Tiket Kereta Api Online

Tiket Kereta Api Online: Bisa Pilih Kursi dan 24 Jam

Kabar gembira buat kamu traveler, booking Tiket Kereta Api Online di Manglayang ID sekarang bisa pilih kursi sendiri dan transaksinya beneran Real Time Online (RTO) 24 Jam. Sistem Reservasi Online (SRO 24) khususnya untuk kereta kini sudah disempurnakan. Jadi nggak usah khawatir lagi bakal kepisah sama teman, keluarga, atau rombongan. Jangan khawatir dapat kursi kurang nyaman.


Tiket-Kereta-Api-Online-BOOK-NOW

Pilih Destinasi Favorit

Top Destination Bandung
Top Destination

Bandung

Tiket kereta api menuju Bandung via Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Cimahi

top destination Jakarta
Top Destination

Jakarta

Tiket kereta api tujuan Jakarta via Stasiun Gambir, Stasiun Jakarta Kota, dan Stasiun Jakarta Pasar Senen

Top Destination Kutoarjo
Top Destination

Kutoarjo

Mau traveling ke Borobudur (Magelang), Dieng, Wonosobo hingga Temanggung? .

Top Destination Jogja
Top Destination

Jogjakarta

Destinasi wisata favorit semua traveler. . Stasiunnya ada 3: Stasiun Yogyakarta Stasiun Lempuyangan Wates

Tiket Kereta Api Online Top Destination Solo
Top Destination

Solo

Solo juga merupakan destinasi wisata favorit. Alternatif Stasiun: Purwosari, Solo Balapan dan Solo Jebres

Tiket kereta jadi produk paling laris sejak awal Manglayang ID berdiri pada 1 April 2014. Cuma sayangnya selama 7 tahun itu sistemnya masih manual. Booking masih via chat, malahan dulu masih pake SMS jadul. Tentunya itu kurang bagus karena transaksinya nggak bisa real time online 24 jam. Segala sesuatunya masih sangat tergantung sama keberadaan admin. Handle orderan tiket hingga ke proses transaksi.

Di sisi kamu sebagai traveler pun setali tiga uang. Sistem manual beneran ngeribetin. Mau booking di jam operasional tapi nggak punya paket internet. Lantaran paketan kamu hanya berlaku di malam hari. Memang biasanya sih begitu. Kecenderungan pada ambil paket begadang karena tarifnya lebih murah. Jadi aja ngontaknya di luar jam operasional. Bahkan nggak jarang lewat tengah malam.

Kendala semacam ini sebenarnya udah diatasi lewat Sistem Reservasi Online (SRO 24). Namun ternyata SRO 24 punya kelemahan paling mendasar. Nggak bisa pilih kursi sendiri. Nah repot banget kan kalo nggak bisa pilih kursi sendiri? Apalagi kalo jelek-jeleknya kamu sampe misah sama teman apalagi keluarga pada saat naik kereta. Maka dari itu banyak yang akhirnya kembali ke cara jadul, booking via chat. Kalo sekarang karena SMS udah jadul banget ya pakenya WhatsApp. Jadilah booking tiket kereta api via WhatsApp.

Tiket Kereta Api Online: Kelemahan Udah Teratasi

Booking Tiket Kereta Api Online Bisa Pilih Seat

Alhamdulillah, kelemahan paling basic dan nggak bisa ditolelir itu kini sudah bisa teratasi. Kamu sekarang bebas pilih kursi sendiri. Mau traveling naik kereta pun nggak harus khawatir bakal terpisah sama teman, rombongan, dan keluarga kamu. Selain itu kamu bisa memilih di seat atau gerbong mana kamu duduk. Karena yang namanya pilih kursi juga terkait dengan masalah kenyamanan. Jangan sampe kamu dapat kursi nggak nyaman karena nggak bisa memilih kursi sendiri. Sebagaimana terjadi di masa lalu.

Bicara soal pilih kursi tentunya berkaitan erat dengan kelas pada masing-masing kereta. Untuk operator PT. Kereta Api Indonesia (KAI) seperti kita tahu itu dibagi ke dalam 3 kelas: eksekutif, bisnis dan ekonomi. Cuma untuk kelas ekonomi dibagi 3 lagi yakni ekonomi reguler dengan formasi tempat duduk 3-2 berhadap-hadapan, ekonomi plus (sebut aja KA Bogowonto, KA Gadjah Wong, hingga KA Jayabaya) formasi tempat duduk 2-2 berhadap-hadapan, dan yang terakhir adalah ekonomi Premium yang tempat duduknya 1/2 maju dan 1/2 mundur.

Di kelas ekonomi kadang susah untuk menentukan apakah kamu kebagian seat yang maju atau mundur. Cuma ada kalanya ekonomi reguler kursinya sempit dan “adu dengkul” biasanya terjadi untuk seat yang posisinya di pojok dekat pintu keluar. Hal yang sama juga berlaku di kelas bisnis. Cuma bedanya kelas bisnis masih mengikuti arah kereta. Kecuali di pojok seperti seat no.2 dan 3 itu ada yang berhadap-hadapan.

Tiket Kereta Api Online: Transaksinya Real Time 24 Jam

Kabar Baik lagi nih, Transaski tiket kereta api Online di sini bisa real time 24 jam Non-Stop. Pilihan mau pake transfer bank, virtual account, bayar via Alfamart, hingga kartu kredit. Cuma ada sedikit tips buat kamu yang transaksinya menggunakan Virtual Account. Diusahakan banget gunakan bank yang sama. Misalkan mau transfer ke Virtual Account Mandiri, usahakan gunakan rekening Bank Mandiri. Tujuannya untuk mempercepat proses. Karena kalo beda bank risikonya tunggu bahkan terkadang gagal bayar.

Tiket Kereta Api Online: Booking Mulai H-30

Lantas berapa lama nih tiketnya bisa di booking? Dalam kondisi normal sih biasanya bisa sampe H-90. Namun untuk saat ini karena situasinya masih Pandemi Covid-19 untuk booking tiket kereta itu sampai dengan H-30. Karena keretanya belum tentu ada di bulan berikutnya. Masih adanya pembatasan dan minimnya minat untuk traveling membuat PT. KAI mau nggak mau harus mengoperasikan sedikit rangkaian kereta selama Pandemi Covid-19 belum berakhir.

%d bloggers like this: