Profil Usaha (All Exciting Adventures: Healthy and Safety)

Profil lengkap Manglayang ID (About Us), semula merupakan usaha Tour and Travel melayani pemesanan tiket online dan paket wisata. Namun Pandemi Covid-19 mengubah segalanya hingga menambah unit bisnis lain seperti Food and Beverage, Printing, hingga Digital (Virtual) Product yang menjual add-ons game Trainz Simulator. Sehingga kini menjadi Strategic Business Unit yang mengusung visi All Exciting Adventures: Healthy and Safety


Profil Usaha: Perjalanan Manglayang ID Mulai 1 April 2014 hingga Saat ini

Profil Usaha Manglayang ID yang kamu kenal saat ini sejatinya udah ada sejak tahun 2014. Awalnya cuma merupakan unit usaha Ticketing Online -nya Khoibar Solution, sebuah usaha toko Islam Online yang telah eksis sejak tahun 2005 meski beberapa kali vakum dan tutup.

April 1, 2014

Unit Ticketing Online
(Khoibar Tour and Travel)

Didirikan pertama kali sebagai unit usaha Ticketing Online dibawah Khoibar Solution, sebuah usaha toko Islam Online yang telah dirintis sejak 2005. Waktu itu diberi nama Khoibar Tour and Travel

April 1, 2014
October 10, 2014

Manglayang Tour

Split off antara usaha Toko Islam Online dengan Ticketing Online. Khoibar Tour and Travel berubah menjadi Manglayang Tour dan mulai menjajakkan Paket Wisata. Sementara Khoibar Solution akhirnya dibekukan

October 10, 2014
February 1, 2015

Tiket Kereta Api Bandung

Tingginya permintaan terhadap tiket kereta api membuat Manglayang Tour mendirikan sub divisi Tiket Kereta Api Bandung khusus untuk rute kereta api yang beroperasi dibawah Daop 2 Bandung atau punya rute Bandung

February 1, 2015
March 1, 2015

Mulai Jual Tiket Lebaran

Melalui divisi Tiket Kereta Api Bandung, Manglayang Tour mulai memasarkan tiket kereta api untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2015. Meski aktivitas ini sejatinya sudah berjalan di era Khoibar Solution (Khoibar Tour and Travel)

March 1, 2015
March 15, 2015

Rihlatul Ilmi

Untuk pertama kalinya Manglayang Tour mengadakan paket wisata dalam bentuk Rihlatul Ilmi, wisata rohani sebagai bentuk dukungan kegiatan Dauroh Nasional Asy-Syariah tahun 2015

March 15, 2015
January 1, 2016

Balik ke Manglayang Tour

Sub Divisi Tiket Kereta Api Bandung ditutup dan aktivitas penjualan tiket kereta api dikembalikan ke Manglayang Tour

January 1, 2016
March 1, 2020

Tiket Kereta Api Lebaran 2016

Kembali membuka pemesanan tiket kereta api Lebaran 2016 dimana kali ini atas nama Manglayang Tour langsung dan tak lagi gunakan sub divisi seperti sebelumnya

March 1, 2020
August 20, 2016

Rihlatul Ilmi 2

Kembali mengadakan paket wisata rohani, Rihlatul Ilmi 2, sebagai bentuk dukungan atas kegiatan Daurah Nasional AsySyariah 2016 di Masjid Agung Manunggal Bantul, termasuk untuk program khusus Santri dan Ustadz di Ponpes Al Anshor Wonosalam Sleman

August 20, 2016
October 1, 2016

Tiket Bus Travel Jogja-Semarang

Coba melayani pemesanan tiket bus travel Jogja-Semarang, operator X-Trans. Sebagai alternatif ketiadaan transportasi berbasis rel penghubung kedua kota tersebut

October 1, 2016
November 1, 2016

Tiket Bus Travel Solo-Semarang

Menyusul sebulan kemudian membuka layanan pemesanan tiket bus travel Solo-Semarang juga untuk operator X-Trans

November 1, 2016
December 1, 2016

Admission Ticket

Menjual tiket masuk tempat wisata (admission ticket) Garden By The Bay Singapore

December 1, 2016
May 1, 2017

Tiket Kereta Api Lebaran 2017

Rutinitas pemesanan tiket kereta api lebaran untuk aruts mudik dan balik Lebaran 2017 memasuki tahun ke-3 sejak pertama kali usaha dirintis

May 1, 2017
June 1, 2017

Mulai Vakum

Karena satu dan lain hal, Manglayang Tour memutuskan untuk vakum sementara waktu

June 1, 2017
July 1, 2018

Toko Fawaid

Coba hadirkan kembali usaha toko muslim Online yang telah tutup sejak “split off” di bulan Oktober 2014. Kali ini dengan nama Toko Fawaid. Mulai mendistribusikan produk madu. Juga membuka channel di Marketplace. Disamping juga mencoba kembali menjual buku dan busana muslim online.

July 1, 2018
November 17, 2019

Manglayang Tour “Reborn” dan Manglayang Trainz Content

Setelah vakum selama kurang lebih 2 tahun, Manglayang Tour akhirnya hadir kembali dan mulai banyak membenahi kekurangan-kekurangan yang ada dan mulai beradaptasi dengan hal-hal baru yang sebelumnya nggak ada. Satu yang ditekankan ialah penjajakan untuk paket wisata sekaligus Travel Consulting. Bukan cuma itu sebuah divisi digital product dan virtual tour mulai dirintis, Manglayang Trainz Content (MTC)

November 17, 2019
March 2, 2020

Pandemi Covid-19

Sayang comeback Manglayang Tour justru terhalang oleh Pandemi Covid-19. Program-program yang telah disusun sebelumnya terutama untuk paket wisata dan travel consulting terpaksa harus ambyar sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mengingat pandemi akan berlangsung dalam waktu lama

March 2, 2020
April 20, 2020

Solo Traveling ID

Mulai menjajaki Travel Consulting secara online meski dalam situasi pandemi dan lockdown total akibat ketiadaan masker dan hand sanitizer. Sebuah situs web Solo Traveling ID dibuat

April 20, 2020
August 1, 2020

Manglayang International Group (MIG)

Mulai mencari solusi baru untuk merubah model bisnis dari semula hanya Tour and Travel menjadi Strategic Business Unit (SBU). Di sini coba merintis satu nama yakni Manglayang International Group (MIG) meski di sisi lain ada benturan dengan Solo Traveling ID

August 1, 2020
October 20, 2020

Manglayang ID

MIG kemudian dirubah menjadi Manglayang ID agar lebih mudah untuk diingat. Sebuah Strategic Business Unit (SBU) yang memiliki unit usaha Tour and Travel, Kuliner, Online Shop hingga digital product. Keberadaan Online Shop membuat Toko Fawaid menjadi bagian integral dari Manglayang ID. Begitupula Solo Traveling ID akhirnya diintegrasikan ke Tour and Travel

October 20, 2020
March 2, 2021

Manglayang Printing

Manglayang ID meresmikan unit bisnis baru yakni Manglayang Printing yang bergerak di bidang usaha digital printing untuk foto, stiker hingga kalender

March 2, 2021
June 15, 2021

Manglayang Food and Beverage (FNB)

Meski sudah sempat dijajaki sejak mulai Maret 2021, unit bisnis kuliner akhirnya baru menemukan jati dirinya di bulan Juni 2015 yakni Manglayang Food and Beverage (FNB). Punya 3 brand turunan yakni: KohiDen, MirukuDen, dan ShokujiDen. Masih menggunakan Pariwisata dan Transportasi sebagai inspirasi dan filosofi. Disamping produk yang lebih sehat tentunya

June 15, 2021

Perjalanan yang lumayan panjang sejak 1 April 2014. Tentunya dalam setiap perjalanan itu ada banyak sekali hal-hal yang bersifat adventurous. Menjadi dasar dalam penentuan visi All Exciting Adventure, meski itu sejatinya lebih berorientasi ke pelanggan karena terkait langsung dengan aktivitas pariwisata dan transportasi. Dengan adanya unit bisnis seperti Food and Beverage (FNB), ditambah lagi Healthy and Safety. Dalam arti produk FNB yang ditawarkan beneran memenuhi standard kesehatan dan keselamaran. Lagi-lagi dua aspek itu juga bisa diterapkan dalam aktivitas Tour and Travel.

Profil Usaha: Gara Gara Covid-19 Business Model pun Bergeser

Setelah 2 tahun mengalami kevakuman, Manglayang Tour akhirnya kembali di 17 November 2019. Mulai menjajaki Paket Wisata selain melanjutkan aktivitas ticketing online yang telah berjalan sebelumnya. Kembalinya Manglayang Tour dibarengi dengan berlakunya Gapeka 2019 sebulan kemudian.

Namun sayang baru penjajakan dan jalan beberapa bulan, Pandemi Covid-19 keburu datang. Tanggal 2 Maret 2020 pemerintah mengumumkan kasus positif pertama telah terjadi di Indonesia. Sebulan berselang pemerintah memberlakukan PSBB Total. Hal ini tentunya sangat memukul sektor Pariwisata dan Transportasi.

Tak ingin bernasib sama seperti kebanyakan usaha Pariwisata dan Transportasi yang mengalami kerugian besar bahkan sampai ada yang bubar, Manglayang Tour pelan-pelan mulai menggeser business model dari semula hanya Tour and Travel jadi semacam Strategic Business Unit (SBU) yang punya unit usaha lain diluar core-business Tour and Travel itu tadi.

Mulai cari-cari bentuk sejak Agustus 2020 sampai akhirnya terbentuklah Manglayang ID, pertengahan Oktober 2020. Mengintegrasikan unit usaha Manglayang Trainz Content (MTC), situs Solo Traveling ID, Manglayang Printing dan akhirnya terwujudlah unit usaha kuliner, Manglayang Food and Beverage (FNB) dengan 3 brand yakni Kohiden, Mirukuden, dan Shokujiden.

Profil Usaha – Jejepangan tapi Tetap Membumi

Profil Usaha

Manglayang ID saat ini sangat kental dengan nusansa ke-Jepangan (Jejepangan). Di antara bukti ke-Jepangan ialah Trio Brand KohiDen, MirukuDen, dan ShokujiDen dibawah Manglayang FNB. Dari namanya aja udah Jepang banget dan menggunakan salah satu daya tarik wisata negeri Sakura itu juga, Shinkansen, sebagai logo-nya.

Ketiga nama berakhiran Den berasal dari kata Densha atau Dentetsu yang maknanya kereta listrik. Sedikit info Densha paling umum dipakai di Jepang dalam hal dunia perkeretaapian. Pasalnya 80% jaringan kereta di Jepang saat ini menggunakan tenaga listrik. Sehingga sah-sah saja menggunakan kata Densha. Adapun kereta api sejatinya Ressha (juga berarti kereta uap). Di Jepang masih ada Ressha namun beroperasi terbatas hanya untuk kepentingan pariwisata.

Meski Jepang banget untuk bahan bakunya masih diutamakan berasal dari Indonesia. Hasil dari pertanian, peternakan, dan perkebunan Nusantara. Meski tetap ada sebagian kecil berasal dari Jepang.

Aroma Jepang juga terlihat dari cara penyapaan terhadap audience di situs. Gunakan kalimat Irrasaemashae, Minasama, dan semisalnya. Juga di Manglayang FC sebagai unit Fun Sport and Recreation sangat kental sekali. Itu bisa dilihat dari logo dan jersey nya yang sangat Jepang. Terdapat ornamen-ornamen Negeri Sakura di situ. Namun lagi-lagi meski Jejepangan tapi tetap membumi.

All Exciting Adventures: Healthy and Safety

Visi dan Misi jelas banget mesti masuk dalam Profil Usaha. Setelah berhasil merubah business model, Manglayang ID lantas mengusung visi All Exciting Adventures. Memang sangat identik dengan core business di bidang Pariwisata dan Transportasi. Meski demikian itu juga bisa diaplikasikan untuk unit usaha lainnya. Meski masing-masing unit ada visi dan tagline sendiri yang merupakan turunan dari situ.

Ambil contoh KohiDen dengan “Your Travel Buddy”-nya. Menjadikan produk dari brand tersebut teman dalam traveling sehingga sekalipujn kamu melakukan kegiatan Solo Traveling itu nggak akan sendirian banget.

Untuk menunjang visi tersebut, tentunya harus ada misi. Nah berhubung perubahan business model terjadi di masa pandemi Covid-19 tentunya ada misi yang harus disesuaikan dengan kondisi tersebut meski sejatinya tetap bisa berlaku setelah pandemi berlalu kelak. Misi tersebut ialah Healthy and Safety yang mencakup:

  • Healthy and Safety Traveling. Dimana kami mengarahkan traveler agar tetap menjaga kesehatan dan keselamatan selama kegiatan traveling berlangsung. Traveler disarankan untuk senantiasa membawa supplement dan obat-obatan yang dibutuhkan. Agar tetap aman terutama di saat pandemi belum usai traveler ditekantan untuk senantiasan menjaga protokol kesehatan seperti masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan (jaga jarak). Bahkan ditekankan untuk mengikuti program Vaksinasi agar Pandemi bisa cepat selesai melalui terbentuknya Herd Immunity. Hal-hal seperti ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan edukasi kepada traveler melalui situs web dan social media Manglayang ID.
  • Healthy and Safety Meals. Juga berlaku di Food and Beverage (FNB). Apalagi tujuan menyediakan solusi berupa kuliner sehat, meliputi: meniadakan MSG dan menggantinya dengan substitusi yang lebih sehat, penambahan seasoning seperti garam dan gula mengikuti standard yang ditetapkan Kementerian Kesehatan dan WHO, hanya menyajikan makana dan minuman sehat, bahan bakunya pun harus healthy baik itu pure healthy maupun yang terkait dengan takaran tadi.

Manglayang Printing, Manglayang Trainz Content (MTC) dan Manglayang FC

Disamping Manglayang Food and Beverage (FNB) dan Manglayang Tour and Travel, masih ada 2 business unit lagi dan satu entitas yang jadi bagian integral dari Manglayang ID dan karenanya perlu masuk dalam profil usaha:

Manglayang Printing, business unit yang bergerak di bidang Digital Printing. Melayani order cetak foto-foto termasuk segalam momen ketika kamu lagi traveling. Jasa cetak stiker chromo dan vinyl untuk kamu yang membutuhkan itu. Dan jasa cetak kalender. Mulai diintegrasikan ke dalam group Manglayang ID pada bulan Maret 2021.

Manglayang Trainz Content (MTC) dan Manglayang FC. Business unit dan entitas yang satu ini memang terbilang unik karena dibentuk pada tahun 2019 ketika Manglayang ID (waktu itu masih Manglayang Tour mengalami kevakuman). Ketika vakum memang pernah coba menghidupkan lagi Toko Online yang telah di non-aktifkan pada Oktober 2014. Meski yang akhirnya berjalan hanya Toko Fawaid (menjual herbal seperti madu).

Nah di periode vakum ini sebetulnya ada sedikit kekeliruan fatal yang harusnya tak perlu terjadi. Ceritanya di tanggal 1 Juni 2016 ketika Manglayang Tour vakum ada sebuah situs web dengan format blog yang khusus membahas seputar perkeretaapian Indonesia. Situs itu juga jadi reseller tiket kereta api diluar MMBC yang menggunakan provider tetangga. Meski hanya bertahan hingga awal 2018.

Kemudian di akhir 2018 situs itu tiba-tiba menjelma menjadi sebuah komunitas pecinta kereta api (kasarnya Railfans gitu) dan berjalan hingga resmi dibubarkan 17 November 2019. Selama setahun komunitas itu coba membentuk semacam tim bola/futsal. Cuma sayangnya belum jalan komunitas keburu dibubarkan karena ego para anggota yang terlalu mendominasi dan kebanyakan susah untuk diajak berpikir maju.

Disamping itu sempat pula dirintis usaha pembuatan add-ons Trainz Simulator untuk platform android dan PC/Laptop. Singkat cerita setelah komunitas tidak penting itu bubar, Manglayang Tour kembali. Usaha add-ons itupun akhirnya diintegrasikan ke dalam sistem Manglayang Tour sehingga menjadi Manglayang Trainz Content (MTC).

Adapun tim bola/futsal yang nggak jadi itu, setelah berunding akhirnya manajemen memutuskan untuk lanjut lantas diberi nama Manglayang FC yang orientasinya Fun Sport and Recreation. Sebagai wadah untuk menjalin silaturrahim. Keduanya kini masuk ke dalam group Manglayang ID.

Manglayang Foundation: KST, Transport Gallery dan Railway History

Sejatinya sisa-sisa dari masa kelam di 2018-2019 itu nggak sepenuhnya buruk. Masih ada sebagian kecil yang satu visi dan tetap ingin dibina meski dalam format yang berbeda. Salah satunya Kedung Sepur Transport, komunitas pecinta transportasi umum yang berasal dari Semarang.

Kemudian ikut hadir pula Transport Gallery dan Railway History. Dengan penekanan ke aspek fotografi dan edukasi. Sebatas itu saja dan tak lebih. Karenanya dibentuklah Manglayang Foundation untuk mewadahi ketiganya.

Karena itupula perlu dibahas sedikit di Profil Usaha, sekalipun non-commercial unit. Cuma ada keuntungan yang bisa didapat dari mereka yang tergabung di dalam forum-forum tersebut. Dimana setiap konten yang mereka unggah berpeluang tampil di situs utama Manglayang ID.

%d bloggers like this: