Getting Around Bandung

Kamojang Hill Bridge Bandung

Kamojang Hill Bridge Bandung, jembatan kuning mirip Sydney Harbor Bridge, terletak di jalur alternatif dari Bandung ke Garut. Biasanya banyak dipilih ketika musim mudik lebaran. Meski harus melewati jalur ekstrem. Namun lebih dari itu jembatan yang juga dikenal sebagai Cukang Monteng ini bisa jadi objek wisata Sightseeing (Pemandangan) dan Spot Instagramable.

[INFOGRAFIS] Kamojang Hill Bridge Bandung

Untuk menjangkau jembatan ini memang sedikit agak sulit. Posisinya lumayan tersembunyi karena berada di jalur alternatif antara Bandung dan Garut. Jalur ini banyak dipilih oleh pemudik di musim mudik lebaran atau libur panjang. Menghindari kemacetan parah yang udah jadi ritual rutin di daerah Nagreg dan sekitarnya. Dikenal ekstrem karena keberadaan tanjakan Monteng yang (katanya) mematikan.

Sebenarnya bisa aja melewati Majalaya. Dari Kota Bandung kebetulan udah tersedia Trans Metro Bandung (TMB) dari Leuwi Panjang ke Majalaya. Hanya saja untuk mencapai spot instagramable ini mesti menggunakan transportasi lanjutan. Sayangnya pilihan yang tersedia cukup terbatas. Paling cuma ada angkot atau ojek konvensional. Nah kalo mau ngojek mesti pintar-pintar negosiasi.

Meski demikian keberadaan jembatan ini jelas sangat penting. Dalam rangka menunjang perekonomian Kabupaten Bandung. Khususnya daerah Majalaya dan sekiatarnya, terutama di bagian selatan yang mengarah ke Garut.

Kamojang Hill Bridge Bandung Akses Menuju Kawasan Wisata Kamojang di Garut

Meski jadi batas wilayah dengan Kabupaten Garut, secara administrasi Kamojang Hill Bridge atau Jembatan Cukang Monteng berada di Ibun, Kabupaten Bandung. Sebetulnya jembatan ini tergolong baru. Karena sebelum dibangun, akses dari Majalaya menuju Garut harus melewati tanjakan Monteng yang terkenal ekstrem dan mematikan. Tanjakan ini merupakan Jalan Raya Paseh-Kamojang.

Nah setelah jembatan jadi otomatis banyak yang lebih memilih melewati jalur baru dari Jalan Patrol ke Cisemut terus ke arah Kamojang Garut menyeberangi Kamojang Hill Bridge. Daripada harus lewat jalur lama yang terkenal mematikan.

Dari atas jembatan Cukang Monteng ini kita bisa melihat pemandangan yang sangat bagus. Mulai hamparan sawah, bagian Gunung Guntur Garut yang terkesan menyeramkan gegara disebut jadi hunian banyak harimau dan sering terdengar suara auman keras bisa dilihat dari sini. Begitupula Gunung Kamojang. Selain itu Kamojang Hill Bridge jadi akses menuju kawasan wisata Kamojang Garut.

Destinasi Sightseeing dan Spot Instagramable

Kamojang Hill Bridge yang sekilas mirip Sydney Harbor Bridge menjadi pesona tersendiri di wilayah Ibun sebelah selatan Kabupaten Bandung. Bukan cuma jadi akses perekonomian penting dan pariwisata, jembatan ini bahkan bisa jadi destinasi sightseeing yakni wisata untuk sekedar menikmati panorama. Baik jembatan itu sendiri maupun pemandangan alam di sekitarnya.

Selain itu banyak juga pengendara yang sering berhenti untuk sekedar foto-foto di sini. Secara Kamojang Hill Bridge saat ini udah jadi semacam spot Instagramable. Cuma perlu diingat, sangat disarankan buat kamu yang pengen lewat jalur ini supaya jalannya di pagi dan siang hari. Kalo udah malam lokasi ini disebut rawan kejahatan begal.

Walaupun jalurnya nggak semematikan tanjakan Monteng (jalan lama), tetap aja jalur ini nggak bisa dilewati bus berukuran besar. Paling banter cuma bus kecil, mobil travel, dan kendaraan pribadi (termasuk sepeda motor).


Kontributor Foto:

  • Muhammad Gunawan

1 thought on “Kamojang Hill Bridge Bandung”

  1. Pingback: Kamojang Hill Bridge Berkabut (Mudik ke Garut) - Manglayang ID

Leave a Comment

Your email address will not be published.