wisata dekat stasiun tegal insyaaalloh gratis

Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal : InSyaaAlloh Gratis !!

Mau berwisata tapi nggak pengen terlalu jauh? Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal ini bisa jadi pertimbangan kamu. InSyaaAlloh semuanya gratis walaupun sebagian besar pake waktu kunjungan. Apa aja itu?

Pendahuluan

Kota Tegal adalah salah satu yang terletak di Pantura Jawa Tengah. Posisinya sangat dekat dengan Laut Jawa. Meskipun ada sisi lain berupa pegunungan seperti daerah Guci. Namun itu udah masuk wilayah kabupaten. Adapun wilayah Kotamadya itu berada di pesisir utara.

Karena itulah Tegal mendapat julukan sebagai Kota Bahari. Boleh jadi karena itu juga ada di pesisir pantai utara. Kalo bicara tentang pariwisata di Kota Tegal pastinya nggak akan jauh dari pantai. Tapi siapa sangka justru ada beberapa yang bisa dijadikan pertimbangan. Khususnya yang dekat dengan Stasiun Kereta Api.

Stasiun Tegal Akses Masuk Jalur Kereta Api

Kota Tegal sendiri bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor (ban karet) dan kereta api (roda besi). Adapun akses masuk utama bagi siapa saja yang menggunakan moda transportasi kereta api adalah Stasiun Tegal. Tapi siapa sangka tempat ini justru sangat dekat dengan pusat kota yang lazim disebut alun alun.

Daftar Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal : Gratis Tapi Bersyarat

Boleh jadi terutama bila kamu baru pertama kali menginjakkan kaki di Kota Bahari ini, nggak ada yang sadar kalo Stasiun Tegal itu adalah bagian dari Alun Alun Timur. Dimana terdapat beberapa spot seperti Monumen Lokomotif dan ex-Gedung Birao yang masih belum dibuka untuk umum.

Nah bila kamu baru pertama datang dan pengen berwisata nggak jauh dari pintu masuk itu, ada beberapa objek wisata dekat Stasiun Tegal yang bisa jadi pertimbangan kamu. InSyaaAlloh semuanya gratis. Tapi bukan berarti nggak bersyarat ya. Berikut daftar Objek Wisata tersebut

Taman Pancasila dan Monumen Lokomotif Tegal

Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal yang pertama adalah Taman Pancasila dan Monumen Lokomotif Tegal. Keduanya berada dalam satu lokasi. Monumen Lokomotif adalah bagian dari taman. Di sini kamu bisa mengabadikan lokomotif diesel D301 yang udah nggak lagi beroperasi. Tersedia fasilitas bangku taman dan Wifi Gratis juga.

Posisinya percis di depan Stasiun Tegal. Untuk masuk ke sini inSyaaAlloh Gratis. Tapi kamu mesti memperhatikan waktunya. Taman dibuka Senin hingga Sabtu dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Hari Minggu tutup.

Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal : Kulineran di Alun Alun Timur

Kedua adalah Alun Alun Timur Kota Tegal. Stasiun kereta api, ex-Gedung Birao yang masih ditutup, dan Taman Pancasila itu tadi adalah bagian dari Alun Alun Timur Kota Tegal. Jelas ya ke sini gratis dan nggak ada batasan waktu. Untuk wisatanya lebih ke kuliner. Terutama di malam hari banyak jajanan yang bisa kamu pilih.

Taman Poci Tegal Buat Tongkrongan

Berikutnya adalah Taman Poci Tegal. Kalo dari Stasiun Kereta Api kamu tinggal jalan kaki sedikit ke kanan (utara) dan kamu akan menemukannya. Sebetulnya ini sama aja seperti taman pada umumnya. Disebut Taman Poci karena di dalamnya terpajang Tugu Poci dimana Teh Poci adalah minuman khas Tegal.

Di sini ada tempat duduk, bisa buat nongkrong bahkan olahraga ringan (jogging and walking), juga terdapat pendopo menyerupai panggung dan ruang laktasi. Wifi ada di sini. Pas lah buat tongkrongan doang sih. Masuknya Gratis tapi belum diketahui apakah ada waktu kunjungan atau nggak.

Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal : Alun Alun Utama

Tepat berada di Pusat Kota Tegal, inilah Alun Alun Utama Kota Tegal. Boleh juga disebut Alun Alun Barat.Terdapat taman yang cukup luas. Bahkan ada tempat untuk bermain anak-anak. Buat nyantai tentu bisa banget. Dari Stasiun Kereta Api hanya berjarak kurang lebih 1 km. Bahkan udah kelihatan ketika pertama kali keluar dari stasiun.

Untuk masuk ke sini Gratis, namun ada waktu kunjungan. Dimana kamu harus udah keluar dari area taman di jam 17.00 WIB untuk dilakukan pemeliharaan oleh Dinas terkait. Tujuan diadakannya pembatasan untuk menjaga keasrian taman dan tanaman yang ada di sana supaya nggak rusak.

Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal : Masjid Agung Kota Tegal

Masjid Agung Kota Tegal Terletak percis di depan Alun Alun Utama, seperti juga di kota lain biasanya terdapat masjid di sebelah baratnya. Nah hal yang sama pun berlaku di Kota Tegal. Biasanya ketika selesai aktivitas saat taman ditutup, pengunjung mulai beralih ke masjid ini untuk menunaikan Sholat Maghrib.

Namanya juga masuk masjid tentu saja gratis. Soal batasan waktu kalopun ada itu biasanya Bada Isya kalo nggak ada acara lagi itu ditutup. Sebagaimana lazimnya masjid yang lain. Jadi selama belum bada Isya kamu bisa berkunjung untuk beribadah di sini.

Kesimpulan

Ada lima objek wisata dekat Stasiun Tegal yang bisa kamu kunjungi apabila baru pertama kali berkunjung ke Kota Tegal dan nggak mau jauh dari stasiun. Semuanya gratis tanpa dipungut biaya. Meski demikian mayoritasnya punya batasan waktu kunjungan seperti Taman Pancasila dan Alun Alun Utama.

Galeri Foto

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *