Odading Mang Oleh Kuliner Lawas Jadi Viral

Odading Mang Oleh, Kuliner Lawas Jadi Viral

Odading Mang Oleh yang telah eksis sejak tahun 1987 mendadak jadi viral. Berawal dari unggahan video Ade Londok yang menyebut makan bisa berubah jadi Iron Man. Kini salah satu teman ngupi itu jadi laku keras. Bahkan sampe harus ngantri hingga lebih dari 1 jam. Di tengah Pandemi Covid-19 yang belum usai.

Bandung dikenal sebagai surganya kuliner. Banyak yang datang ke sini sekedar untuk menikmati sajian kulinernya. Predikat tersebut sudah ada sejak dulu. Beberapa kuliner telah eksis sejak tahun 1970-an. Malah ada yang sudah eksis sejak zaman kolonial. Destinasi kuliner tersebut masih tetap bertahan ditengah gempuran berbagai jenis kuliner baru dan lebih kekinian.

Namun ada satu kuliner lawas yang awalnya biasa-biasa aja. Dibilang terkenal juga nggak sih. Pamornya masih kalah dibanding Es Sekoteng Bungsu dan Siomay Mang Oyen di Jalan Veteran (Bungsu). Juga Martabak San Francisco di Jalan Burangrang. Siapa sangka kuliner lawas itu malah mendadak viral dan tenar gegara sebuah konten video.

Odading Mang Oleh Eksis Sejak 1987

Odading Mang Oleh Viral Gegara Bisa Jadi Iron Man

Kuliner lawas yang dimaksud adalah Odading Mang Oleh. Sudah eksis sejak tahun 1987. Lokasi di Jalan Baranangsiang Kosambi Kota Bandung. Sebenarnya nggak sulit menemukan jalan dimana kuliner yang sejatinya cuma jajanan gerobak ini berada. Dari Jalan Sunda begitu ketemu Yogya Mall Sunda belok kanan. Nah itu Jalan Baranangsiang tembus ke Jalan Ahmad Yani (Kosambi).

Cuma sayangnya buat sobat yang bawa mobil kayanya nggak bisa masuk dari Jalan Sunda. Mau nggak mau harus lewat Jalan Kosambi untuk sampe di Jalan Baranangsiang tempat jajanan itu berada. Adalah Ade Lombok, seorang YouTuber, mengunggah konten video yang kurang lebih menyebut makan Odading Mang Oleh bisa berubah jadi Iron Man.

Nah kalimat yang sebut-sebut salah satu karakter Marvel Cinematic Universe (MCU) tersebutlah yang menjadikan kuliner lawas ini seketika menjadi viral. Orang pada penasaran kaya gimana sih rasanya. Apa yang membedakan dengan jajanan semisal. Padahal Odading yang aslinya adalah kue bantal biasa dijual bareng cakwe itu banyak yang jual. Nggak cuma di Jalan Baranangsiang itu aja.

Mengantre Sampe Satu Jam

Hingga akhirnya jajanan gerobakan tersebut diserbu warga Bandung. Kalo sebelum viral biasanya nggak terlalu banyak antrian. Kali ini pembelinya sampe ngantri satu jam hanya untuk merasakan odading Iron Man tersebut. Boleh jadi mereka berbondong-bondong antri karena penasaran apa bener abis nyantap jajanan itu bisa jadi Iron Man?

Ya beginilah era sosial media. Apapun bisa jadi viral dalam sekejap. Mau itu konten positif bahkan negatif. Untuk kasus ini tentu kontennya positif karena kita ikut mendukung kuliner Indonesia. Apalagi udah eksis selama 30 tahun lebih. Kuliner gerobakan seketika viral sampe menimbulkan antrian lebih dari 50 meter. Terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Ketika Odading Mang Oleh laku keras sampe menimbulkan antrian, sang YouTuber berpesan kepada kita yang ingin mencicipi jajanan tersebut supaya tetap menjaga protokol kesehatan. Supaya Kota Bandung nggak di lockdown lagi seperti bulan Maret lalu. Memang sih viralnya jajanan ini di saat yang nggak begitu tepat. Ketika Covid-19 belum usai bahkan makin mengganas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: