Kebijakan Refund dan Permasalahan Transaksi

Kebijakan Refund dan Permasalahan Transaksi meliputi pengembalian dalam bentuk uang, penukaran produk dimana ongkos kirim akan ditanggung oleh manajemen ShopNow untuk pengiriman ke pelanggan, dan seputar permasalahan transaksi lainnya. Sedikit catatan, untuk transaksi ticketing online dan produk tour and travel yang terafiliasi langsung dengan MMBC mengikuti aturan MMBC Tour and Travel.

Kebijakan Refund : Pengembalian dalam bentuk Uang

Refund terdiri dari pengembalian penuh (100%) dan setengah (50%), ketentuannya sebagai berikut:

  • Pengembalian penuh 100% bisa diajukan apabila produk yang diterima rusak, cacat, dan tidak sesuai pesanan. Namun hanya jika kondisi-kondisi tersebut memang telah ada sejak awal produk masih berada di sisi ShopNow dan belum dikirimkan via kurir.
  • Pengembalian 50% bisa diajukan apabila pelanggan merasa tidak puas atas produk tersebut. Seperti merasa tidak sesuai dengan apa yang telah dijanjikan sebelumnya. Ketika produk tersebut dipromosikan.
  • Pengembalian uang tidak berlaku atau hangus bila terjadi kondisi rusak atau cacat yang diakibatkan oleh kecerobohan di sisi pelanggan. Termasuk kelalaian dan kecerobohan di sisi pelanggan ialah memilih opsi pengiriman reguler untuk produk-produk yang cepat rusak seperti produk FNB: minuman kekinian, makanan roti, kue-kue basah, olahan mie, dan semisalnya. Keputusan pelanggan untuk tidak memilih opsi asuransi atau packing kayu untuk produk dalam botol kaca seperti madu juga bisa dikatagorikan kelalaian di sisi pelanggan yang bisa mengakibatkan produk mengalami rusak atau cacat.

Penukaran Produk

Bisa diajukan apabila terjadi ketidaksesuaian atas produk yang diterima (sebagai alternatif dari refund penuh) atau produk tersebut mengalami kerusakan di perjalanan ketika di kirim oleh kurir. Dimana hal tersebut bisa terjadi akibat kecerobohan atau kesalahan di sisi kurir ataupun alasan lainnya.

Permasalahan Transaksi

  • Transfer di Jam Cut Off Bank yang mengakibatkan tidak terbaca oleh sistem perbankan di jam tersebut dan baru terbaca di keesokan hari. Apabila hal ini terjadi maka status pemesanan produk masih akan PENDING selama uang yang telah ditransfer itu terbaca oleh sistem bank dan terkonfirmasi.
  • Transaksi QRIS menggunakan e-wallet (Dana, Gopay, LinkAja, OVO, ShopeePay) dan Mobile Banking (e.g. BCA Mobile, Livin by Mandiri, OCTO Mobile by CIMB NIaga, dll) bisa Real Time Online 24 jam selama tidak ada masalah dan gangguan teknis di sisi biller.
  • Batas waktu transaksi pembayaran ialah 1 x 24 jam sejak Check Out, terutama untuk Bank Transfer. Bila tidak ada transaksi pembayaran selama batas waktu tersebut, maka transaksi akan dinyatakan BATAL (Canceled).
  • Apabila terjadi kegagalan transaksi QRIS yang bukan diakibatkan gangguan biller, misalkan tanpa sengaja menekan tanda return di handphone, masih bisa memesan ulang produk tersebut dan mengulangi lagi transaksi QRIS. Dimana batas waktunya 1 x 24 jam. Tentunya bila hal ini terjadi pelangan akan diberitahu lebih dulu via email atau WhatsApp Center.
  • Apabila melakukan pemesanan produk berkali-kali tanpa melakukan pembayaran saat check-out (indikasi aktivitas tak wajar seperti SPAM), bisa mengakibatkan akun di banned. Karena hal tersebut bisa mempengaruhi stok produk. Terutama untuk produk-produk yang ready stock.
%d bloggers like this: