KA Lokal Bandung Raya, Komuter Tanah Priangan

by Jun 23, 2020All Exciting Adventures, Transportasi Umum0 comments

KA Lokal Bandung Raya adalah kereta lokal yang melayani wilayah Bandung Raya mulai dari Padalarang, Bandung, Cicalengka dan sebaliknya. Bahkan tersedia juga rute ke Purwakarta dan Cibatu. Pilihan praktis dan murah penunjang aktivitas harian warga Bandung. Juga alternatif untuk traveling murah dan hemat. Dengan harga tiket mulai Rp 4.000,00. Layanan hingga ke Priangan Barat dan Timur menjadikannya Komuter Tanah Priangan.

Bandung sebagai kota metropolitan di Jawa Barat memang wajib punya layanan kereta komuter untuk menunjang aktivitas warganya. Terutama mobilitas dari daerah pinggiran di Barat dan Timur menuju Pusat Kota. Biar bagaimanapun juga kereta komuter jelas merupakan moda transportasi murah, cepat dan aman. Tentunya punya keunggulan dibanding angkutan jalan raya yakni bebas macet.



Bila di wilayah Jabodetabek punya KRL Commuter Line, Bandung Raya juga punya layanan serupa. Namun bedanya dalam bentuk kereta konvensional layaknya untuk angkutan jarak jauh. Kereta ini ditarik lokomotif. Boleh dibilang masih agak ketinggalan jaman. Pasalnya di negara maju seperti Jepang jangankan komuter, untuk jarak jauh saja sudah menggunakan kereta listrik. Baik untuk layanan Limited Express ,lebih-lebih Shinkansen (Super Express).

Bahkan untuk jalur yang belum terelektrifikasi angkutan penumpang tak lagi membutuhkan lokomotif. Tapi menggunakan kereta diesel dengan teknologi mutakhir. Karenanya jangan heran bila Jepang menjadi salah satu kiblat perkeretaapian dunia.

Balik lagi ke Bandung Raya, sebagai kawasan metropolitan dimana Kota Bandung disokong oleh daerah-daerah pinggiran di wilayah Barat dan Timur, keberadaan kereta komuter perkotaan jelas merupakan satu kebutuhan. Sebuah angkutan massal yang cepat dan efisien dengan ongkos murah.

KA Lokal Bandung Raya Awalnya Menggunakan KRD

Belum ada informasi resmi kapan kereta komuter ini mulai beroperasi dan melayani masyarakat Bandung Raya. Namun satu hal yang pasti ialah Pemerintah melakukan modernisasi angkutan berbasis rel di tahun 1970-an. Boleh jadi transportasi perkotaan berbasis rel telah ada sejak era Kolonial Belanda hingga ke zaman Orde Lama. Namun teknologinya bisa jadi sudah ketinggalan zaman. Misalnya masih menggunakan kereta kayu dan lokomotif uap.

KA Lokal Bandung Raya Dulu Pakai KRD

Tahun 1976 pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mendatangkan sejumlah armada kereta rel listrik (KRL) dan kereta rel diesel (KRD) dari Nippon Sharyo Jepang. Kereta-kereta baru ini akan dinas menggantikan armada lama yang bahkan sudah beroperasi sejak zaman Kolonial Belanda. Karena masih terbatas, KRL hanya akan dioperasikan untuk koridor Jakarta Kota-Bogor dan jalur lingkar Jakarta yang sudah terelektrifikasi. Adapun sisanya menggunakan KRD, termasuk di Bandung Raya.

KRD pertama yang beroperasi adalah jenis MCW 301, mempunyai 2 pintu dan cocok untuk peron pendek. Sayang umur KRD ini nggak lama karena minimnya perawatan dan sering mengalami kerusakan mesin. Akhirnya terpaksa ditarik lokomotif. Bahkan seiring berjalan waktu malah dimodifikasi jadi kereta biasa dengan kode K3 76. Kereta ini baru benar-benar pensiun di tahun 2017 dan sekarang telah di rucat di Purwakarta dan Cikaum.

Di tahun 1980-an, kereta buatan Jepang kembali datang, kali ini MCW 302. Kereta ini pernah beroperasi sebagai KRD Lokal Bandung Raya. Sebagian lagi beroperasi sebagai KRD Patas Bandung Raya. Di tahun 2000-an, giliran KRDE ex-BN Holec dioperasikan di koridor ini sebagai KRD Baraya Geulis dan KRD Rencang Geulis. Masa dinasnya memang nggak lama karena ternyata armada modifikasi ini justru sering mengalami masalah.

Sebaliknya justru MCW 302 yang malah lebih awet dan beroperasi hingga tahun 2014 sebagai KRD Patas Bandung Raya Non-AC. Sebelum dihentikan operasionalnya di pertengahan tahun yang sama dalam rangka penyederhanaan layanan. Terutama setelah KA Lokal Bandung Raya dilengkapi fasilitas AC Split. Pertama kali beroperasi sebagai KRD makanya jangan heran bila banyak orang sering menyebut kereta komuter ini sebagai KRD. Bahkan orang KAI sendiri menyebutnya demikian. Meski sudah menggunakan armada kereta konvensional.

Rute Kereta Spirit Bandung Metropolitan Area

KA Lokal Bandung Raya - Layani Padalarang Bandung hingga Cicalengka

KA Lokal Bandung Raya melayani rute Padalarang-Bandung-Cicalengka PP. Benar-benar sesuai dengan namanya bahkan menjadikannya sebagai Spirit Bandung Metropolitan Area. Jelas sekali kereta ini membuktikan Kota Bandung yang disokong kota-kota satelit di sekitarnya seperti Padalarang, Cimahi, Rancaekek hingga Cicalengka. Mengingat kawasan kota sudah sedemikian padat, pemukiman warga mulai bergeser ke kawasan pinggiran.

Banyak sekali pekerja Kota Bandung yang justru tinggal di daerah pinggiran. Jelas sekali membutuhkan dukungan moda transportasi massal yang memadai (aman, cepat dan murah). Bayangkan jika setiap harinya puluhan kendaraan bermotor memadati jalan-jalan dari kawasan pinggiran menuju Kota Bandung sebagai pusat perniagaan. Kebayang deh macetnya kaya gimana. Makanya itu keberadaan kereta api jelas sangat membantu warga di pinggiran supaya mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.

Untuk jalurnya sendiri masih menggunakan jalur utama Padalarang-Kasugihan sampai dengan Stasiun Cicalengka. Sebenarnya ini merupakan jalur utama yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya via Bandung. Termasuk bagian dari jalur KA Jakarta Bandung via Cianjur yang pertama kali beroperasi di tahun 1884. Malah di bulan September 1884 jalurnya sudah sampai Cicalengka. Dimana saat ini Stasiun Cicalengka jadi terminus untuk layanan komuter Bandung Raya.

Kereta komuter yang punya sejarah panjang walaupun belum jelas kapan awal mula beroperasi. Jalurnya pun bagian dari jalur legendaris yang pertama kali dibangun untuk menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan wilayah Timur Pulau Jawa.

Tersedia Rute ke Purwakarta dan Cibatu

Ternyata rute kereta ini nggak berhenti sampe di Stasiun Padalarang dan Stasiun Cicalengka. Tersedia rute menuju Stasiun Purwakarta dan Stasiun Cibatu. Perluasan rute ini mulai berlaku di Gapeka 2014. Tentunya dengan destinasi akhir yang semakin diperluas bukan cuma kaum penglaju (komuter) yang terlayani. Kereta ini sangat membantu kalangan Backpacker yang ingin berwisata dengan harga murah.

Tersedia Rute Purwakarta dan Cibatu

Misalnya dari Bandung ke Purwakarta atau sebaliknya. Rute ini dilayani KA Argo Parahyangan (dua kali), KA Serayu (satu kali), KA Ciremai Ekspres, KA Harina, KA Malabar dan KA Mutiara Selatan. Kadang untuk harga tiketnya dihitung penuh dari Jakarta ke Bandung. Kalopun ada tarif parsial biasanya di kisaran Rp 50.000,00. Jelas lumayan menguras dompet.

Karenanya keberadaan KA Lokal Bandung Raya sangat membantu para Backpacker yang ingin bepergian dari Bandung ke Purwakarta dan sebaliknya. Rangkaian kereta yang rutenya ke Purwakarta tersedia Cicalengka-Purwakarta.

Adapun untuk rute Cibatu tersedia Padalarang-Cibatu PP. Ini sangat membantu terutama buat penglaju yang berada di Garut dan sekitarnya. Juga membantu backpacker dari Bandung dan Garut yang ingin liburan dengan harga semurah mungkin. Seperti kita ketahui, Garut menyediakan banyak objek wisata terutama wisata alam. Makanya keberadaan kereta ini sangat mendukung Pariwisata Kabupaten Garut.

Mengingat rutenya yang sudah semakin meluas hingga melayani masyarakat Priangan Barat dan Timur, sah-sah saja menyebut kereta ini sebagai Kereta Komuter Priangan. Rute Purwakarta melayani Priangan Barat sedangkan Cibatu di Priangan Timur seperti Nagreg, Leles, Karangsari, Leuwigoong dan Cibatu sendiri.

Tambahan info, berdasarkan Gapeka 2021 untuk rute Purwakarta-Kiaracondong dan Kiaracondong-Cibatu dilayani KA Elok Cibatu no.448 menggunakan satu rangkaian full trip dari Stasiun Purwakarta ke Cibatu. Jelas sangat menguntungkan daripada sebelumnya mesti transit Kiaracondong dan bayar 2x Rp 7.000,00 sehingga bila ditotal jadi Rp 14.000,00. Adapun Elok Cibatu cukup bayar Rp 8.000,00 saja jauh dan dekat.

Harga Tiket KA Lokal Bandung Raya Mulai Rp 4.000,00

Harga Tiket KA Lokal Bandung Raya Mulai Rp 4000

Kereta komuter pastinya harus murah dong. Nah kereta komuter Priangan ini tarifnya dipatok mulai Rp 4.000,00. Apakah dengan uang segitu kita udah bisa ngelancong sampe ke Purwakarta dan Cibatu? Eits tunggu dulu. Biasanya tarif itu dipatok berdasarkan rute yang ditempuh kereta. Untuk tarif Rp 4.000,00 biasanya di Padalarang-Kiaracondong/Bandung PP atau Cicalengka-Kiaracondong/Bandung PP. Untuk full dari Padalarang ke Cicalengka tarifnya Rp 5.000,00.

Sementara itu Cicalengka-Purwakarta dan Purwakarta-Kiaracondong Rp 7.000,00. Tarif yang sama juga berlaku untuk koridor Padalarang-Cibatu. Jadi tarifnya cukup bervariasi. Meski demikian tarif yang diberlakukan di sini adalah single rate. Mau jauh atau dekat tetap segitu. Misalnya dari Kiaracondong ke Bandung tapi naiknya yang jurusan Purwakarta tetap kena Rp 7.000,00. Begitu juga Padalarang ke Cimahi kalo naiknya jurusan Cibatu.

jadi kalo sobat traveler nggak kepengen kantongnya terkuras karena bayar lebih mahal perlu cek lagi rutenya. Kalo cuma Padalarang-Bandung doang sih disarankan naik jurusan Cicalengka yang Rp 5.000,00. Malah kalo beruntung bisa dapat jurusan akhir Kiaracondong dengan tarif Rp 4.000,00. Kesimpulannya harga tiket KA Lokal Bandung Raya dipatok berdasarkan terminus atau stasiun tujuan akhir.

Yang jelas tarif murah jelas sangat menguntungkan para komuter yang sehari-harinya sangat mengandalkan kereta ini. Demikian pula buat Backpacker yang ingin wisata murah ke Purwakarta, Bandung dan Garut.

Jadwal Perjalanan

Sobat Traveler, pengen rasain sensasi traveling murah meriah naik KA Lokal Bandung Raya? Berikut jadwal perjalanan lengkapnya (Gapeka 2021):

A. Cicalengka – Padalarang
KA/STCCLHRPRCKCMKKACCTHBDCIRCMDCMIGKPDL
44304.2504.3504.4404.5205.0605.1305.2505.3505.4505.52B/S06.03
44505.1505.2305.3105.3905.5105.5806.0706.1506.2806.34B/S06.45
44906.4006.4806.5707.0507.2207.2907.5508.1008.2108.28B/S08.39
45308.5009.0009.0809.1609.4109.5010.1110.2010.3110.39B/S10.51
45509.4009.4909.5810.0710.3210.4010.5811.1511.2611.34B/S11.45
45710.5511.0911.2111.2911.5211.5912.1512.2512.3512.42B/S13.53
45911.5011.5312.0712.1512.3012.3712.5013.0513.1513.22B/S13.33
46112.5513.0313.2313.4114.0214.0914.1714.2514.3514.42B/S14.53
46314.0014.1414.2414.3814.5114.5815.1015.1815.2815.35B/S15.46
46514.4514.5715.0515.1315.2715.3415.4315.5716.0916.17B/S16.28
46715.5516.1016.2116.3516.5817.0517.1717.2717.3717.44B/S17.55
46916.5517.0917.3717.5018.0308.1018.2218.3118.4118.48B/S18.59
47118.0518.1518.2318.4519.0019.0719.1719.2719.3719.44B/S19.55
47318.5519.2219.4019.5220.0920.1620.2620.3420.4420.51B/S21.02
47519.4519.5420.0620.3021.0521.1221.2121.2921.3921.46B/S21.57
47922.0022.0822.2022.2822.4222.4922.5723.0723.1423.22
48123.1023.2923.3723.4523.5900.0600.1800.2500.3100.39
48323.2023.2723.3723.4723.5400.02

Keterangan:

CCLCicalengkaBDBandung
HRPHaurpugurCIRCiroyom
RCKRancaekekCMDCimindi
CMKCimekarCMICimahi
KACKiaracondongGKGadobangkong
CTHCikudapateuhPDLPadalarang
B/SBerhenti SebentarLsBerjalan Langsung

Harga Tiket:

RuteTarif (Rp)
Padalarang – Cicalengka 5.000
Padalarang – Kiaracondong4.000
Kiaracodnong – Cicalengka4.000

Harga tiket di atas berlaku untuk semua stasiun di sepanjang rute tersebut. Baik jauh atau dekat. Selama stasiunnya berada di rute Cicalengka-Padalarang dikenakan tarif Rp 5.000. Begitupula di rute Cicalengka-Kiaracondong, Bandung-Padalarang, dan Kiaracondong-Padalarang tarifnya Rp 4.000 jauh atau dekat.


B. Padalarang – Cicalengka
KA/STPDLGKCMICMDCIRBDCTHKACCMKRCKHRPCCL
44403.3003.4803.58
44604.0004.1704.3304.39
45004.45B/S04.5805.0505.1605.2405.3105.5306.0106.1306.19
45206.40B/S06.5307.0007.1507.2907.3707.5208.0508.1308.2108.27
45407.15B/S07.2807.3507.4707.5808.0608.2408.3808.4608.5809.04
45608.30B/S08.4308.5009.0009.0809.1609.2709.5910.2910.4110.47
45809.20B/S09.3309.4009.5410.1510.2510.4010.5311.0111.1111.17
46010.40B/S10.5311.0011.1011.2311.3111.4211.5512.0912.1712.23
46211.20B/S11.3311.4011.5012.0312.1112.2812.4312.5113.1513.21
46412.35B/S12.4812.5513.1413.2313.3113.4313.5614.0414.1214.18
46613.25B/S13.3813.4513.5514.1014.1814.2514.4014.4914.5915.05
46814.25B/S14.3814.4514.5515.0615.1415.2515.5016.0016.0816.14
47015.25B/S15.3815.4515.5516.0516.1316.2216.3716.5917.0717.12
47216.20B/S16.3316.4016.5017.1517.2317.3717.5218.0018.1318.19
47417.15B/S17.2817.3517.4518.0018.0818.1618.4318.5119.0319.09
47618.20B/S18.3318.4018.5018.5819.0519.1219.4920.0220.1520.21
47819.20B/S19.3319.4019.5120.1020.1820.3420.5721.0921.1721.23
48020.35B/S20.4820.5521.0521.1421.2221.3421.4721.5522.1022.16
48222.2022.3022.3722.4722.5523.00
48423.5500.0500.2000.30
48800.3000.4000.5501.05

Keterangan:

PDLPadalarangCTHCikudapateuh
GKGadobangkongKACKiaracondong
CMICimahiCMKCimekar
CMDCimindiRCKRancaekek
CIRCiroyomHRPHaurpugur
BDBandungCCLCicalengka
B/SBerhenti Sebentar

Harga Tiket:

RuteTarif (Rp)
Padalarang – Cicalengka 5.000
Padalarang – Kiaracondong4.000
Kiaracodnong – Cicalengka4.000

Harga tiket di atas berlaku untuk semua stasiun di sepanjang rute tersebut. Baik jauh atau dekat. Selama stasiunnya berada di rute Padalarang-Cicalengka dikenakan tarif Rp 5.000. Begitupula di rute Padalarang-Kiaracondong dan Kiaracondong-Cicalengka tarifnya Rp 4.000 jauh atau dekat.


C. Cicalengka – Purwakarta
KA/STCCLHRPRCKCMKKACCTHBDCIRCMDCMI
47720.5021.0121.1121.2121.3521.4222.2122.2922.3922.46
PDLCLESKTMSIRHCDPLDSUTCAPWK
22.5623.1923.3223.5800.0600.1300.3100.3900.5201.02

Keterangan

B/SBerhenti Sebentar
KANomor Kereta Api (Perka)STStasiun
CCLCicalengkaPDLPadalarang
HRPHaurpugurCLECilame
RCKRancaekekSKTSasaksaat
CMKCimekarMWIMaswati
KACKiaracondongRHRendeh
BDBandungCDCikadongdong
CIRCiroyomPLDPlered
CMDCimindiSUTSukatani
CMICimahiCACiganea
GKGadobangkongPWKPurwakarta

Mulai Gapeka 2021, perjalanan KA Lokal Bandung Raya dari Stasiun Purwakarta ke Stasiun Kiaracondong menggunakan rangkaian KA Elok Cibatu dengan tujuan akhir Stasiun Cibatu. Tarif Rp 8.000,00. Untuk Cicalengka ke Purwakarta masih berlaku tarif Rp 7.000,00.


D. Purwakarta-Cibatu PP dan Padalarang – Cibatu PP
Stasiun / No. KA448442482Stasiun / No.KA447451441
Purwakarta03.5517.30Cibatu04.4006.5510.35
Cilame04.0717.42LeuwigoongB/SB/SB/S
Sukatani04.1917.55Karangsari05.1107.1110.50
Plered04.2818.09Leles05.2207.2211.06
Cikadongdong04.4618.27Nagreg05.4607.5411.41
Rendeh04.5418.35Cicalengka06.0508.1112.05
Maswati05.1018.44Haurpugur06.1508.3412.19
Sasaksaat05.2019.04Rancaekek06.3608.4912.29
Cilame05.4519.17Cimekar06.4408.5812.41
Padalarang05.5919.3621.30Kiaracondong06.5809.1312.54
GadobangkongB/SB/SCikudapateuh07.0609.2013.01
Cimahi06.1419.4721.43Bandung07.1509.3713.37
Cimindi06.2119.5421.50Ciroyom07.2309.50
Ciroyom06.3122.02Cimindi07.3310.0013.47
Bandung06.4020.4322.15Cimahi07.4010.0713.54
Cikudapateuh06.4820.5122.24GadobangkongB/SB/S
Kiaracondong06.5721.0222.41Padalarang07.5110.1814.26
Cimekar07.1721.1922.54Cilame14.39
Rancaekek07.3921.2723.07Sasaksaat14.56
Haurpugur07.4721.3523.19Maswati15.17
Cicalengka08.1321.4323.45Rendeh15.32
Nagreg08.5922.0000.03Cikadongdong15.40
Leles09.2522.2900.26Plered16.13
Karangsari09.3522.3900.36Sukatani16.22
LeuwigoongB/SB/SB/SCiganea16.34
Cibatu09.4922.5300.50Purwakarta16.44

Keterangan:

KA 448, 442 dan 441 adalah KA Elok Cibatu dengan harga tiket Rp 8.000,00. Rute Padalarang-Cibatu dan sebaliknya masih berlaku tarif Rp 7.000,00


KA Lokal Bandung Raya dan Integrasi Antar Moda

Sebagai kereta komuter perkotaan sudah seharusnya jadwal dan rute KA Lokal Bandung Raya terintegrasi dengan sesama lokalan maupun Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Stasiun yang mendukung integrasi ini antar kota antaralain: Stasiun Purwakarta, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Cibatu. Stasiun Purwakarta melayani integrasi dengan KA Walahar Ekspres rute Purwakarta – Cikarang PP.

Adapun Stasiun Cibatu dengan rangkaian kereta lokal jurusan Stasiun Garut (GRT). Hingga tulisan ini direlease, Stasiun Garut (GRT) sejatinya telah siap untuk melayani penumpang. Namun sayang karena pandemi Covid-19 stasiun yang sempat vakum selama 36 tahun tersebut harus bersabar lagi hingga pandemi usai. Walaupun sebenarnya jadwal perjalanan kereta lokal tujuan Stasiun Garut (GRT) telah tersedia.

Untuk integrasi dengan moda transportasi lainnya, tersedia di hampir semua stasiun yang melayani perjalanan KA lokal Bandung Raya. Terutama moda transportasi angkot. Integrasi dengan Bus Rapid Transit (BRT) tersedia di Stasiun Bandung untuk rute Dago-Leuwipajang, Cicaheum-Cibeureum (arah Cicaheum), dan St. Hall – Antapani. Kemudian di Stasiun Cikudapateuh untuk rute Cicaheum-Cibeureum, Cicaheum-Leuwipanjang dan Cibiru-Kebon Kalapa. Rata-rata BRT ini dioperasikan oleh Damri


TIPS: Untuk sobat yang mau ke Cicaheum disarankan untuk turun di Stasiun Cikudapateuh.


Dukungan Untuk Pariwisata

KA Lokal Bandung Raya merupakan alternatif paling pas untuk berwisata dengan harga murah. Sejumlah tempat wisata bisa diakses dengan kereta ini. Walaupun mesti lanjut naik transpiortasi lainnya seperti bus, angkot hingga transportasi online. Berikut tempat wisata yang bisa diakses KA Lokal Bandung Raya:

  • Alun Alun Bandung (jalan kaki kurang lebih 10 menit dari Stasiun Bandung)
  • Alun Alun Ujung Berung (BRT Damri Cibiru-Kebon Kalapa dari Stasiun Cikudapateuh ambil arah Cibiru)
  • Saung Angklung Mang Udjo (BRT Cicaheum-Cibeureum dari Stasiun Cikudapateuh ambil arah Cicaheum)
  • Trans Studio Bandung (angkot/transpirtasi online dari Stasiun Kiaracondong)
  • Situ Ciburuy (angkot jurusan Rajamandala dari Stasiun Padalarang)
  • Stone Garden (angkot jurusan Rajamandala dari Stasiun Padalarang)
  • Curug Cimahi (transportasi online dari Stasiun Padalarang)
  • Bendungan Cirata (naik angkot/ojek dari Stasiun Rendeh)
  • Sentra kerajinan Keramik Plered (dekat dengan Stasiun Plered)
  • Situ Wanayasa (angkot/transportasi online dari Stasiun Purwakarta)
  • Situ Bagendit (angkot dari Stasiun Cibatu)

Kontributor:
Ardhi Wiryawan (Jadwal KA lokal Bandung Raya)


%d bloggers like this: