Wings AIr Jember Berhenti Terbang Sementara

Wings Air Jember Berhenti Terbang Sementara

Wings Air Jember Surabaya berhenti terbang sementara gegara okupasinya sangat rendah. Pandemi Covid-19 lagi-lagi berkontribusi atas dihentikannya rute penerbangan jarak dekat ini. Mengingat syarat yang cukup ketat untuk bisa terbang.

Meski sudah masuk fase AKB (Aktivitas Kenormalan Baru) dimana kegiatan perekonomian mulai dibuka lagi dengan protokol kesehatan ketat, awan kelam transportasi umum nampaknya belum akan segera berlalu. Seperti kita ketahui sektor pariwisata dan transportasi memang paling terdampak atas Pandemi Covid-19. Mau AKB kaya gimanapun minat untuk traveling menggunakan transportasi umum masih sangat rendah.

Terutama untuk naik pesawat dan kereta api, harus menyertakan surat keterangan Rapid Test atau Swab Test yang berlaku selama 14 hari. Memang sejumlah bandara dan stasiun menyediakan fasilitas Rapid Test. Namun karena tambahan biaya yang kadang lumayan mahal dan menguras isi dompet membuat minat traveling naik pesawat atau kereta api masih sangat rendah.

Adapun angkutan darat lain seperti bus, travel, atau kendaraan pribadi kini lazim digunakan untuk traveling. Alasannya karena syarat nggak terlalu ribet. Asalkan menerapkan 3M: Masker, Mencuci Tangan secara berkala, dan Menjauhi kerumunan. Masih aman menggunakan moda transportasi tersebut. Maka jangan heran kalo jalanan menuju objek wisata kerap macet di hari-hari libur. Semua karena banyaknya yang memakai kendaraan pribadi.

Wings Air Jember Terdampak PSBB Jakarta

Meski lumayan tertolong aktivitas penerbangan domestik, Lion Group ternyata juga nggak bisa berleha-leha. Terutama menyangkut sejumlah rute perintis yang dilayani oleh Wings Air. Salah satunya ialah rute penerbangan dari Bandara Notohadinegoro Jember menuju Bandara Juanda Surabaya. Sebelum pandemi rute ini boleh dibilang cukup diminati.

Biasanya dari Jember ke Surabaya memakan waktu sekitar 4 jam lebih. Namun dengan adanya pesawat bisa dipersingkat menjadi hanya 1 jam saja. Sayangnya semua berubah gegara Pandemi Covid-19. Ditambah lagi kebijakan PSBB diterapkan mulai bulan Maret – Juni 2020 benar-benar memukul industri penerbangan nasional.

PSBB memang sudah direlaksasi lewat AKB. Dimana kita bisa beraktivitas sembari tetap menerapkan protokol kesehatan seperti masker, cuci tangan, dan jauhi kerumunan. Tapi tetap saja ada rute-rute tertentu yang agak sulit untuk bertahan di masa pandemi. Salah satunya Jember-Surabaya.

Wings Air Jember-Surabaya biasanya didominasi penumpang yang hendak melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. Dalam perkembangannya Jakarta sempat menerapkan kembali kebijakan PSBB ketat seperti bulan April lalu gegara peningkatan kasus positif Covid-19. Karenanya rute inipun terkena imbas. Belum lagi syarat Rapid Test dan Swab Test yang memberatkan dan menambah biaya lagi selain ongkos tiket pesawat itu sendiri.

Maka dari itu pihak maskapai tak ada pilihan lain selain menghentikan sementara rute ini daripada merugi dan berdampak pada operasional perusahaan secara keseluruhan. Wings Air Jember-Surabaya akan dihentikan sementara waktu mulai awal November hingga Desember 2020. Semoga setelah Desember bisa terbang lagi ya, apalagi rencananya Vaksin Covid-19 mulai beredar di bulan-bulan itu.

1 thought on “Wings Air Jember Berhenti Terbang Sementara”

  1. Pingback: Lion Air Manado Timika, Rute Baru di Tengah Pandemi - Manglayang ID

Leave a Comment

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: