Sel Tahanan Bung Karno di ex Lapas Banceuy

Sel Tahanan Bung Karno berada di tengah-tengah pertokoan Jalan Banceuy Kota Bandung. Kawasan ini dulunya kompleks Lapas Banceuy yang sekarang pindah ke Jalan Soekarno Hatta dekat Terminal Leuwipanjang.

Monumen bersejarah ini berada di tengah Kota Bandung. Nggak jauh dari Alun Alun Bandung. Jadi salah satu saksi sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Di tempat ini draft Indonesia Menggugat itu disusun oleh sosok yang kelak menjadi presiden pertama kita.

Mulanya tempat ini memang bangunan penjara atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Udah ada sejak zaman Penjajahan Belanda. Namanya Lapas Banceuy. Terletak di jalan Banceuy. Di sisi utara Alun Alun Kota Bandung. Saat ini bangunan lapas udah berubah jadi kompleks pertokoan.

Sementara Lapas Banceuy sendiri sejak 1983 pindah ke Jalan Soekarno Hatta. Dekat Terminal Bus Leuwi Panjang Bandung. Meski telah berubah fungsi satu bagian Lapas yang lama tetap dipertahankan. Mengingat itu adalah bagian dari sejarah Kemerdekaan Indonesia.

Sel Tahanan Bung Karno

Bagian dari Lapas yang dipertahankan itu ialah sel tahanan tempat Sang Proklamator dulu pernah dijebloskan oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Bersama sejumlah tokoh pergerakan Nasional. Aksinya dianggap makar dan membahayakan kelangsungan Hindia Belanda.

Di tempat itulah Bung Karno menyusun sebuah draft berjudul Indonesia Menggugat. Itu akan jadi semacam pembelaan di persidangan kelak. Keluar masuk penjara di masa itu memang udah jadi hal biasa bagi Bung Besar. Bukan hanya penjara. Pengasingan pun pernah beliau alami.

Situs Wisata Sejarah

Bekas sel tahanan Bung Karno di Banceuy sebenarnya bisa dijadikan situs wisata sejarah. Apalagi posisinya dekat sama Alun-Alun Kota Bandung. Bisa dijadiin destinasi Bandung Adventure juga tentunya, Explore Bandung dan sejenisnya.

Semua bisa dibikin dalam satu paket. Jalan Asia Afrika dari Parapatan Lima hingga Alun-Alun. Beberapa bangunan bersejarah ada di sana. Mulai dari Hotel Preanger, Hotel Savoy Homan, Museum Konferensi Asia Afrika. Jalan Asia Afrika merupakan bagian dari Posweg yang dibangun oleh Daendles. Membentang dari Anyer hingga Panarukan.

Sampai di Alun Alun Kota Bandung. Selesai dari sana ke Banceuy. Singgah sejenak di situs yang jadi bagian dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Nah setelahnya bisa dilanjutkan ke Kawasan Braga.

Siap jadikan situs bersejarah ini destinasi wisata kamu? Ketika wabah Coronavirus usai? Sekarang mah Di Rumah Aja ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.