Kecelakaan Pesawat di India Air India Express 1344

Kecelakaan Pesawat di India, Air India Express 1344

Kecelakaan Pesawat di India Jum’at (7/8) malam menimpa sebuah Boeing 737-800 milik maskapai Air India Express. Penerbangan rutin dari Dubai tersebut tergelincir ketika mendarat di Bandara Internasional Calicut Kozhikode, Kerala, India. Sampai tulisan ini di release, tercatat 18 korban tewas (termasuk 2 pilot) dari seluruh 190 penumopang.

Ketika dunia masih berkabung dan tersentak akibat ledakan dahsyat di Lebanon sehari sebelumnya, musibah kembali terjadi. Kali ini menimpa dunia penerbangan negeri Bollywood. Sebuah penerbangan reguler yang melayani rute Dubai (Uni Emirat Arab) – Kerala (India) mengalami musibah ketika mendarat di bandara. Kebetulan kondisi landasan pada saat itu basah karena diguyur hujan cukup lebat.

Untuk kesekian kalinya terjadi insiden kecelakaan pesawat. Di Indonesia aja belum lama ini viral video sebuah pesawat cargo jenis Boeing 737-300 punya Trigana Air mengalami hard landing di Bandara Wamena Papua. Namun insiden tersebut nggak sampe memakan korban jiwa. Hanya pesawatnya aja yang mengalami kerusakan. Terutama bagian sayap. karena ketika hendak mendarat pesawat nampak miring.

Balik lagi ke musibah kecelakaan pesawat di India pada Jum’at (7 Agustus 2020) malam waktu setempat. Pesawat tersebut sebetulnya termasuk jenis Boeing 737 seperti cargo yang mengalami insiden di Wamena. Namun bedanya ini pesawat penumpang berjadwal jenis Boeing 737-800. Usianya jelas lebih muda. Malah jenis ini sekarang banyak digunakan, terutama untuk penerbangan jarak pendek dan menengah.

Air India Express Flight 1344 Jemput Warga India Terjebak di Dubai dan Sempat 2 Kali Coba Mendarat

Pesawat Boeing 737-800 Air India Express Flight 1344 sejatinya merupakan pesawat yang disewa oleh Pemerintah India untuk menjemput warganya yang terjebak di Dubai, Uni Emirat Arab. Imbas dari larangan meninggalkan negeri tersebut gegara pandemi Covid-19. Flight 1344 mengangkut 190 penumpang dan kru. Diterbangkan oleh Captain Deepak Sathe (Pilot) dan Akhilesh Kumar (Co-Pilot).

Ketika hendak mendarat di Bandara Internasional Colicut di Kerala turun hujan lebat. Pilot sempat dua kali mencoba mendarat. Saksi korban selamat menyebut ketika hendak mendarat di Kerala pesawat dalam kondisi tak stabil. Kecelakaan terjadi saat percobaan mendarat ke-3 dimana Boeing 737-800 tersebut menyentuh landasan (touch down).

Bandara Internasional Calicut (CCJ), Kozhikode, Kerala termasuk bandara sulit. Landasan pacu (runway) tipe table-top dengan turunan curam di salah satu ujungnya. Jadi bandara tersebut terletak di atas sebuah bukit. Beberapa hari terakhir Kerala dilanda hujan lebat. Flight 1344 tergelincir di landasan, mengalami overshoot hingga akhirnya jatuh ke jurang sedalam 35 feet dan terbelah dua.

Kecelakaan Pesawat di India 7 Agustus 2020 Mengulang Tragedi Mangaluru 2010

Kecelakaan yang memakan korban 18 penumpang di Kerala bukan yang pertama kali terjadi. Di India sendiri namanya kecelakaan pesawat apalagi yang makan korban dalam jumlah besar udah beberapa kali terjadi. Bahkan dari tahun 1960-an. Garuda Indonesia dan Japan Airlines juga pernah mengalami insiden di salah satu bekas koloni Inggris tersebut.

Namun kecelakaan pesawat di India yang mirip-mirip sama kejadian di Kerala 7 Agustus 2020 kemarin itu pernah terjadi 10 tahun lalu di Mangaluru, Karnataka. Pesawat setipe, juga dioperasikan Air India Express dan sama-sama dari Dubai juga mengalami overshoot (tergelincir) saat mendarat ke bukit dan terbakar. Tragedi Mangaluru makan korban tewas 158 penumpang.

Kasus pesawat tergelincir di Mangaluru juga terjadi tahun lalu. Lagi-lagi melibatkan penerbangan dari Uni Emirat Arab. Namun nggak sampe memakan korban dan hanya menimbulkan kepanikan dari 181 penumpang. Panjang landasan Mangaluru 2.460 meter, lebih pendek 400 meter dari landasan pacu Bandara Internasional Calicut, Kozhikode (2.860 meter).

Pihak Directorate General of Civil Aviation (DGCA) sejatinya telah menutup Kozhikode untuk penerbangan menggunakan pesawat narrow-body seperti Boeing 737-800 karena kondisi landasan yang sulit dan ekstrem tersebut. Pesawat jenis ini membutuhkan landasan yang lebih panjang guna meminimalisir insiden fatal ketika terjadi overshoot. Terlebih di saat cuaca ekstrem.

Tercatat selain Mangaluru dan Calicut, beberapa bandara di India juga dibangun di atas bukit. Diantaranya Bandara Lengpui (Mizoram), Pakyong di Sikkim, Bandara Simila dan Bandara Kullu (keduanya di Himachal Pradesh). Seperti halnya Bandara Internasional Paro di Bhutan dan Bandara Internasional Kathmandu di Nepal.


Referensi:


Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: