20211029 (1) RS BMC Bandung Sekarang Dah Hampir Kelar REV

RS BMC Bandung Sekarang Dah Hampir Kelar!

Dulu pernah jadi bangunan horor bahkan jadi lokasi uji nyali, RS BMC Bandung sekarang dah hampir kelar renovasinya. Dengan bangunan yang lebih upgrade nggak ada lagi kesan horor di situ. Nantinya akan berubah nama jadi RS Pasundan. Sekilas akan jadi rumah sakit tipe C walaupun belum jelas negeri atau swasta.

Masih ingat konten tentang sebuah bangunan tua menyeramkan di sekitar Dago Bandung? Ya bangunan yang memang identik dengan rumah sakit pernah menggemparkan lantaran terbengkalai cukup lama. Pernah dipake sebagai rumah sakit milik kepolisian RI, namun usai pindah justru malah terbengkalai hingga akhirnya sering dipake buat objek wisata uji nyali.

Bangunan tersebut sebenarnya cukup strategis. Berada di kawasan segitiga antara Dago, Dipatiukur, dan Surapati (Cikapayang). Tepatnya di depan Taman Paratayudha. Dulu semasa tempat ini masih jadi RS Sartika Asih milik Kepolisian, pernah ada kuliner bubur yang sangat enak dan cukup terkenal. Kurang lebih sekitar tahun 1990-an.

Namun memasuki millenium baru, RS Sartika Asih pindah lokasi. Meski masih sebagai rumah sakit, manajemen berganti. Sayangnya nggak berselang lama bangunan peninggalan Belanda tersebut benar-benar ditinggalkan hingga menimbulkan kesan angker dan mistis. Tukang jualan buburnya juga udah lama angkat kaki dari situ. Terutama di tahun 2010-an ke atas, mulailah muncul cerita-cerita berbau mistis disitu. Bangunan pun jadi mangkrak. Kabarnya ada silang sengketa dengan ahli waris pemilik tanah.

RS BMC Bandung Sekarang Dah Direnovasi dan Hampir Kelar

20211029 (3) Tak Ada Lagi Kesan Horor Di Sini

Sebetulnya di konten sebelumnya, bangunan angker tersebut juga udah dalam keadaan direnovasi. Itu artinya bangunan udah nggak lagi mangkrak. Ya kira-kira hampir serahun yang lalu kunjungan ke tempat itu lagi dalam proses renovasi dan sangat terlihat aktivitas tersebut. Ketika itu kesan angker yang selama ini melekat perlahan mulai hilang.

Awalnya diduga bangunan akan difungsikan sebagai lokasi isolasi untuk Pasien terkonfirmasi Positif Covid-19. Apalagi Nataru udah didepan mata. Pastinya mobilitas yang tinggi akan berpengaruh pada peningkatan jumlah kasus positif. Terlebih waktu itu juga belum ada vaksin Covid-19.

Bahkan ada sedikit joke. Walapun bangunannya mangkrak dan nggak tersentuh renovasi sama sekali tetap bisa difungsikan buat isolasi bagi para pelanggar Prokes. Tujuannya untuk memberi efek jera. Supaya mereka berpikir ribuan kali untuk sekedar mengabaikan prokes. Di saat vaksin Covid-19 belum ada, Prokes jadi satu-satunya cara untuk memproteksi diri kita. Malah hal itu juga tetap berlaku ketika kita sudah mendapat Vaksin Covid-19 dosis lengkap.

Jadi RS Pasundan dan Siap Layani Masyarakat

20211029 (2) RS BMC Bandung ganti nama jadi RS Pasundan

Dari penelusuran kedua setelah kurang lebih setahun berselang, bangunan bekas RS BMC Bandung yang horor itu dipastikan akan tetap difungsikan sebagai Rumah Sakit. Cuma namanya aja berubah jadi RS Pasundan. Terlihat dari tulisan di bagian paling atas bangunan. Belum jelas juga kepemilikannya, apakah milik pemerintah (negeri) ataukah swasta.

Cuma kalo dilihat lebih seksama, besar kemungkinan akan jadi rumah sakit tipe C, Biasanya untuk tipe C akan jadi rujukan level kedua terutama untuk pasien BPJS setelah dari Faskes Primer. Nggak ada lagi kesan horor dan aura mistis. Renovasi dah hampir kelar. Kita tunggu saja RS Pasundan mulai melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan medis layaknya rumah sakit pada umumnya. Bukan lagi untuk wisata uji nyali

Masih Boleh Uji Nyali Nggak di Ex RS BMC Bandung Sekarang?

Pasti ada pertanyaan muncul pada sebagian kamu apakah masih boleh uji nyali di ex RS BMC Bandung sekarang yang sebentar lagi akan berubah jadi RS Pasundan. Saran kami sih sebaiknya jangan. Selain karena momennya nggak pas dimana Pandemi Covid-19 belum usai, juga ada risiko lain. Karena bangunan sedang dalam pengerjaan tentunya kalo mau masuk harus memakai alat-alat keselamatan seperti helm safety yang biasa dipake di proyek-proyek gitu.

Dan lagi udah nggak seru juga uji nyali di tempat itu. Sensasinya udah beda banget. Dah nggak kaya dulu lagi waktu bangunannya masih mangkrak. Kalo sekarang kan hampir jadi. Malah tinggal menunggu waktu aja untuk beroperasi lagi seperti dulu. Sebagaimana peruntukannya yakni Rumah Sakit yang melayani masyarakat. Udah itu juga ngapain uji nyali sementara bangunannya sendiri lebih up to date? Lebih seru pada saat gedungnya mangkrak. Nah gedung RS BMC Bandung sekarang kan nggak bisa lagi dibilang mangkrak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: