Kereta Luar Biasa (KLB) Perhatikan 5 Hal

Kereta Luar Biasa (KLB), Perhatikan 5 Hal !!

[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}” theme_builder_area=”post_content”][et_pb_row _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}” theme_builder_area=”post_content”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}” theme_builder_area=”post_content”][et_pb_text _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” theme_builder_area=”post_content” sticky_enabled=”0″]

 Kereta Luar Biasa (KLB) selalu menjadi daya tarik tersendiri. Beda dengan kereta reguler berjadwal, ini berjalan secara insidentil. Makanya tak heran jika banyak yang memburunya untuk dijadikan koleksi foto dan semisalnya. Boleh saja mengambil foto atua video, cuma perhatikan dulu 5 hal berikut: ibadah, kewajiban utama, waktu senggang, safety, dan protokol kesehatan (prokes)

Terutama buat pecinta kereta, kira-kira apa yang ada di benak kamu tentang kereta nggak berjadwal ini? Pasti banyak yang menjawab wajib untuk diabadikan. Bahkan bila perlu bolos gitu kan? Demi mendapatkan momen yang sangat jarang bahkan cenderung langka ini. Terlebih sebagiannya merupakan kereta-kereta dinas dan inspeksi yang sehari-harinya cuma berdiam diri di dalam Dipo. Salah satunya Kereta Ukur Jalan Rel (KUJR). Kereta dinas itu sehari-harinya menginap di Dipo Khusus nggak jauh dari Stasiun Bandung. 

Alasan lainnya ialah prestise, mendapatkan kereta non-reguler akan meningkatkan prestise hingga mendapat kedudukan bagus di dunia penggemar kereta api. Walaupun itu sebetulnya nggak tergantung dengan momen tertentu. Suka kereta ya sekedar suka aja gitu. Tanpa harus berlebihan apalagi mengorbankan kewajiban-kewajiban seperti ibadah, mencari nafkah dan mencari ilmu. 

Kereta Luar Biasa (KLB) Boleh Di Foto/Video, Dengan Catatan Berikut

Kereta yang nggak berjadwal dan hanya keluar di momen-momen tertentu inilah yang dinamakan Kereta Luar Biasa (KLB). Satu momen yang boleh dibilang wajib untuk diambil di kalangan pecinta kereta api. Pada dasarnya menyalurkan hobby itu sah-sah saja. Mendokumentasikan kereta apapun termasuk KLB dalam bentuk foto atau video boleh aja. Nggak ada yang melarang kamu melakukan itu. Cuma sebelum mengambil foto atau video ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antaralain: 

Ibadah (Sholat) Mutlak Nggak Boleh Dilewatkan

Kewajiban utama seorang muslim ialah sholat. Bahkan amalan tersebut merupakan pembeda antara muslim dan kafir. Di hari kiamat kelak sholat adalah amalan yang pertama kali akan dipertanggung jawabkan. Bila sholatnya bagus berarti amalan lainnya pun InSyaaAlloh aman dan bagus. Ibaratnya rangkaian kereta, sholat ini adalah penggerak. Nah mendokumentasi Kereta Luar Biasa (KLB) boleh-boleh aja cuma sholat tetap wajib didahulukan dan mutlak nggak boleh dilewatkan. Bila masuk waktu sholat dahulukan sholat. Misalnya pas lagi sholat keretanya lewat ya sudah ikhlaskan. Mungkin itu bukan rezeki kamu dan InSyaaAlloh kamu akan mendapat ganti yang lebih dari itu. Juga bisa jadi Alloh punya rencana lain untuk kamu. Jadi nggak ada itu namanya sholat berkali-kali, KLB cuma sekali, ayo hunting. Hak Alloh tetap harus didahulukan, dalam hal ini sholat. Apalagi sholat adalah tiang agama.  

Kewajiban Utama yakni Menari Nafkah dan Menuntut Ilmu itu Lebih Wajib

Oke kamu menganggap dokumentasikan Kereta Luar Biasa (KLB) itu wajib. Tapi ingat ada yang jauh lebih wajib daripada itu yakni mencari nafkah (bekerja) dan menuntut ilmu (sekolah, kuliah, mengikuti kursus, mengikuti majelis ta’lim, dll). Logika aja apa iya keluargamu bisa dinafkahi dengan dokumentasi KLB? Kalopun alasannya kan ada monetasi seperti adsense perlu diingat untuk mencapai itu pun prosesnya panjang. Nggak bisa singkat. Ya kalopun bisa itu bagi creator yang memang telah mapan dan sudah bisa menghidupi diri juga keluarganya dari membuat konten. Tapi kalo masih sebatas sampingan apalagi sekedar hiburan ya nggak bisa. Kewajiban utama tetap harus didahulukan. Lebih-lebih menuntut ilmu, sekolah misalnya, apa iya bolos hanya untuk mendokumentasikan KLB? Jelas ini salah besar. Menuntut ilmu itu sendiri sebenarnya bagian dari agama. Jadi ada unsur ibadah juga di dalamnya. Hukumnya pun wajib. Bolos demi KLB jelas melalaikan kewajiban yang lebih utama. Oke misalnya diluar jam sekolah tapi ada pengajian terus gimana? Dahulukan pengajian! Jangan bolos ngaji demi KLB. Bahkan ilmu itu kedudukannya di atas ibadah. Mengerjakan ibadah seperti sholat pun membutuhkan ilmu. Jadi jelas disini menuntut ilmu hukumnya wajib dan dosa bagi yang meremehkannya. Apalagi dinomorduakan demi Kereta Luar Biasa (KLB). 

Waktu Senggang, Lagi Idle Nggak Ada Kewajiban Lagi

Semua kewajiban telah tuntas, sholat udah, kerja udah kelar, juga menuntut ilmu-nya udah beres. Terus boleh nggak? Nah kalo memang semua kewajiban telah diselesaikan dengan baik dan benar itu artinya kamu punya waktu senggang. Silakan saja manfaatkan waktu senggang itu untuk mendokumentasikan Kereta Luar Biasa (KLB) dan semisalnya. Kalopun ternyata nggak dapat Kereta Luar Biasa ya nggak apa-apa. Intinya kewajiban kamu telah tuntas dan bisa jadi memang belum rezeki nya dapat. Sekali lagi nggak dapat KLB bukanlah bencana. Siapa tau Alloh punya rencana lain sehingga kamu mendapat ganti yang lebih baik daripada itu. 

Safety (Jaga Jarak Aman)

Waktu senggang udah sekarang ceritanya udah di lokasi nih. Cuma satu hal lagi harus jadi concern buat kamu sebelum mendokumentasikan Kereta Luar Biasa (KLB) yaitu safety atau keselamatan. Pastinya kamu udah sering mendengar kan istilahnya safety hunting? Nah itupun harus bisa kamu terapkan saat mendokumentasikan apapun. Jaga jarak aman dari rel kereta. Kalo kebetulan di peron stasiun jarak amannya di belakang garis kuning. Tapi di luar itu harus minimalnya kurang lebih 500 cm dari bibir rel. Ingat keselamatan adalah hal paling penting daripada momen itu sendiri. Jangan sampe memburu momen tapi sembari bertaruh nyawa. 

Protokol Kesehatan (Prokes)

Ketika postingan ini direlease Pandemi Covid-19 belum usai. Sejatinya 4 catatan diatas udah cukup namun selama pandemi belum dinyatakan berakhir tetap ada satu syarat tambahan yakni Protokol Kesehatan (Prokes). Pastikan kamu menggunakan masker yang sesuai dengan standard kesehatan. Paling aman sih masker KN95 atau KF94. Bisa juga masker medis yang dilapisi masker kain di bagian luarnya. Itu paling safe terutama dari keberadaan mutasi-mutasi virus Covid-19 seperti varian Delta. Udah pake masker sesuai standard nih, jangan lupa bawa hand sanitizer. Namanya cuci tangan secara berkala di masa pandemi itu sangat penting. Terakhir jangan berkerumun. Pastikan nggak ada kerumuman di tempat kamu akan dokumentasi Kereta Luar Biasa (KLB). Bila kamu lihat spot itu rame bahkan ada kecenderungan terjadi kerumunan, silakan cari spot lain yang lebih sepi. Solo hunting lebih aman di masa pandemi. Kalo mau sama teman bagusnya batasi paling banyak 5 orang. Lebih bagus lagi semuanya telah mendapatkan Vaksinasi lengkap (2 dosis). 

 

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content”][et_pb_column _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” type=”4_4″ theme_builder_area=”post_content”][et_pb_divider _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content” hover_enabled=”0″ sticky_enabled=”0″][/et_pb_divider][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content” column_structure=”1_2,1_2″][et_pb_column _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” type=”1_2″ theme_builder_area=”post_content”][et_pb_text _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content” hover_enabled=”0″ sticky_enabled=”0″]

Silakan saja dokumentasikan Kereta Luar Biasa (KLB) dalam bentuk apapun dan nggak ada yang melarang kamu untuk melakukan itu. Namun tetap harus dalam koridor-koridor yang dibenarkan oleh syariat. Misalkan harus tetap mengutamakan ibadah dan menuntut ilmu yang merupakan pondasi agama. Juga tetap harus utamakan mencari nafkah untuk diri dan keluarga karena itu hukumnya juga wajib. Selama kewajiban telah dituntaskan dengan baik dan benar sehingga kamu ada waktu senggang maka bolehlah bikin konten apapun termasuk ini

[/et_pb_text][/et_pb_column][et_pb_column _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” type=”1_2″ theme_builder_area=”post_content”][et_pb_image src=”https://manglayang.id/wp-content/uploads/2021/11/20211115-2-Kereta-Luar-Biasa-boleh-didokumentasi-selama-tak-lalaikan-kewajiban.jpeg” _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content” alt=” Kereta Luar Biasa boleh didokumentasi selama tak lalaikan kewajiban” title_text=”20211115 (2) Kereta Luar Biasa boleh didokumentasi selama tak lalaikan kewajiban” hover_enabled=”0″ sticky_enabled=”0″][/et_pb_image][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content”][et_pb_column _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” type=”4_4″ theme_builder_area=”post_content”][et_pb_text _builder_version=”4.13.1″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content” hover_enabled=”0″ sticky_enabled=”0″]

Nggak Dapat KLB? Nggak Usah Nyesek!!

Semua kewajiban telah dituntaskan dengan baik dan benar. Ceritanya kamu keluar nih karena denger kabar ada KLB mau lewat. Namun ternyata kamu terlambat. Kereta Luar Biasa itu udah lewat tepat barusan aja sebelum kamu datang ke spot. Biasanya sih kamu merasa nyesek akan hal itu. Tapi tenang aja. Bisa jadi itu memang belum rezeki dan Alloh punya rencana lain yang tentunya jauh lebih baik daripada itu. 

Selain itu ada juga sedikit yang bisa menghibur kamu sehingga kamu nggak perlu terlalu menyesali hingga berpikir untuk melanggar ketentuan syariat di kemudian hari. Apa lagi kalo bukan Trainz Simulator Add Ons dari Manglayang Trainz Content (MTC). Di sini kamu bisa dapatkan momen apapun, KLB apapun tanpa harus melanggar syariat dengan melalaikan kewajiban. 

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: