taman poci tegal tongkrongan dan minuman khas

Taman Poci Tegal antara Tongkrongan dan Minuman Khas

Terletak agak ke utara dari stasiun kereta api, Taman Poci Tegal memang nggak beda dengan taman lain dan RPTRA. Namun tempat ini masih cocok buat tongkrongan dan olahraga ringan. Terdapat tugu yang menandakan The Poci sebagai minuman khas Tegal.

Pendahuluan

Sebelumnya kita telah membahas Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal yang gratis. Kebanyakan taman dan walaupun nggak bayar tapi ada persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mengunjunginya. Dimana syarat tersebut ialah waktu berkunjung. Jadi taman itu nggak buka 24 jam.

Kenapa ada batasan waktu kunjungan? Boleh jadi tujuannya untuk pemeliharaan. Apalagi kalo banyak pohon, tanaman, dan rumput di sana itu harus dipelihara dengan sebaik mungkin. Batasan itu untuk mempermudah nantinya petugas pemeliharaan menjalankan tugasnya.

Taman Poci Tegal di Utara Stasiun

Satu diantara Objek Wisata gratis itu adalah Taman Poci Tegal. Terletak di sebelah utara Stasiun Tegal. Jadi kalo kamu baru datang, keluar stasiun ambil belok ke kanan. Jalan kaki nggak begitu jauh, bahkan nggak ada 1 km, udah nyampe di lokasi tersebut.

Mirip dengan Taman Lainnya

Sekilas memang mirip dengan taman lainnya. Dianggap nggak rame gitu lantaran nggak ada ubahnya dengan taman RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) yang ada di Jakarta, Bandung dan kota lainnya. Walaupun begitu tetap aja bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata tanpa dipungut biaya.

Taman Poci Tegal : RPTRA dan Tempat Nongkrong

Mirip dengan RPTRA pada umumnya berarti taman ini bisa buat bermain anak. Ya memang betul demikian. Dinas terkait menyediakan fasilitas tersebut. Bahkan ada ruang laktasi sebagai salah satu fasilitas penunjang.

Selain itu di sini juga terdapat sejumlah kursi buat duduk. Sehingga kamu bisa memanfaatkan lokasi ini sekedar untuk nongkrong. Apalagi ada Wifi Gratis yang bisa kamu akses. Untuk masuk boleh bawa makanan dan minuman. Namun perlu diingat tetap harus jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Taman Poci Tegal : Untuk Olahraga Ringan

Taman ini ukurannya memang nggak sebesar Alun Alun Utama. Kira-kira hanya sepertiganya. Namun bukan berarti kamu nggak bisa memanfaatkan tempat ini untuk jogging and walking. Olahraga ringan InSyaaAlloh tetap bisa dilakukan di sini.

Bisa Untuk Acara Skala Kecil

Taman Poci Tegal menyediakan bale-bale dengan terpal setengah lingkaran. Nah jika melihat hal ini berarti bisa untuk acara berskala kecil. Tapi kalo mau ngadain konser heboh jelas bukan disini tempatnya.

Tugu Teh Poci Sebagai Penanda

Terakhir adalah Tugu Teh Poci yang berdiri tepat ditengah-tengah taman. Mungkin biar bedakan dengan taman tematik lainnya dibuatlah tugu itu. Secara teh poci sendiri adalah salah satu minuman khas Tegal.

Salah satu produsesnnya yang cukup terkenal pun berasal dari sini, sebut aja Tong Djie. Keberadaan tugu ini sebagai penegasan nama Taman Poci Tegal. Salah satu destinasi wisata gratis di Kota Bahari yang nggak jauh dari stasiun kereta api.

Gratis Tapi (Sepertinya) Ada Waktu Kunjungan

Untuk menikmati Taman Poci Tegal kamu sama sekali nggak dipungut biaya. Kalopun ada palingan untuk mengadakan kegiatan skala kecil yang udah disebut di atas. Meskipun gratis sepertinya tetap ada waktu kunjungan. Dimana pada saat taman ditutup biasanya petugas pemeliharaan mulai menjalankan tugasnya.

Kesimpulan

Taman Poci Tegal adalah salah satu Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal yang gratis tanpa ada biaya. Tapi walaupun begitu ada waktu tertentu dimana taman ditutup untuk pemeliharaan. Sekilas nggak ada beda dengan taman dan RPTRA lain. Tapi bisa dimanfaatkan untuk sekedar nongkrong, olahraga ringan, atau mau bikin acara skala kecil.

Galeri Foto


Comments

2 responses to “Taman Poci Tegal antara Tongkrongan dan Minuman Khas”

  1. […] otomatis juga menuntaskan pembahasan Objek Wisata Dekat Stasiun Tegal. Dimana tempat-tempat seperti Taman Poci dan Alun Alun Timur bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang bahkan tak dipungut biaya […]

  2. […] pembahasan tentang Taman Poci Tegal, kini giliran objek wisata dekat Stasiun Tegal yang justru terletak percis di depannya. Bahkan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *