20210428 Kawagoe Town North West di Demon Slayer (1)

Kawagoe Town North West di Demon Slayer?

Benarkah Kawagoe Town North West of Mount Sigiri di Demon Slayer (Kimetsu No Yaiba)? Jika ditelusuri sekilas dari segi fisik arsitektur bangunan memang ada kemiripan antara keduanya. Baik di dunia nyata maupun di Anime. Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata unggulan di Saitama Prefecture dan bisa ditempuh sekitar 1 jam dari Tokyo. Secara memang masuk Tokyo Metropolitan Area.

Sebagai film anime terlaris yang pernah ada, Demon Slayer (Kimetsu No Yaiba) memang nggak ada habisnya untuk di review. Film ini banyak digemari bahkan oleh mereka yang sebelumnya nggak begitu familiar dengan dunia Manga ataupun Anime. Jalan cerita film ini memang sederhana dan nggak ribet.

Diawali dengan Tragedi Pembantaian Keluarga Kamado oleh Muzan Kibutsuji (sosok King of Demon yang jadi Main Antagonist dalam series ini). Hanya menyisakan adik perempuannya, Nezuko, yang telah dirubah menjadi demon, Tanjiro Kamado bertekad kuat untuk membalas pembantaian ini. Di saat dirinya sedang tak ada di rumah karena harus bekerja untuk menafkahi keluarganya (tanggung jawab besar sebagai anak tertua sepeninggal ayahnya). Karenanya dia bergabung dengan Demon Slayer Corps.

Setelah melalui serangkaian pelatihan yang panjang dan melelahkan. Ditambah mengikuti seleksi dengan taruhan nyawa. Akhirnya Tanjiro berhasil menjadi anggota Demon Slayer Corps. Perjalanan untuk mengobati adiknya (mengembalikannya jadi manusia lagi) dan menyelamatkan umat manusia dimulai dari sebuah kota kecil di Barat Daya Mount Sigiri, kediaman Urokodaki-Sama. Sedikit tambahan, setelah tragedi itu dan selama menjalani proses pelatihan hingga lulus, Tanjiro dan adiknya tinggal bersama Urokodaki-Sama.

Kota kecil itu disebut Town of The North West (Town Norh West). Seperti pesan yang dibawakan oleh Kasugai Crowd, asisten Tanjiro setelah gabung Demon Slayer Corps. Di kota tersebut banyak gadis perawan hilang secara misterius. Ternyata itu semua adalah ulah Swamp Demon, salah satu demon yang berhubungan dengan Muzan. Tugas pertama Tanjiro memburu dan menumpas demon tersebut, sekaligus menyelamatkan para gadis di sana.

Kawagoe, Town North West “Mount Sigiri”, Bukan Cocokologi Memang Ada Kemiripan

20210428 Kawagoe Town North West Mount Sigiri di Demon Slayer (Kimetsu No Yaiba) (2)

Ternyata kota kecil itu ada lho di dunia nyata. Kota tersebut diketahui Kawagoe, di Saitama Prefecture. Salah satu destinasi wisata di Tokyo Metropolitan Area yang menawarkan suasana kota tradisional di zaman Edo. Terlihat bangunan-bangunannya merupakan bangunan di era tersebut. Kaitannya dengan Demon Slayer (Kimetsu No Yaiba), Town of The North West sekilas memang beneran Kawagoe. Dari bangunan-bangunanya aja punya kemiripan.

20210428 Kawagoe Saitama Prefecture (3)

Selain itu ada sungai bernama Iruma River yang membelah Kawagoe. Nah, Tanjiro menyeberangi sebuah sungai lebih dulu sebelum masuk ke kota yang akan dituju. Sungai tersebut diduga kuat Iruma River. Memang ada beberapa jembatan yang jadi akses masuk Kawagoe. Bedanya dengan di anime yang masih jembatan kayu, di dunia nyata jembatan-jembatan tersebut udah jauh lebih modern. Berbentuk jalan biasa, jalan tol, hingga jalur kereta milik JR East (Kawagoe Line) dan Tobu-Tojo Line.

Iruma River di Anime bahkan dilintasi perahu. Jadi akses transportasi dan logistik. Berbeda dengan sekarang yang sekedar sungai dan nggak terlalu besar. Bisa jadi memang ada perubahan karena setting anime Demon Slayer adalah Taisho Era. Tapi yang jelas secara umum bangunan-bangunan yang ada di Town of North West ada kemiripan dengan Kawagoe.

Kawagoe yang dapat sebutan “Little Edo” bisa ditempuh dari Tokyo kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kereta JR East dari Shinjuku Station ke Omiya Station lebih dulu udah itu lanjut lagi naik commuter Rapid Kawagoe Line. Alternatif kedua via Hachioji Station lanjut local ke Kawagoe.

“Mount Sigiri” di Kanagawa Prefecture?

Nah kalo benar Kawagoe Town Norh West of Mount Sigiri, bisa jadi posisi Mount Sigiri di dunia nyata itu ada di Kanagawa Prefecture. Diduga yang dimaksud Mount Sigiri antara Mount Oyama dan Mount Tanzawa di sana. Diliat dari maps jaraknya lumayan jauh dari Kanagawa ke Kawagoe di Saitama Prefecture. Memang posisi Kanagawa masih di sekitaran Tokyo. Tapi jaraknya itu lho, kok Tanjiro kuat banget ya jalan kaki sejauh itu? Sambil memanggul adiknya lagi.

Ditambah lagi sehabis tragedi pembantaian kan diminta ke Mount Sigiri. Lagi-lagi jarak tempuh yang begitu panjang harus dilewati. Dari kampung halamannya di Mount Kumotori, Okutama, ke Mount Sigiri yang diperkirakan berada di Kanagawa Prefecture. Padahal waktu itu Tanjiro belum terlatih dengan baik. Hmm, meski lagi latihan ngos-ngosan terutama di awal, tapi masih bisa menempuh jarak yang demikian jauh dengan jalan kaki.

Dimanapun itu yang jelas beberapa set dalam anime Demon Slayer (Kimetsu No Yaiba) memang ada di dunia nyata. Selain Town of The North West tadi yang ternyata sangat mirip Kawagoe di Saitama Prefecture, juga ada Mount Kumotori, titik tertinggi di Tokyo, kampung halaman Tanjiro Kamado. Nanti akan ada pembahasannya sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: