KohiDen (Solo Traveling Ditemani Sebotol Kopi)

by Sep 6, 2021Advetorial0 comments

Solo Traveling nggak selamanya sendiri. Kamu tetap ada teman kok, namanya KohiDen. Apa itu? Kopi botolan yang berasal dari biji kopi pilihan. Tentunya dengan aroma kopi yang lebih terasa dan bisa kamu nikmati sepanjang perjalanan. Jadi ceritanya kamu traveling ditemani sebotol kopi

Traveling atau bepergian secara umum jelas butuh yang namanya perbekalan. Terutama saat di perjalanan. Biasanya daripada bete di jalan ada aja yang pengen dimakan atau diminum. Kalo minuman kaya air mineral jelas perlu banget supaya kamu nggak sampe terdehidrasi. Biasanya sih nggak sekedar air putih yang dijadiin bekal. Ditambah minuman lainnya seperti kopi.

Sekarang udah banyak kopi dalam botol yang dijual. Tentunya praktis dan lebih aman. Karena kamu nggak harus watir kopi itu bakalan tumpah atau gimana. Semua udah disajikan dalam botol tertutup yang aman. Mau dijungkir balik pun nggak akan tumpah. Selama botolnya masih tersegel.

Cuma masalahnya gini, apakah kebanyakan kopi-kopi dalam kemasan yang dijual di warung atau minimarket itu beneran dari biji kopi asli pilihan berkualitas? Begitu diminum aja rasanya udah manis banget. Sementara kopi itu justru lebih nikmat dengan rasa aslinya yakni pahit.

Atau tergantung dari jenis dan originnya. Kopi Robusta umumnya lebih pahit dan berkafein tinggi. Sedangkan Arabica meski kafein rendah tapi rasanya cenderung asam. Tapi kadang rasa asam itu mengarah ke manis. Seperti pada jenis Kopi Arabica Wine.

Nah aroma-aroma orisinil itu yang seharusnya bisa dinikmati selagi kita meminum kopi. Apapun bentuknya, mau kopi seduh panas ataupun es kopi botolan, intinya bener-bener dari biji kopi asli pilihan berkualitas. Bukan kopi ala-ala.

KohiDen, Dari Biji Kopi Asli Pilihan

Pada umumnya kopi kemasan botol yang banyak beredar itu bukan berasal dari biji kopi pilihan. Walaupun di labelnya tertulis demikian. Rasa manis yang sangat menyengat aja nggak bisa lagi dibohongi. Bisa jadi itu malah berasal dari unsur kimia yang lebih banyak pemanis buatannya. Karenanya kurang bagus buat kesehatan. Terlebih bila dikonsumsi secara berlebihan.

Terus gimana dong ya? Supaya kita nggak ketipu sama es kopi botolan semacam itu? Solusinya nggak lain adalah hijrah ke minuman es kopi botolan yang beneran berasal dari biji kopi pilihan. Mau itu Arabica atau Robusta atau Blend yang gabungkan keduanya nggak jadi masalah. Intinya berasal dari biji kopi asli pilihan dan berkualitas.

Nah es kopi botolan KohiDen ini bisa jadi solusi tepat buat kamu yang menginginkan itu. Cita rasa kopi yang sebenar-benarnya kopi. Minuman es kopi botolan dimana aroma kopi le bih bisa dirasakan dan dinikmati. Meski masih ditambahkan pemanis juga. Cuma takaran pemanisnya dibatasi supaya kopinya masih lebih bisa terasa setelah diminum. Jadi es kopi botolan yang berasal dari biji kopi asli pilihan

Tema Transportasi Umum Kereta Api, Konsep Teman Solo Traveling

Nama KohiDen sendiri sebetulnya berasal dari Bahasa Jepang. Kohi artinya Kopi, Den adalah kependekan dari Densha yang artinya kereta. Sebetulnya ada banyak arti kereta dalam bahasa Jepang. Namun Densha yang paling umum digunakan karena 80% jalur kereta di Jepang sudah menggunakan tenaga listrik.

Termasuk semua jalur Shinkansen. Jadi Shinkansen itu juga jatuhnya Densha. Makanya di logo ada gambar Shinkansen N700 Series. Rangkaian kereta yang digunakan di Tokaido Shinkansen antara Tokyo dan Kobe dan Sanyo Shinkansen dari Kobe ke Kagoshima Chuo di Kyushu Island. Walaupun sejatinya N700 tersebut jadi semacam maskot Manglayang ID Group secara umum.

Dari namanya sendiri udah jelas bahwa KohiDen mengambil tema Transportasi umum berbasis rel. Karenanya produk-produk juga nggak akan jauh-jauh dari nama kereta api. Adapun konsepnya ialah teman Solo Traveling. Maka itu lebih menekankan pada produk Es Kopi Botolan yang berasal dari Biji Kopi Asli Pilihan dan Berkualitas.

Produk KohiDen Apa Aja Sih?

(2) 20210906 Di Antara Produk KohiDen Bertema Transportasi Umum Berbasis Rel

Nah setelah cerita banyak tentang apa itu KohiDen, latar belakang dan filosofi dibalik brand tersebut, sekarang saatnya berkenalan dengan produk-produknya. Sebagaimana konsepnya tadi sebagai Teman Solo Traveling, jelas produk yang dijual ialah es kopi botolan. Tentunya dengan variasi botol ukuran 250 ml, 500 ml, hingga 1 liter.

Karena brand philosophy nya transportasi umum kereta api dan konsep traveler buddy, nama produk nggak akan jauh-jauh dari nama kereta api. Terutama yang beroperasi di Indonesia. Berikut rinciannya:

GBMS Premium Coffee, dari KA Gaya Baru Malam Selatan

Nama GBMS sangat jelas diambil dari nama kereta api yakni KA Gaya Baru Malam Selatan melayani rute Jakarta PAsar Senen – Surabaya Gubeng PP. Termasuk rangkaian legendaris yang telah ada sejak 17 Februari 1975. Malah sebetulnya embrionya telah ada di tahun 1964 dengan nama Limex Gaja Baru. Awalnya kereta ini merupakan kereta ekonomi rakyat. Dimana dengan tarif dibawah Rp 150.000,00 udah bisa traveling sampe ke Surabaya.

Cuma memang waktu tempuh perjalanannya yang agak panjang. Mengingat KA Gaya Baru Malam Selatan itu melewati Cirebon, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Jogja, Solo, Madiun, Jombang. Secara Stasiun Surabaya Gubeng melayani perjalanan kereta yang melewati jalur selatan baik dari Jakarta atau Bandung. Nah seiring berjalan waktu layanan kereta berubah jadi ekonomi plus.

Label sebagai kereta rakyat kini menghilang. Diganti dengan label “mahal sekali” atau dengan kata lain kereta elite tapi nanggung. Lantaran gerbong ekonominya masih pake jadul tapi cuma dimodifikasi stamformasi kursinya aja jadi 2-2 (sebelumnya 3-2) artinya ada pengurangan kapasitas yang semula 106 penumpang jadi 80 penumpang. Dan ditambah kereta eksekutif yang lagi-lagi sama. Rangkaiannya jadul dan kurang nyaman.

Berangkat dari situ, diambillah singkatan Gaya Baru Malam Selatan, GBMS, sebagai produk KohiDen untuk Premium Coffee. Nah namanya Premium berarti elite dong? Iya benar sekali. Bahan-bahannya juga berbeda, disini pakenya biji kopi Espresso Blend terbaik. DItambah susu dan pemanis yanh lebih sehat dibandung pemanis biasa. Yakni gula aren kualitas Premium juga.

Apakah prpduk ini kritik buat PT.KAI supaya kamo mau upgrade jangan nanggung? Bisa dibilang demikian. Seperti halnya GBMS di sini yang betul-betul dijadikan Signature. Dipilihkan bahan baku yang juga kualitas Premium. Bahkan nantinya juga akan ada berbagai varian selain dari varian yang sekarang ada, Es Kopi Botolan Premium. Misalnya varian Vanila Ice Coffee dan Hazelnut Ice Coffee. Juga yang ditambah topping.

Pesan buat operator seperti KAI kalo mau upgrade layanan GBMS sekalian aja di upgrade ke Premium. Sehingga nantinya satu rangkaian kereta bisa terdiri dari eksekutif dan premium gunakan rangkaian stainless steel. Sebetulnya hal seperti ini bukan barang baru. Sebelumnya KA Kutojaya Utara juga udah diupgrade jadi Premium dan sekarang gunakan rangkaian stainless steel.

Sama seperti GBMS, Kutojaya Utara awalnya adalah kereta ekonomi reguler bersubsidi. Terlahir dengan nama Sawunggalih Ekonomi di tahun 1970-an. Kereta ini lantas berubah jadi elite setelah subsidi dicabut. Awalnya masih gunakan rangkaian ekonomi 106 penumpang dengan tarif normal tanpa subsidi. Sebelum akhirnya beneran jadi elite gunakan rangkaian kereta Premium berbody Stainless Steel.

Argo Parahyangan, Cita Rasa Bumi Priangan

Kalo yang ini, KohiDen Argo Parahyangan (disebut juga Gopar) menggambarkan cita rasa Bumi Priangan. Biji kopi yang digunakan untuk produk ini jelas berasal dari Tanah Priangan untuk jenis Robusta. Makanya masih ada aroma pahit-pahotnya yang sedikit tercover dengan manis dari Gula Aren. Sebagaimana udah dijelasin di awal tadi, cita rasa dari biji kopi asli pilihan sangat ditekankan di sini. Karena itu nggak akan dihilangkan gitu aja.

Argo Parahyangan jelas banget kan nama ini diambil dari nama kereta? Siapa sih yang nggak familiar dengan titisan sang legenda? Inilah rajanya jalur Priangan Barat. Kereta ini hampir selalu ramai penumpang. Termasuk di hari kerja juga. Karena tingginya animo penumpang koridor Jakarta-Bandung. Keretaini terdiri dari 2 kelas yakni eksekutif dan premium.

Saat ini tengah diwacanakan kereta ini akan diperpanjang rutenya hingga ke Stasiun Garut. Di jam-jam tertentu. Semoga aja ya, dan kalo nanti beneran gitu produk ini akan pas banget untuk jadi teman perjalanan kamu naik KA Argo Parahyangan. Secara biji kopinya juga berasal dari Garut.

Di Mana Bisa Dapatkan KohiDen?

KohiDen bisa kamu dapatkan di ShopNow by Manglayang ID. Tentunya dengan cara belanja online di situ. Namun untuk saat ini yang baru bisa dilayani ialah kamu yang domisilinya di wilayah Bandung Raya (Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat). Transaksi 24 jam dab pengiriman via Instant Courier kaya GrabExpress. Bisa juga COD di Stasiun Bandung, ada jadwalnya.

%d bloggers like this: