Museum Sejarah Kota Bandung Jalan Aceh

Museum Sejarah Kota Bandung Jalan Aceh

Museum Sejarah Kota Bandung, destinasi wisata edukasi sejarah gratis berbasis studi literasi. Disini beda banget dan hampir nggak dijumpai benda-benda koleksi khas museum pada umumnya. Terletak di lokasi strategis, Jalan Aceh (depan Balai Kota), dan nggak jauh dari Jalan Merdeka.

[INFOGRAFIS] Museum Sejarah Kota Bandung Jalan Aceh

Bandung merupakan kota tujuan wisata paling favorit saat ini. Terdapat banyak objek wisata baik gratisan maupun berbayar. Untuk ukuran wilayah Kota sendiri ada beberapa yang benar-benar gratis. Tanpa memungut sepeserpun biaya. Bisa masuk secara cuma-cuma atau mengisi buku tamu. Salah satunya ialah sebuah museum yang terletak di Jalan Aceh Kota Bandung. Percis di depan gedung Balai Kota.

Selain itu juga dekat dengan salah satu pusat keramaian yakni Jalan Merdeka dengan Mall BIP-nya. Pusat perbelanjaan yang udah eksis sejak awal tahun 1990-an. Selain BIP, museum ini juga dekat ke Masjid Al Ukhuwah. Salah satu masjid besar di Kota Bandung yang sering dipake acara pengajian-pengajian berskala besar.

Museum Sejarah kota Bandung, Nggak Seperti Museum Pada Umumnya

Jika kita berkunjung ke museum, yang terbesit di pikiran kita ialah benda-benda peninggalan sejarah. Paling nggak ya foto-foto menggambarkan momen bersejarah. Namun museum yang di Jalan Aceh ini nggak seperti museum pada umumnya. Di sini nggak ada koleksi benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan Kota Bandung. Nggak ada yang dipamerkan. Paling cuma ada patung Dewi Sartika di depannya.

Di sini penekanannya lebih kepada studi literasi. Museum hanya menampilkan infografis tentang sejarah berdirinya Kota Bandung. Jadi disinilah kita bisa mempelajari sejarah. Karena memang nggak melulu harus memamerkan benda-benda peninggalan sejarah ataupun foto-foto bersejarah. Jadi begitu kita masuk ke dalam museum langsung masuk dalam sebuah aula yang plong dengan infografis sejarah terpajang di kanan kiri.

Jujur aja buat kamu yang nggak terlalu minat baca bakalan bete begitu datang ke sini. Tapi buat yang punya minat baca dan literasi yang tinggi, museum ini sangat direkomendasikan. Masuknya juga gratis nggak dipungut biaya. Ditambah lokasinya yang sangat strategis.

Kamu bisa mengakses museum ini menggunakan Bus Damri rute Dago – Leuwipanjang dan Alun Alun – Kota Baru Parahyangan turun di perempatan Jalan Aceh, jalan kaki sedikit ke arah Balai Kota/Masjid Al Ukhuwah. Museum ada di sisi kanan dari arah Jalan Merdeka. Rute yang sama juga berlaku untuk arah ke Dago. Turun di Masjid Al Ukhuwah, jalan kaki ke arah Merdeka. Nah kalo dari masjid ada di sebelah kiri.

Apakah di masa pandemi museum udah bisa dikunjungi? Hingga saat ini belum ada info apakah Museum Sejarah Kota Bandung udah dibuka lagi atau belum. Yang jelas sejak Pandemi Covid-19 dan diberlakukannya Lockdown, otomatis museum juga ditutup karena khawatir akan terjadi cluster Covid-19, secara ruangannya juga tertutup. Kayanya sih kamu mesti sabar sedikit sampe Vaksin Covid-19 tersedia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: