Merapi Park Yogyakarta The New Landmarks

Merapi Park Yogyakarta The World Landmarks

Merapi Park Yogyakarta, menawarkan atraksi wisata keliling dunia dalam satu lokasi dan waktu singkat dalam bentuk The World Landmarks. Berada di kaki Gunung Merapi. Selain itu objek wisata ini juga punya fasilitas penunjang seperti restoran hingga tempat bermain anak.

Jaraknya cuma kurang dari 2 km sebelah selatan Museum Gunungapi Merapi. Masih di dalam satu kawasan dan sama-sama berada di kaki Gunung Merapi. Namun objek wisata ini sebetulnya tergolong baru dan sama sekali nggak ada kaitannya sama gunung berapi paling aktif di Indonesia itu. Mungkin kebetulan letaknya aja atau kalo cuaca lagi cerah gunung bisa terlihat dari sini dan jadi latar fotografi.

Tempat wisata ini terbilang unik karena mengusung tagline The World Landmarks. Jadi miniatur landmark negara-negara Asia, Eropa dan Timur Tengah dikumpulkan jadi satu di sini. Menawarkan sensasi keliling dunia dalam satu lokasi dan waktu yang sesingkat-singkatnya. Untuk masuk tempat wisata ini nggak perlu merogoh kocek mahal. Cukup Rp 20.000 – 25.000 saja.

Merapi Park Yogyakarta Keliling Dunia Di Kaki Gunung Merapi

Merapi Park Yogyakarta dari Eropa hingga Asia Timur

Miniatur London di Merapi Park Yogyakarta

The World Landmarks di sini lumayan lengkap lho. Bisa dibilang mewakili benua Eropa dan Asia hingga Timur Tengah. Memang sih masih beda jauh sama The Great Asia Africa Lembang. Karena di sini bentuknya lebih ke miniatur. Di sini nggak ada penyewaan kimono, pakaian ala India, atau jualan makanan dari masing-masing kawasan seperti masakan Jepang, Korea, Turki dan Afrika.

Menara Eiffel Paris dan Landmark Belanda

Merapi Park Yogyakarta konsepnya lebih ke taman miniatur. Jadi sebuah taman wisata dimana terdapat sejumlah miniatur negara-negara di kawasan Eropa, Asia Timur, Amerika dan Timur Tengah. Kita mulai dulu dari kawasan Eropa. Pertama menara Big Ben sebagai landmark London.

Colosseum dan Menara Pisa sebagai Landmark Italia

Sebetulnya di London masih punya simbol lain seperti The Bridge Tower di atas Sungai Thames. Big Ben yang sebenarnya adalah Gedung Parlemen (Kantor Perdana Menteri) bangunanya cukup luas. Jadi nggak cuma menaranya aja. Namun di sini, yang diambil cuma miniatur menaranya. Cuma ada set yang dibikin agak mirip London yaitu miniatur kotak telepon umum berwarna merah.

Dari London kita menuju ke Paris dan tentu saja miniatur Eiffel Tower dipajang di sini. Lanjut ke Italia ada dua landmark yakni Colosseum Roma dan Menara Pisa. Lanjut lagi ke negeri Belanda kita akan menemukan miniatur kincir angin iconic sebagai simbol negara yang pernah menjajah kita dulu.

Pesona Asia Timur di Kaki Gunung Merapi

Kemdian kita menuju ke kawasan Timur Tengah. Terdapat 3 simbol di sini yakni Piramida Mesir, Pullman Zam Zam di Makkah Saudi Arabia dan Hotel Burj al Arabi Dubai Uni Emirat Arab. Uniknya Pullman Zam Zam dianggap sebagai simbol negeri Saudi. Hotel ini aslinya terletak percis di depan Masjidil Haram Makkah. Namun bisa jadi pengelola taman lebih memilih mengambil Pullman Zam Zam sebagai miniatur di The World Landmark.

Nggak ketinggalan landmark kawasan Asia Timur yang mencirikan negeri Jepang dan Tiongkok. Sebuah bangunan dan ornamen khas kedua negara tersebut. Bahkan ditambah lagi miniatur boneka Hello Kitty yang mencirikan Jepang. Cuma itu tadi, beda sama di The Great Asia Africa yang memang di set seperti gambaran real di negara asalnya, The World Landmark lebih ke konsep taman miniatur. Namanya juga Merapi Park.

Mau Liat Patung Liberty di Kaliurang Juga Ada

Eits ternyata ada yang ketinggalan saudara-saudara. Apa itu? Landmark-nya Amerika Serikat, apalagi kalo bukan Patung Liberty di Kota New York. Patungnya memang nggak segede aslinya di sana, namun udah cukup buat dijadiin objek fotografi. Terutama buat sobat yang belum kesampean pengen ke negeri Uncle Sam. Kalo Patung Liberty Asli berdiri dengan gagahnya ditengah-tengah pulau, nah di sini berdiri di tengah sebuah taman luas di Kaki Gunung Merapi.

Hmm, udah puas belum nih keliling dunia dalam satu lokasi dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya tanpa harus keluar ongkos banyak? Mau ngerasain sensasi tersebut silakan datang ke Merapi Park Yogyakarta The World Landmark. Sebuah objek wisata taman luas di Kaki Gunung Merapi yang menampilkan landmark dari sejumlah negara di Asia Timur, Amerika, Eropa dan Timur Tengah.

Tempat Untuk Bermain Anak

Ternyata taman ini dilengkapi tempat khusus untuk bermain anak. Jadi selain taman luas dengan konsep landmark tersebut juga ada tempat yang dikhususkan untuk bermain anak. Bahkan di sini juga ada wahana permainan air. Nah kepengen main air bisa banget di sini. But, kayanya itu khusus buat anak deh, buat kita yang udah dewasa jangan harap bisa main air di situ. Mendingan berendam di hotel aja ya, hehehe.

Merapi Park Yogyakarta Menyediakan Fasilitas Permainan Anak

Fasilitas lain yang ada di Merapi Park ialah warung kecil yang menyediakan aneka minuman dan snack. Kemudian ada resto untuk makanan berat. Nah khusus restonya, harga yang ditawarkan di sini cukup terjangkau lho. Pokoke masih masuk “harga Jogja”. Coba bandingin sama The Great Asia Africa Lembang misalnya yang malah ada harga makanan nyampe Rp 60.000 untuk satu porsi. Bedanya bisa sampe 3x lipat gitu.

Oke demikian review tentang Merapi Park Yogyakarta The World Landmarks. Sebuah taman dengan konsep “keliling dunia” di Kaki Gunung Merapi. Sedikit info foto-foto ini diambil hanya sebulan sebelum kasus pertama Coronavirus diumumkan. Kita berdoa semoga wabah ini segera berakhir atau vaksin untuk virus tersebut siap diedarkan untuk masyarakat umum. Sehingga kita bisa berwisata lagi seperti sediakala.

1 thought on “Merapi Park Yogyakarta The World Landmarks”

  1. Pingback: Kawasan Wisata Kaliurang Jogjakarta - Solo Traveling

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: