Trip Report Tokyo Fuji via Chuo Main Line

Trip Report Tokyo Fuji via Chuo Main Line

Trip Report Tokyo Fuji, dari ibukota Jepang menuju Gunung Fuji di Yamanashi Prefecture. Naik kereta Limited Express via Chuo Main Line. Transit dulu di Otsuki Station sebelum lanjut menuju salah satu kawasan wisata favorit di Jepang itu. Baik langsung ke gunung-nya maupun menyaksikan kemegahannya di Danau Kawaguchiko.

Sebagai destinasi wisata favorit dan wajib dikunjungi selama traveling di Jepang, tentunya ada banyak cara menuju Gunung Fuji. Kalopun tak sampai menaklukkan gunung tertinggi di Jepang itu minimal menyaksikan kemegahannya. Sebetulnya ada banyak spot untuk sekedar menyaksikan itu. Bahkan kalo cuaca lagi baik dari Tokyo pun bisa dinikmati. Gunung ini berada di sebelah barat ibukota Jepang.

Namun rasanya kurang puas kalo hanya menikmatinya dari Tokyo. Pastinya ingin sekali lebih dekat dengan gunung yang diagungkan masyarakat Jepang itu. Ada beberapa titik terdekat dengan sang icon. Misalnya di Gotemba dan Kawaguchiko. Tentu Kawaguchiko masih jadi favorit sejauh ini. Walaupun perjuangannya agak lumayan untuk ke sana. Naik kereta aja mesti transit dulu. Karena beda operator.

Start dari Shinjuku Station

Untuk jalan menuju Gunung Fuji baik itu mau mendaki atau sekedar menikmati lebih dekat dari Kawaguchiko, perjalanan sobat bisa dimulai dari Shinjuku Station. Dari sini tersedia Kaiji Limited Express untuk keberangkatan jam 8 pagi. Selain Kaiji, alternatif lainnya Azusa Limited Express. Kereta ini tujuan akhir ke Kofu, ibukota Yamanashi Prefecture. Malah untuk Azusa ada yang bablas hingga Matsumoto di Nagano Prefecture.

Sebetulnya dari Kofu juga bisa menyaksikan Gunung Fuji. Hanya saja kota itu masih kalah pamor dari Danau Kawaguchiko. Padahal kalo dihitung perjalanan sih nggak jauh beda. Hanya untuk transportasi lanjutan masih lumayan lengkap dari Kawaguchiko ketimbang Kofu.

Perjalanan kita akan dimulai dari Shinjuku Station. Stasiun ini termasuk sibuk di Tokyo, stasiun besar yang layani perjalanan Limited Express ke luar kota Tokyo. Terutama yang melewati Chuo Main Line. Nah kita kan mau ke arah Kofu dan turun di Otsuki, dimana jalurnya jadi bagian dari Chuo Main Line. Setelah menunggu beberapa menit, Kaiji Limited Express pun berangkat tepat waktu dari Shinjuku Station. Kita akan turun di Otsuki.

Di perjalanan kereta ini hanya berhenti di stasiun tertentu. Diantaranya Tachikawa dan Hachioji. Ketika lepas dari Shinjuku, pemandangannya masih didominasi kawasan perkotaan dan pemukiman penduduk. Baru setelah melewati Takao mulailah kita lebih banyak menyaksikan pemandangan alam. Terutama setelah memasuki Yamanashi Prefecture yang didominasi lansekap pegunungan.

Kereta ini juga menembus beberapa terowongan yang lumayan panjang. Ada sekitar 3-4 terowongan di sepanjang jalur menuju Otsuki. Keberadaan terowongan di Chuo Main Line ruas Takao-Kofu ini makin menegaskan bahwa kereta sedang melewati jalur pegunungan. Pokoknya hampir mirip sama jalur dari Jakarta ke Bandung dan Priangan Timur yang didominasi lansekap pegunungan. Malah untuk terowongannya aja udah nyaris bahkan lebih panjang sedikit dari Sasaksaat.

Tiba di Otsuki Ganti Kereta

Kaiji Limited Express akhirnya tiba di Otsuki. Karena tujuan akhir kita ke Kawaguchiko untuk menyaksikan panorama gunung Fuji dari pinggir danau, berarti kita turun di sini. Perjalanan kita nggak sampe poll ke Kofu sebagaimana destinasi akhir Kaiji Limited Express.

Di Otsuki kita pindah kereta naik lokal menuju Kawaguchiko Station. Perjalanan dari Otsuki ke Kawaguchiko naik kereta lokal ada sekitar 2 jam. Lama banget ya? Jalannya lumayan jauh ditambah kereta yang berhenti di setiap stasiun yang dilewatinya. Sebenarnya sih masih ada Fujisan View Express yang lebih cepat dan cuma berhenti di Mount Fuji Station, Fuji Q Highland dan Kawaguchiko. Tentu tarifnya lebih mahal dari Lokal.

Dari Otsuki ke Kawaguchiko, kereta akan lebih dulu tiba di Mount Fuji Station. Berhenti sekitar 30-45 menit di sini untuk masinis dan kondektur tukar posisi. Lantas berangkat lagi menuju Kawaguchiko Station via Fuji Q Highland. Sebuah taman hiburan di kaki Gunung Fuji.

Trip Report Tokyo Fuji: Ganti Kereta dan Pindah Posisi

Jadi kesimpulannya Trip Report Tokyo Fuji via Chuo Main Line:

  • Berangkat dari Shinjuku Station di Tokyo lebih dulu ke Otsuki Station naik Kaiji Limited Express. Kereta ini cuma berhenti di Tachikawa dan Hachioji. Perjalanan kurang lebih 2 jam.
  • Dari Otsuki pindah kereta ke Lokal yang dioperasikan Fujikyu Railway menuju Kawaguchiko Station. Sedikit info, Kawaguchiko adalah spot favorit untuk menyaksikan keindahan Gunung Fuji. View Danau Kawaguchiko dan Fujisan (Gunung Fuji dalam bahasa Jepang) diibaratkan dua sejoli yang tak terpisahkan.
  • Kereta Lokal yang mengantarkan kita ke Kawaguchiko akan berhenti dulu di Mount Fuji Station untuk tukar posisi alias pindah tempat masinis dan kondektur. Setelahnya lanjut menuju Kawaguchiko via Fuji Q Highland.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: