Tokyo Monorail Bisa Langsung ke Tokyo Tower

by Apr 15, 2020Fly Me To Japan0 comments

Tokyo Monorail, moda transportasi penghubung Haneda Airport dan Pusat Kota Tokyo via Hamamatsucho. Waktu tempuhnya kurang dari satu jam dengan jarak 2-2,5 km. Bisa langsung ke Tokyo Tower.

Bukan barang baru di Tokyo. Moda transportasi massal yang satu ini udah eksis sejak tahun 1960-an. Mulai beroperasi 17 September 1964 sebagai penghubung Haneda Airport dan Pusat Kota Tokyo. Sekaligus dukungan atas Olimpiade Tokyo di tahun yang sama.

Dari tanggal beroperasinya, moda transportasi ini lebih tua daripada Tokaido Shinkansen. Kereta super cepat antara Tokyo dan Osaka malah baru beroperasi 1 Oktober 1964. Walaupun jaraknya hanya setengah bulan. Intinya kedua moda itu untuk mendukung pesta olahraga musim panas 1964.

Tokyo Monorail Sebenarnya Operator Swasta

Moda transportasi jarak pendek ini disebut Tokyo Monorail. Sama dengan nama operatornya. Mengubungkan Haneda Airport dan Hamamatsucho Station yang langsung terkoneksi JR Yamanote Line. Selain 2 stasiun tersebut masih ada 8 stasiun di koridor ini. Rata-rata stasiun di koridor ini masih berada di area Tokyo.

Sejatinya operator monorail adalah perusahaan swasta. Namun pada tahun 2002 sebanyak 79% saham Tokyo Monorail dibeli East Japan Railway Company (JR East) sehingga komposisi sahamnya:

  • 79 % East Japan Railway Company (JR East)
  • 12 % Hitachi
  • 9% All Nippon Airways (ANA)

Nah maskapai penerbangan swasta terkenal di Jepang, All Nippon Airways (ANA), ternyata punya saham juga lho di sini. Kabar baik buat kamu yang udah beli JR Pass atau JR East Pass. Tiketnya bisa dipake di sini. Karena komposisi saham 79% itu JR Pass, JR East Pass, dan SUICA berlaku di sini.

Lebih dekat ke Tokyo Tower

Enaknya lagi naik monorail dari Haneda Airport bisa lebih dekat ke Tokyo Tower. Secara Hamamatsucho Station adalah stasiun terdekat ke sana. Memang sih mesti jalan kaki sekitar 2 km. Karena stasiun yang dekat banget sama lokasi bukan bagian dari JR. Tapi jalur subway yang dioperasikan Toei Corp.

Tokyo Tower adalah salah satu objek wisata favorit di Tokyo. Berdiri pada tahun 1954 dari sini kita bisa liat pemandangan Kota Tokyo. Meski secara tinggi masih kalah dari Tokyo Skytree yang lebih baru. Di sini tawarkan wisata pemandangan Kota Tokyo dari ketinggian.

Selain itu di sini juga masih ada atraksi tambahan. Yakni atraksi One Piece yang diadaptasi dari anime terkenal. Jadi semacam versi theater dari anime One Piece yang sempat tayang di Indonesia tahun 2000-an.

Selain ke Tokyo Tower, dari sini kita juga bisa langsung ke Shibuya. Kebetulan Hamamatsucho Station termasuk JR Yamanote Line. Jalur kereta lingkar di Kota Tokyo. Ke Istana Kaisar pun sama, tinggal ambil arah ke Tokyo Central Station. Kebetulan lokasinya nggak jauh dari situ.

%d bloggers like this: