Pasar Ngasem Jogja Gak Seperti Pasar

Pasar Ngasem Jogja Gak Seperti Pasar

Pasar Ngasem Jogja di Kawasan Keraton Yogyakarta memang nggak seperti pasar pada umumnya yang identik dengan becek, kumuh, kotor dan jadi sarang kriminal. Di sini justru lokasinya sangat bersih malah punya spot yang bisa dijadiin lokasi hangout. Meski fungsi asli tetap berjalan sebagaimana mestinya.

[INFOGRAFIS] Pasar Ngasem Jogja Gak Seperti Pasar

Kawasan Keraton Yogyakarta seperti pernah dibahas sebelumnya nggak sebatas Kompleks Istana Keraton tempat tinggal Sultan beserta keluarga sekaligus objek wisata Sejarah Budaya di Jogja. Lebih dari itu merupakan sebuah kecamatan di wilayah Kota Yogyakarta. Kecamatan ini ditandai dengan gapura khas keraton. Begitu juga di luarannya ditandai semacam benteng sebagai bukti bahwa dibalik itu merupakan wilayah Keraton.

Secara umum wilayah keraton nggak berbeda dengan wilayah di luarnya. Nggak sebatas Sultan, keluarga maupun abdi ndalem, masyarakat juga ada yang tinggal dan bekerja di Kecamatan Keraton. Bukti disini masih banyak dijumpai berbagai toko dan gerai. Termasuk juga Pasar sebagai penunjang kebutuhan pokok masyarakat, yakni Pasar Ngasem. Posisinya nggak jauh dari Taman Sari.

Pasar Ngasem Jogja Jauh dari Kesan Gak Nyaman

Sekalipun harga-harga barangnya masih lebih murah daripada di supermarket modern masih banyak yang males kalo udah denger kata-kata pasar tradisional. Hampir pasti udah terbayang kesan becek, kumuh, kotor, hingga jadi sarang kriminal. Pokoknya cerminan dari kesan nggak nyaman mesti ada kalo udah mikir Pasar Tradisional. Meski sebenarnya nggak semuanya seperti itu.

Nah begitu kamu masuk ke Pasar Ngasem, kesan-kesan jelek itu seketika pudar. Baru masuk aja nggak ada tuh yang namanya becek. Padahal waktu kunjungan kami di bulan Februari 2020 itu lagi puncak-puncaknya musim hujan. Jelas banget kan udah musim hujan bakalan kaya gimana kondisi pasar tradisional? Tapi itu nggak berlaku di sini.

Terlepas dari kunjungan yang udah siang, Pasar Ngasem cenderung nggak serame pasar tradisional biasa. Makanya itu juga yang membuat pengunjungnya melupakan image negatif yang udah terlanjur melekat. Terutama bila terbayang harus ke pasar untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Pasar Ngasem sejatinya juga melayani itu, tapi kondisinya malah lebih nyaman.

Plaza Ngasem Bisa Buat Hangout

Biasanya hangout identik dengan cafe atau mall. Tapi pernahkah kamu kebayang kepengen hangout di pasar? Duh yang ada malah diketawain. Kabar baiknya hal itu nggak akan berlaku bila kamu memilih hangout di Pasar Ngasem. Disini ada Plaza Ngasem yang bisa kamu manfaatin sebagai tempat hangout atau sekedar melepas lelah. Letaknya berada di dalam pasar.

Sekilas keberadaan lokasi ini berdempetan dengan Taman Sari. Karena kalo kita liat di belakang Plaza Ngasem bangunannya mirip bangunan Taman Sari. Yang jelas lokasi Pasar Ngasem memang dekat dengan salah satu tempat wisata di Kawasan Keraton Yogyakarta tersebut.

Keberadaan Plaza Ngasem harusnya bisa menjadikan Pasar Ngasem sebagai salah satu destinasi wisata di Wilayah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Masuk pasar juga nggak dipungut biaya. Meski tetap menjalankan fungsi aslinya sebagai tempat perputaran uang, Pasar Ngasem Jogja Gak Seperti Pasar Tradisional pada umumnya dengan cerita-cerita kurang enaknya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: