Osaka Loop Line, Jalur Lingkar Kota Osaka

by Feb 10, 2021Fly Me To Japan0 comments

Osaka Loop Line, sebuah jalur lingkar kereta perkotaan di bawah operator West Japan Railway Company (JR West). Merupakan jalur commuter di Osaka Prefecture. Selain itu juga jadi akses ke sejumlah tempat wisata seperti Dotonbori, Osaka Castle, hingga Universal Studios Japan.

Sebagai salah satu kota utama di Jepang, Osaka pastinya punya infrastruktur transportasi berbasis rel yang sangat bagus dan tertata rapi. Kereta di Jepang termasuk Osaka saling terintegrasi satu sama lain. Layanan Lokal dan Ekspres yang cakupannya masih di dalam kota terintegrasi dengan Limited Express hingga Shinkansen sebagai layanan antar kota. Ditambah lagi operator lainnya selain West Japan Railway Company (JR West).

Salah satu jalur utama di Osaka Prefecture ialah Osaka Loop Line. Jalur lingkar di jantung Kota Osaka. Menjadi jalur komuter yang lumayan sibuk. Terpusat di Osaka Station. Nah stasiun ini jadi penghubung antara Loop Line dengan Shin-Osaka Station dan layanan kereta bandara jurusan Kansai International Airport (KIX).

Shin-Osaka Station merupaka stasiun utama yang melayani perjalanan antar kota di Tokaido-Sanyo Line. Termasuk Tokaido Shinkansen dan Sanyo Shinkansen. Nah penumpang yang baru turun dari Shinkansen entah itu berasal dari Tokyo atau Kyushu misalnya pasti akan transit di sini sebelum lanjut dengan layanan lokal. Begitu naik lokal apakah akan transit lagi atau nggak itu tergantung kebutuhan kamu sebagai traveler.

Bila destinasi kamu bisa ditempuh dari Shin-Osaka tanpa harus transit berarti aman. Namun sayangnya sejumlah spot wisata justru aksesnya malah dari Osaka Station. Terhubung dengan Loop Line ini tentunya. Jadi aja mau nggak mau kamu mesti transit sebelum melanjutkan perjalanan. Terutama bila kamu pengguna JR Pass dan ogah keluar ongkos tambahan untuk operator lain semisal Osaka Metro.

Di antara destinasi wisata utama di Osaka ialah Dotonbori, khususnya buat kamu yang kepengen belanja tempat ini paling direkomendasikan. Sayangnya pengguna JR Pass kalo mau ke sini harus transit via Osaka Station. Semisal kamu pelit nggak mau keluar uang tambahan ya risikonya transit dan stasiun JR terdekat ke sini jaraknya sekitar 2 km. Kalo mau tambah uang bisa langsung naik Osaka Metro dari Shin-Osaka.

Destinasi wisata lain yang terkoneksi Osaka Loop Line ialah Osaka Castle dan Universal Studios Japan (USJ). Nah kalo tujuan kamu ke USJ Osaka, berarti dari Shin-Osaka transit Osaka Station udah itu naik Loop Line turun di Nishikujo dan lanjut lagi ke Universal City.

%d bloggers like this: