Teras Cihampelas, Dulu Dipuji Sekarang Miris

Teras Cihampelas, sebuah pedestrian skywalk di kawasan wisata belanja Cihampelas dulu pernah dapat pujian dari Presiden. Namun kondisinya sekarang berbeda 180 derajat. Lokasi yang tadinya nyaman dan jadi tempat hangout instagramable sekarang miris banget. Padahal tempat ini punya potensi bagus buat sentra UMKM Kota Bandung selain destinasi wisata juga tentunya.


[INFOGRAFIS] TERAS CIHAMPELAS DULU DIPUJI SEKARANGMIRIS

Ngomongin Cihampelas pasti nggak akan jauh-jauh dari 2 hal: wisata belanja dan jeans. Lokasi ini udah eksis sejak tahun 1970-an. Jadi kawasan wisata favorit buat yang mau belanja pakaian. Terutama celana jeans sangat identik dengan Cihampelas. Khususnya sebelum tahun 2000-an. Belum ke Bandung kalo nggak nginjak Cihampelas.

Saking ramenya, daerah ini udah dikepung kemacetan sejak dulu. Di saat daerah lain masih memberlakukan lalu lintas 2 arah, Jalan Cihampelas udah diberlakukan satu arah di tahun 1970-an. Alasannya itu tadi, rame sama yang mau belanja pakaian. Nggak hanya itu, sampe sekarang masih berdiri eksis patung replika superhero di beberapa toko penjual pakaian. Sekalipun sebuah mall modern udah berdiri di situ.

Teras Cihampelas Jatahnya UMKM

Marak Factory Outlet di Bandung pada tahun 2000-an membuat pamor Cihampelas perlahan mulai turun. Ditambah lagi harga pakaian yang dijual ternyata lebih mahal daripada Factory Outlet. Meski tak mengurangi keramaian kawasan itu. Karena ternyata yang datang ke sana bukan cuma kepengen belanja. Tapi juga pengen sekedar jalan-jalan.

Selain toko pakaian, di Cihampelas banyak berjejer toko oleh-oleh khas Bandung. Sejumlah travel jurusan Jakarta juga membuka pick up point di sini. Malah ada yang dijadiin semacam dipo. Hotel-hotel banyak berjejer di sini karena letaknya yang strategis.

Nah sekitar tahun 2016-2017 mulai dibangun Teras Cihampelas dengan konsep Pedestrian Skywalk. Jadi area khusus buat pejalan kaki. Tujuan awalnya supaya nggak mengganggu arus lalu lintas di Jalan itu yang memang sangat rame. Selain buat pedestrian, skywalk ini juga diset sebagai sentra UMKM. Jadi dikasih semacam booth khusus buat UMKM menjajakan daganannya. Mulai makanan hingga kerajinan.

Teras Cihampelas cukup rame di tahun 2017 hingga 2019 awal. Lokasi ini jadi tempat hangout instagramable. Bahkan disebut-sebut bakal jadi icon baru Kota Bandung. Keberhasilan menyulap kawasan yang tadinya berantakan jadi rapi bahkan instagramable sempat mendapat pujian dari Pak Presiden.

Kondisi Miris ditambah Hantaman Covid-19

Sayang di akhir 2019 kondisi Teras Cihampelas berubah 180 derajat. Tempat yang tadinya nyaman dan sangat instagramable seketika berubah jadi sepi dan kotor terutama di lantai pedestrian. Mayoritas gerai tutup dan ditinggal pemiliknya. Belum lagi pusat informasi yang tutup dan toilet yang terkunci semuanya. Kondisi miris makin nampak akibat hantaman Pandemi Covid-19 sejak awal Maret 2020.

Meski masih bisa didatangi, kondisinya beda jauh dari tahun 2017 dan 2018. Malah sekarang bisa aja dipake buat main layang-layangan. Kebayang kaya apa kalo malam? Gelap udah jelas, malah mungkin aja lokasi ini di malam hari rawan tindak kejahatan. Karenanya perlu perhatian serius untuk mengembalikan kondisi Teras Cihampelas seperti sediakala. Jadi tempat hangout favorit.

Leave a Comment

Your email address will not be published.