Shinsaibashi Dotonbori Osaka, Destinasi Wisata Belanja

by Feb 24, 2021Fly Me To Japan1 comment

Bermula dari sebuah jembatan yang dibangun di zaman Feodal, Shinsaibashi Dotonbori Osaka berkembang jadi area khusus belanja dan hangout anak-anak muda Osaka, Kansai, bahkan dari luar negeri. Belum lengkap rasanya kalo belum kemari. Terutama di tempat hangout paling favorit yakni Glico Sign. Akses paling mudah bisa naik Osaka Metro, terutama yang baru turun dari Shinkansen.

Sejatinya lokasi ini udah ada sejak tahun 1622. Hmm, berarti masih sekitar 200an tahun sebelum Restorasi Meiji yang menandai modernisasi Jepang dari sebelumnya negara tertutup di zaman Feodal dan Shogun. Itu artinya 1622 masih zaman Feodal ya. Berarti lokasi ini udah legend banget. Bermula dari Shinsaibashi bridge yang dibangun oleh Shinsai Okada di tahun tersebut.

Nah semakin jelas nih, dibalik Shinsaibashi ternyata ada sosok Shinsai Okada. Jembatan dibangun di atas sungai kecil bernama Nagahorigawa. Jadi landmark Osaka hingga tahun 1964. Berarti selama 340-an tahun kalo gitu. Dihitung sama tahun pembangunan jembatan tadi. Nah setelah itu jembatan dibongkar. Namun kawasan ini terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Shinsaibashi Dotonbori Osaka, Dari Jembatan ke Distrik Belanja dan Hangout

Distrik Khusus Belanja sekaligus Objek Wisata di Osaka

Berawal dari jembatan yang kemudian dibongkar, Shinsaibashi lantas berkembang jadi distrik belanja dan hangout anak-anak muda di Osaka dan Kansai Area. Setiap kali mendengar nama itu pastinya nggak akan lepas dari surga belanja maupun hangout. Di area ini banyak berdiri pusat-pusat perbelanjaan. Salah satu yang paling terkenal ialah Daimaru.

Sejumlah store dengan brand-brand ternama seperti Adidas banyak berjejeran di sini. Nggak lupa konbini hingga toko diskon Don Quijote juga ada di area ini. Shinsaibashi saat ini bukan sekedar jadi tempat nongkrong anak-anak muda asal Osaka dan Kansai. Turis mancanegara pun memasukan tempat ini ke dalam itinerary kunjungan ke Osaka dan Kansai Area. Jadi wajib dikunjungi gitu. Padahal mah nggak jauh-jauh dari belanja.

Jadi destinasi wisata makanya jangan heran di sini banyak terdapat penginapan. Banyak turis memilih menginap di sini. Secara lokasinya juga sangat strategis. Dari Universal Studios Japan (USJ) cuma sekitar 35-45 menit saja. Dari sekian banyak area di sini, ada satu spot yang sepertinya wajib dikunjungi kalo ke sini. Padahal nggak terlalu istimewa sih, cuma berupa sign kaya billboard gitu.

Glico Sign tempat hangout Shinsaibashi Dotonbori Osaka

Lokasi ini terletak percis di tepi Sungai Nagahorigawa, yakni Dotonbori Glico Sign. Cukup terkenal padahal cuma billboard doang. Lokasi sekitarnya jadi tempat hangout favorit turis bahkan dijadiin spot fotografi. Untuk mendapat angle bagus biasanya foto diambil dari Jembatan Ebisu (Ebisu Bridge) tepat di dekatnya. Nah Ebisu Bridge ini khusus untuk pejalan kaki, jadi nggak dilewati kendaraan bermotor.

Ebisu Bridge jadi satu di antara beberapa pintu masuk menuju Shinsaibashisuji Shopping Arcade atau kawasan perbelanjaan Shinsaibashi Dotonbori Osaka. Oh iya, tempat ini kadang disebut juga Dotonbori. Meski Shinsaibashi dan Dotonbori sejatinya beda. Shinsaibashi area belanja sementara Dotonbori lebih ke kuliner dan hiburan. Tapi keduanya masih dalam satu area dan tentunya berdekatan.

Akses Termudah dengan Osaka Metro (dari Shin Osaka)

How to access Shinsaibashisuji Shopping Arcade and Dotonbori Area? Tentunya kamu bisa manfaatin moda transportasi berbasis rel yang jadi backbone di Osaka dan Jepang pada umumnya. Bila kamu datang dari Tokyo atau kota lain, pastinya akan turun di Shin Osaka Station. Mengingat kereta jarak jauh termasuk Tokaido Shinkansen dan Sanyo Shinkansen kebanyakan dilayani di situ.

Dari Shin Osaka ada akses paling mudah dan langsung menjangkau Shinsaibashi Dotonbori Osaka, yakni Osaka Metro Subway. Turun dari Shinkansen, tap out dulu lewat exit gate, lalu berjalan menuju Osaka Metro. Tinggal ikutin petunjuk aja.

Layanan JR West dan Osaka Metro di Shin Osaka Station masih dalam satu gedung. Jadi kamu nggak perlu keluar apalagi nyeberang jalan raya. Dari Shin Osaka naik subway Midosuji Line, turun Shinsaibashi Station. Nah dari situ udah bisa langsung masuk ke area Shinsaibashisuji lewat Pintu Utara.

Buat kamu pemegang JR Pass dan nggak mau rugi nambah ongkos? Bisa aja gratisan naik Kereta Lokal JR West. Tapi risokonya harus transit sebanyak 3 kali pindah jalur. Dari Shin Osaka mesti ke Osaka Station dulu transfer ke Osaka Loop Line. Udah itu lanjut ke Imamiya Station, turun terus transfer lagi ke Yamatoji Line. Dari situ naik Lokal lagi menuju JR Namba Station (terminus). Ribet kan? Tapi ya itu risikonya kalo pengen ngirit.

Kecuali misalkan kamu abis dari Universal Studios Japan (USJ) memang nggak ada pilihan lain selain kereta JR West. Sama juga 3x pindah kereta. Dari Universal City ke Nishikujo (Sakurajima Line), transfer ke Osaka Loop Line lanjut Lokal lagi arah Imamiya Station. Udah itu transfer Yamatoji Line lanjut ke Namba Station.

%d bloggers like this: