagoda)
  14. Gekkoji Station
  15. Mt. Fuji Station
  16. Fuji Q Highland Station

Semua stasiun di atas berada di Yamanashi Prefecture dan dibawah operator Fujikyu Railway. Untuk melihat kemegahan dan keindahan Gunung Fuji sebetulnya bisa aja dari Chuerito Pagoda yang instagramable. Turun di Shimoyoshida Station. Tapi biasanya Danau Kawaguchiko tetap jadi pilihan dan prioritas utama.

Kereta Lokal berangkat setelah menunggu kedatangan Fujisan View Express di Otsuki. Sekali lagi karea jalurnya full single track di sini kereta harus bergantian untuk lewat. Apalagi Fujisan View Express kelasnya Limited Express di atas local. Perjalanan kali ini menempuh waktu sekitar 2 jam. Kok lama ya? Itu tadi, keretanya berhenti di setiap stasiun yang dilewatinya.

Tanpa terasa kereta tiba di Mt. Fuji Station. Sebenarnya ini adalah titik terdekat ke Gunung Fuji. Stasiun ini terintegrasi Fujitozan Bus dan merupakan keberangkatan awal menuju Fuji Subaru 5th Station, pos ke-1 pendakian Gunung Fuji via Yoshida Trail. Kereta berhenti di sini lumayan lama.

Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko Transit di Mt Fuji Station

Sejatinya Mt. Fuji Station merupakan terminus. Namun dibuat jalur lagi menuju Fuji Q Highland dan Kawaguchiko. Di sini masinis harus pindah posisi. Makanya berhentinya lumayan lama. Setelah menunggu cukup lama akhirnya kereta kembali diberangkatkan.

Di lintasan yang pendek cuma ada satu pemberhentian yakni Fuji Q Highland. Stasiun ini dekat dengan objek wisata Fuji Q Highland yang mirip sama Tokyo Disneyland dan Universal Studios di Osaka. Cuma bedanya ini berada di kaki Gunung Fuji, Yamanashi Prefecture.

Dan akhirnya setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauh dan melelahkan. Kereta tiba di tujuan akhir Kawaguchiko Station. Perjalanan selanjutnya adalah menuju Danau Kawaguchiko dengan naik bus. Fujitozan bus sebenarnya bisa juga naik dari sini. Tapi itu khusus buat yang mau mendaki gunung. Kalo cuma mau lihat dua sejoli Danau Kawaguchiko dan Fujisan (Gunung Fuji) bisa naik bus reguler berwarna merah.

Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko Lama Karena Banyak Berhenti

Bisa kita simpulkan bahwa perjalanan kita bisa lama padahal cuma petak pendek antara Otsuki-Kawaguchiko. Ibaratnya Purwakarta ke Bandung. Lama karena kita naik kereta lokal dengan konsekuensi berhenti di setiap stasiun yang dilewatinya. Beda dengan Fujisan View Express yang hanya berhenti di Tsurubunkadaigaku-mae Station, Shimoyoshida Station, Mt. Fuji Station, dan Fuji Q Highland Station.

Jelas beda, yang satu cuma Local, satunya lagi Limited Express. Local cocok buat kamu yang menginginkan harga murah dan nggak terburu-buru. Sementara Limited Express buat kamu yang memang dikejar waktu. So, mau pilih Local atau Fujisan View Express tinggal disesuaikan budget aja ya.

Kawaguchiko Station, Destinasi Akhir Trip
Kawaguchiko Station sebagai tujuan akhir trip Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko. Dari sini bisa lanjut naik bus umum ke Danau Kawaguchiko. Untuk menyaksikan keindahan Danau Kawaguchiko dan Fujisan (Gunung Fuji) seperti dua sejoli yang tak terpisahkan.

Tulisan ini dibuat dari Trip tanggal 13 November 2018. Jadi harga tiketnya pun adalah yang tertera di tanggal itu. Untuk harga yang lebih update bisa di cek di sini https://e.fujikyu-railway.jp/fare/


2 thoughts on “Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko (Trip Report)”

  1. Pingback: Foto Tikungan Tajam di Jepang - Solo Traveling ID

  2. Pingback: Tokyu 5000 Series 1954 Dimonumenkan di Oita, Akita - Manglayang ID

Leave a Reply

%d bloggers like this: